Kuliner

Tips Membuat Kopi seperti Barista Juara Dunia

Tips Membuat Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling digemari oleh masyarakat. Menurut data yang dihimpun oleh British Coffee Asociation, tingkat konsumsi kopi di seluruh dunia mencapai 2 milyar cangkir per harinya. Tak sedikit orang yang memilih untuk membeli kopi di kafe karena rasanya yang enak, karena dibuat oleh para barista profesional. Jika kamu ingin menikmati secangkir kopi yang nikmat seperti seduhan barista handal dan rasa yang ringan tanpa perlu meninggalkan rumah, tips membuat kopi yang satu ini boleh dicoba.

Tips Menyeduh Kopi

Ilustrasi kopi (Sumber: Pexels)

Cara menyeduh kopi satu ini disebut “Metode 4:6” yang diciptakan oleh Tetsu Kasuya. Tetsu Kasuya merupakan barista profesional asal Jepang yang menjadi juara World Brewers Cup 2016 yang menjadi ajang unjuk kebolehan para penyeduh kopi di seluruh dunia. Metode ini adalah salah satu metode pour over yang berfokus pada mengatur keseimbangan sweetness dan acidity, melalui teknik penuangan air yang dibagi menjadi 40% dan 60% dan bisa disesuaikan preferensi kamu.

tips membuat kopi

Tetsu Kasuya (Sumber: Sprudge)

Alat dan Bahan yang Perlu Dipersiapkan

Dalam membuat kopi ini, ada beberapa hal yang perlu disiapkan, antara lain:

  • Alat penyeduh kopi atau coffee dripper V60 dan paper filter
  • 20 gram biji kopi arabika yang digiling kasar
  • 300 ml air dengan suhu 92 derajat celsius
  • Server kopi
  • Disarankan memakai timbangan dapur saat menyeduh agar lebih presisi

Cara Membuat

Tips Membuat Kopi

Ilustrasi metode seduh pour over (Sumber: Stocksnap)

  1. Pertama, air yang akan dituang (300 ml) dibagi menjadi dua bagian, yaitu 40% (120 ml) sebanyak dua kali tuang untuk mengatur sweetness dan acidity dan 60% (180 ml) sebanyak tiga kali tuang untuk mengatur ketebalan rasa kopi. Intinya, jika kalian menginginkan kopi yang manis, tuangan pertama harus lebih sedikit dari tuangan kedua, begitupun sebaliknya. Pada kesempatan kali ini kita akan mencari sweetness dalam kopi tersebut
  2. Basahi filter kopi terlebih dahulu dengan sedikit air.
  3. Selanjutnya, jika kamu menginginkan rasa yang lebih manis dan ringan, kamu bisa menuangkan air panas sebanyak 50 ml pada tuangan pertama, lalu tunggu selama 45 detik.
  4. Setelah itu pada tuangan kedua, tuang air panas sebanyak 70 ml, lalu tunggu selama 45 detik.
  5. Selanjutnya, kita mulai masuk pada tuangan rasio 60% sebanyak 180 ml untuk mengatur ketebalan rasa kopi. Pertama kita menuang sebanyak 60 ml air panas lalu tunggu selama 45 detik.
  6. Lalu, kita masuk ke tuangan kedua sebanyak 60 ml air panas dan tunggu selama 45 detik.
  7. Terakhir, tuangkan air panas sebanyak 60 ml.
  8. Selanjutnya, angkat coffee dripper dan kopi siap disajikan.

Tips Tambahan

Tips Membuat Kopi

Rasio air metode 4:6 (Sumber: Hario)

Poin sebelumnya, merupakan salah satu cara menyeduh kopi yang disarankan jika menggunakan metode 4:6. Tentu metode tersebut dapat kamu rubah dan modifikasi rasio air yang ingin dituang bagi kalian yang menginginkan rasa manis ataupun rasa yang lebih asam dari kopi tersebut. Tidak hanya itu, kalian bisa mengatur berat biji kopi dan air yang digunakan seperti 15 g biji kopi untuk 225 ml air atau 10 g biji kopi untuk 150 ml air.

Baca Juga :   5 Resep Sup Khas Korea Enak yang Bikin Badan Lebih Fit

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Hanya dengan waktu kurang dari 5 menit, kamu sudah bisa membuat kopi yang enak seperti buatan barista jawara. Tidak hanya itu, tips membuat kopi ini juga memberikan kalian kebebasan dalam mengeksplorasi dan mengatur rasa kopi sesuai keinginanmu.

 

Penulis: Herpinando Trisnu. P

Penulis lepas dan penikmat kopi

About author

Related posts
Kuliner

Ini Dia Rekomendasi Topping Mie Instan Yang Wajib Kamu Coba

Kuliner

6 Resep Minuman Kekinian Unik dan Praktis, Cocok Banget untuk Bisnis

Kuliner

Hobi Masak? Coba Deh, Resep Masakan Shokugeki No Souma Ini!

Kuliner

Aneka Dimsum Yummy yang Cocok untuk Bisnis Kuliner