Creativepreneur and Career

Ini Dia Tips Membuat Konten Marketing Untuk Gen Z Yang Perlu Kamu Ketahui

Konten Untuk Gen Z

Membuat konten kini bisa dijadikan sebagai sarana untuk berbagai hal saat ini. Misalnya saja memasarkan produk, servis, dan bisnis kita. Memasarkan sesuatu lewat konten juga bisa menjadi cara yang baik untuk membangun komunitas dan bertemu secara online dengan konsumen kita. Dengan konten yang tepat, banyak orang bisa sangat sukses. Masalahnya, nggak semua orang bisa membuat konten yang tepat. Walau kesannya simpel, tapi membuat konten sebenarnya ada tips dan triknya agar tepat sasaran. Jadi bagaimana caranya membuat content marketing yang baik? Ikuti tips membuat konten marketing untuk gen Z berikut ini.

Cari Tahu Dulu Apa Gol yang Mau Dicapai

Konten Marketing Untuk Gen Z

Sumber Gambar : incimages.com

Sebelum bingung mau berkreasi dengan konten, jawab dulu pertanyaan: buat konten untuk apa? Karena pada dasarnya semua konten itu dibuat dengan gol tertentu. Bagaimana cara kamu mengukur kesuksesan kontenmu? Apakah dari jumlah likes? Jumlah konten dibagikan? Follower atau subscriber baru? Jumlah view kalau konten berbentuk video? Atau penjualan? 

Mengetahui tujuan kita sejak awal itu penting banget. Di awal bisnis atau mempromosikan diri kita biasanya masih gratis dan kita bisa lebih bebas berekspresi. Jadi pergunakan saat ini dengan baik. Karena nantinya saat bisnis kita sudah berkembang, biasanya kita akan terikat dengan klien, jadi nggak bisa sebebas di awal bisnis.

Cari Tahu Siapa Audience Kita

Konten Marketing Untuk Gen Z

Sumber Gambar : glpro.co.uk

Langkah selanjutnya, cari tahu siapa target audience kita. Dengan begitu, konten yang kita buat itu tidak akan sia-sia. Konten yang efektif adalah konten yang tepat sasaran. Misalnya kita sudah tahu target audience kita adalah generasi Z yang lahir di tahun 1997 – 2012, jadi usia mereka mulai dari 6 – 24 tahun. Dengan info ini, baru kita membuat konten yang tepat.

Baca Juga :   Ini Dia 10 Tipe Pekerja Kantoran, Coba Cek Kamu Tipe yang Mana

Misalnya memilih penggunaan bahasa. Pastinya nggak mungkin kita menggunakan bahasa super formal dengan generasi Z, karena bahasa formal nggak akan membuat mereka tertarik. Lebih baik gunakan bahasa sehari-hari yang dekat dengan generasi Z agar mereka bisa merasa lebih terikat dengan konten dan apa yang kita pasarkan. 

Buat Platform Keren Sendiri

Konten Marketing Untuk Gen Z

Sumber Gambar : incimages.com

Kalau belum punya, saatnya membuat platform sendiri. Sekarang ada banyak cara untuk memperluas konten. Misalnya yang awalnya sekedar di Instagram saja, sekarang cobalah perluas ke blog sendiri, situs, atau channel pribadi di YouTube. Dengan begitu, kamu bisa membuat konten yang lebih panjang dan bisa lebih dekat dengan audience.  

Review Kontenmu

Sumber Gambar : technipages.com

Setelah kamu sudah mengikuti tips membuat konten dan sudah mengunggah beberapa di antaranya, kamu bisa mereview respons pengunjung dan audience terhadap konten yang kamu buat. Tentu saja nggak semua konten bisa langsung sempurna dan sukses. Mungkin ada yang salah sedikit, ada kekurangan, itu wajar saja.

Dari mereview konten, kita bisa tahu di mana letak kesalahan dan kekurangan kita. Ke depannya bisa buat rencana untuk memperbaiki dan membuat konten yang lebih baik dan berkualitas lagi dibanding sebelumnya.

Riset Keyword yang Tepat

Sumber Gambar : lynda.com

Saat ini ada ribuan orang yang melakukan content marketing di internet. Karena itu, agar kontenmu dilihat, sebaiknya cari keyword yang tepat. Apa yang sedang dibutuhkan oleh target audience? Apa hal yang membuat target audience tertarik?  Kalau sudah tahu, saatnya memasukkan berbagai keyword tersebut ke dalam konten yang kita buat. Tapi ingat, jangan asal dimasukkan saja. Harus tetap masuk akal dengan konten kita, agar nggak terkesan dipaksakan.

Cukup membantu bukan, tips membuat konten marketing untuk Gen Z di atas? Nah, sekarang saatnya diterapkan biar kamu bisa punya konten yang baik dan tepat sasaran.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Simak Trik Pemasaran Kpop Buat Branding Bisnis Kamu

Creativepreneur and Career

Potensi Bisnis Maggot (Belatung) Bikin Kamu Dapetin Untung Besar

Creativepreneur and Career

Cara Daur Ulang Konten Biar Blog Kamu Kebanjiran Pengunjung

Creativepreneur and Career

Cara Menganalisa Peluang Usaha Buat Pebisnis Pemula