Creativepreneur and Career

Deretan Tips Memilih Bisnis Franchise, Biar Nggak Rugi Terus!

Tips Memilih Bisnis Franchise

Memiliki bisnis franchise merupakan sebuah peluang usaha yang kerap dilirik oleh para pebisnis pada zaman sekarang ini. Salah satu hal mengapa pebisnis menyukai franchise adalah karena mempunyai gambaran modal yang jelas, belum lagi reputasi yang baik dimiliki oleh franchise tersebut membuat para pebisnis nggak usah pusing-pusing lagi memikirkan bagaimana caranya melakukan promosi. Meskipun begitu, resiko akan mengalami kerugian pastinya masih ada. Di sisi lain, keuntungan yang diterima juga nggak main-main loh Genks! Gimana? Pengen bisnis franchise juga? Tapi, masih takut buat rugi? Buat kamu yang ingin bisnis franchise, berikut merupakan ulasan mengenai tips memilih bisnis franchise agar tidak mengalami kerugian terus menerus. Disimak ya Genks!

Memilih Bidang yang Disukai

Tips Memilih Bisnis Franchise

Sumber Gambar : pexels.com

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih franchise yang bidangnya kamu sukai. Contoh saja kamu suka dengan hal-hal yang berkaitan dengan roti, maka kamu dapat memilih mencoba bisnis franchise roti. Tapi, pikirkan terlebih dahulu apakah franchise roti yang kamu inginkan sudah ada di daerah yang ingin kamu jadikan ladang bisnis atau belum. Jika belum, maka kesempatan untuk membuka franchise tersebut terbuka lebar dan harus segera kamu eksekusi!

Memilih franchise sesuai dengan bidang yang kamu sukai juga mestinya bisa membuat dirimu seperti ‘bersenang-senang’ dalam melalui proses naik turunnya penghasilan dari bisnis franchise pilihanmu itu. Di sisi lain, kamu pastinya juga akan lebih peka jika terdapat kekurangan atau hal yang harus diperbaiki dari franchise tersebut mengingat kamu sendiri pastinya sudah memiliki pengetahuan lebih soal ini.

Memilih Franchise dengan Target Pasar Yang Luas

Sumber Gambar : pexels.com

Selain membutuhkan modal dasar seperti uang, dalam berbisnis franchise juga dibutuhkan yang namanya pengetahuan akan kebutuhan pasar. Dengan memilih sebuah franchise yang mempunyai target pasar yang luas, pastinya akan menjadi suatu hal yang menjanjikan. Kamu bisa memilih franchise yang menyediakan kebutuhan dasar dari masyarakat seperti halnya sebuah swalayan atau minimarket.

Selain itu, kamu juga bisa memilih franchise yang pelayanannya pasti akan dibutuhkan masyarakat layaknya sebuah bengkel atau juga apotek. Pertimbangkan peluang usaha dari franchise yang akan kamu pilih nantinya, seperti keberadaan franchise lain yang menyediakan pelayanan di bidang yang sama dengan franchise yang akan kamu pilih tersebut.

Memilih yang Banyak Peminatnya

Masih berhubungan dengan target pasar, namun kali ini lebih condong kepada produk yang disediakan atau yang diproduksi oleh franchise yang akan kamu pilih nantinya. Jika produk dari franchise tersebut sudah ‘tenar’ dan banyak peminatnya, pastinya ini akan menjadi ladang bisnis yang empuk bukan? Minuman yang terdapat Boba didalamnya atau sepiring makanan pedas, hal inilah yang sudah sejak dari dulu memiliki banyak peminat.

Dengan catatan, jangan sampai kamu sembarangan dalam menentukan tips memilih bisnis franchise hanya karena banyak peminatnya ya Genks! Hal lain yang mesti kamu pertimbangkan adalah tingkat keinginan dari calon konsumen terhadap produk tersebut dan juga peluang dari franchise yang akan kamu jalankan itu, apakah masih bisa bertahan dalam jangka panjang, itulah aspek terpenting yang juga harus jadi pertimbangan.

Jadi, kamu pengen bisnis franchise apa nih? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kemungkinan untuk rugi pastinya akan selalu ada dalam bisnis. Namun, dengan melakukan beberapa tips tersebut, paling tidak kamu sudah mengetahui tentang bagaimana saja cara atau tips memilih bisnis franchise sehingga bisa meminimalisir terjadinya kerugian. Jangan lupa konsultasi sama ahlinya ya Genks!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil