Hobi & Kriya

Tips Memelihara Ikan Cupang, ‘Si Petarung’ yang Cantik Penuh Warna

tip memelihara ikan cupang

Ikan cupang dikenal kuat bertahan hidup dalam waktu lama. Mereka tahan ditempatkan di mana saja. Seperti contohnya wadah dengan air sedikit, bahkan tanpa aerator atau alat sirkulasi udara sekalipun. Hal ini menjadikan ikan cupang sebagai peliharaan yang sangat digemari. Nggak cuma oleh kalangan dewasa, tapi juga anak-anak.

Selain daya tahan hidupnya tinggi, ikan cupang juga punya daya tarik lain, yakni bentuk ekor dan siripnya yang cantik. Tubuhnya juga ramping sehingga menambah pesona ikan air tawar satu ini. Ikan cupang emang dikenal kuat, tapi kalau salah merawatnya nggak cuma bikin pesonanya berkurang, juga bikin si ikan cepat mati. Nah, di bawah ini adalah gimana rahasia dan tips memelihara ikan cupang biar nggak mudah mati dan kecantikannya tetap tahan lama.

1. Pilih Wadah yang Pas untuk Ikan Cupang

akuarium ikan cupang

sumber: alicdn.com

Kamu bebas menggunakan wadah apa pun untuk meletakkan ikan cupang. Nggak harus akuarium, kamu juga bisa memakai toples, gelas atau bahkan botol. Nggak perlu terlalu besar, karena ikan cupang yang tergolong ikan soliter ini bisa hidup di wadah berukuran 20 X 15 X 15 cm, kok. Untuk menciptakan kesan penuh warna pada wadah ikan cupangmu, kamu bisa menambahkan tanaman palsu atau batu dekorasi di dalamnya. Kamu bisa memilih jenis-jenis tanaman aquascape untuk akuarium kamu, lho. Tapi tanpa dekorasi pun mereka tetap terlihat cantik karena pesonanya, kok.

2. Air untuk Ikan Cupang Nggak Boleh Sembarangan, loh!

pemilihan akuarium

sumber: pixfeeds.com

Kalau mau ikan cupang kesayanganmu hidup dengan nyaman, pastikan nggak asal-asalan memilih air. Alih-alih menggunakan air keran, lebih baik memilih air sumur, sawah atau rawa yang mirip seperti habitat asli si cupang. Akan tetapi nggak semua orang punya akses untuk mendapatkan air sumur, jadi kamu bisa pakai air PAM atau pun sumber air yang lain. Yang perlu diingat adalah diamkan air tersebut di wadah terpisah sebelum meletakkan cupang ke dalamnya. Jangan malas mengganti airnya, ya.

Baca Juga :   Intip Yuk, Serba-Serbi Aquascape Iwagumi Asal Jepang yang Penuh Makna!

3. Gini loh, Caranya Memberi Makan Ikan Cupang

memberi makan ikan

sumber: thesprucepets.com

Ikan cupang lebih suka makan makanan yang mengambang, jadi kamu cukup menaburkannya di permukaan akuarium. Hindari memberi makan terlalu banyak. Berikanlah secara bertahap dan sedikit. Jika makanan habis, baru kamu bisa memberikannya lagi. Karena ikan cupang rentan terhadap air yang kotor karena sisa-sisa makanan. Makanan terbaik untuk cupang adalah jentik nyamuk dan kutu air. Dua makanan ini sangat bagus untuk pertumbuhan ekor ikan hias ini.

About author

Related posts
Hobi & Kriya

Gading Serpong Olympic XI : EUPHORIA

Hobi & Kriya

Cara Mudah Membuat Paludarium untuk Pemula Agar Interior Makin Estetik

Hobi & Kriya

Conture Lab : Menyulap Sampah Menjadi Produk Interior yang Memiliki Nilai Jual

Hobi & Kriya

Mengenal Seni Kokedama, Seni Tanaman Hias Unik dengan ‘Pot’ Bola Lumut