GenK LIFE

Tips Mencegah Bunuh Diri, Kenali Penyebabnya dan Kapan Harus Cari Bantuan?

tips-mencegah-bunuh-diri

3. Pelihara Binatang

tips mencegah bunuh diri dengan memelihara binatang

Sumber: petsafe.net

Tahu nggak, memelihara binatang juga bisa menjadi tips mencegah bunuh diri? Entah itu kucing, anjing, kelinci, burung, kuda atau bahkan reptil, berdekatan dengan hewan peliharaan bikin kamu mendapatkan dukungan. Dengan begitu kamu jadi lupa pada masalah yang sedang dihadapi. Memelihara hewan juga terbukti meningkatkan rasa sukacita dan semangatmu untuk terus bertahan hidup.

4. Minta Dukungan dan Jaga Hubungan Sosial

Minta Dukungan dan Jaga Hubungan Sosial

Sumber: ourfabriq.com

Agar kamu nggak depresi dan pengen mengakhiri hidupmu, pastiin minta dukungan orang-orang terdekat. Jangan pernah memutus hubungan dengan dunia luar. Kedua hal ini adalah rahasia penting yang menjagamu tetap waras.

Hindari keinginan untuk menjauh dari keluarga dan teman-teman dekat. Sering-seringlah berkumpul dengan mereka. Pergi ke luar, nikmati sinar matahari yang hangat dan hembusan angin yang sejuk, nonton film, berkemah, karaokean. Apa saja yang bikin kamu happy, lakukan aja!

5. Latih Kontrol Diri

Latih Kontrol Diri

Sumber: kinstacdn.com

Tips mencegah bunuh diri paling efektif adalah mencari tahu apa hal yang menyebabkan kamu down. Cari tahu apa yang bikin kamu stres, tertekan dan depresi. Mungkin beban kerja yang terlalu banyak, faktor ekonomi atau masalah dengan hubungan personal. Kemudian upayakan untuk mengurangi tekanan tersebut, supaya kamu bisa mendapatkan kontrol diri secara utuh. Kamu bisa mencoba beberapa cara. Misalnya ikut kelas terapi pernapasan dalam, meditasi, yoga, atau terapi seni.

6. Segera Cari Bantuan Tenaga Profesional

tips mencegah bunuh diri cari bantuan profesional

Sumber: reflectneuro.com

Jika kamu butuh tempat ‘curhat’ untuk melepaskan segala beban yang tersampir di pundakmu, ada banyak layanan di mana kamu bisa bebas menuangkan semua pikiran. Tempat-tempat ini bisa membantumu memulihkan kondisi dari trauma serta menguatkan jiwa dan lebih mengerti siapa kamu sebenarnya.

Daftarkan dirimu di Sehat Mental Indonesia, Yayasan Pulih, Kariib, Pijar Psikologi, KALM atau Ibunda.id. Semua layanan ini dijamin bakal membantumu mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan kesehatan mental. Jangan ragu untuk mendaftar dan membagikan isi hatimu di salah satu layanan ini, ya!

Rahasia agar bisa keluar dari lingkaran depresi yang mematikan ada di tanganmu sendiri. Cobalah tips mencegah bunuh diri di atas, karena kamu pun berhak bahagia.

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya