GenK LIFE

Tips Mencegah Bunuh Diri, Kenali Penyebabnya dan Kapan Harus Cari Bantuan?

tips-mencegah-bunuh-diri

Bunuh diri, bukannya berkurang kasusnya dari waktu ke waktu justru terus meningkat. Ada banyak faktor penyebab, tapi depresi diduga menjadi alasan utama seseorang melakukannya. Ditambah dengan berbagai faktor dari dalam dan luar, keinginan untuk bunuh diri bisa makin menguat. Padahal, kalau tanda-tanda awalnya bisa segera disadari, hal yang nggak diinginkan itu dapat dicegah, lho. Yuk, intip macam-macam penyebab seseorang bunuh diri, tips mencegah bunuh diri hingga kapan dan ke mana harus mencari bantuan.

Tanda-Tanda yang Wajib Diwaspadai

Tanda-Tanda yang Wajib Diwaspadai

Sumber: bridgestorecovery.com

Sebenarnya nggak ada pola perilaku khusus dari seseorang yang ingin bunuh diri. Tapi ada beberapa tanda umum. Kalau kamu melihat satu atau lebih dari ciri-ciri berikut ini pada seseorang, atau mungkin dirimu sendiri, ada baiknya segera mencari bantuan. Nah, apa aja sih, tanda-tanda yang perlu kamu waspadai?

  • Makin sering bicara tentang keinginan untuk mati, atau membahas kondisinya yang ‘sekarat’.
  • Perasaan hampa, kosong, putus asa atau nggak punya jalan keluar dari masalah.
  • Kerap merasa sangat bersalah atau malu.
  • Menyinggung kalau udah nggak punya alasan untuk hidup atau mengatakan orang lain lebih baik tanpa dirinya.
  • Mulai menarik diri dan melakukan isolasi sosial.
  • Memberikan barang-barang pribadinya pada orang lain dan menyelesaikan masalah yang dimilikinya.
  • Mengucapkan selamat tinggal pada keluarga dan teman-teman.

Itu adalah tanda-tanda yang jelas. Lalu ada juga ciri yang kurang jelas sehingga mudah banget terlewatkan. Bahkan nggak disadari oleh orang terdekat atau diri sendiri bahwa mereka begitu putus asa. Seperti perubahan perilaku yang nggak biasa, berubahnya pola tidur, mulai berpikir atau mencari cara untuk menyakiti diri sendiri, emosional yang berjarak hingga sakit fisik yang semakin sering dialami.

Tips Mencegah Bunuh Diri

Tips Mencegah  Bunuh Diri

Sumber: herviewfromhome.com

Ada kok, langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah keinginan untuk bunuh diri. Salah satunya, ya, dengan membebaskan diri dari yang namanya depresi. Caranya?

1. Perbanyak Makan Makanan Sehat

Perbanyak Makan Makanan Sehat

Sumber: thelist.com

Tips mencegah bunuh diri, entah itu keinginan yang datang dari diri sendiri atau pada orang lain, makanan sehat adalah pilihan mudah untuk menghilangkan niat buruk tersebut. Kekurangan vitamin B, seperti asam folat dan B12, menurut penelitian, berdampak besar pada risiko depresi, lho. Oleh karena itu, untuk menjauh dari depresi, kamu harus memperbanyak mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin B, seperti jeruk, ayam, telur, sayuran hijau dan kacang-kacangan.

Kamu juga bisa minum suplemen vitamin B kompleks, kok. Selain itu, makanan yang mengandung asam lemak omega-3 juga bisa membantu meningkatkan mood positif. Pilih sumber terbaik omega-3, yaitu ikan berlemak, seperti tuna, salmon, sarden, ikan kembung, teri dan lainnya. Suplemen minyak ikan pun sangat baik untuk penderita depresi.

2. Tingkatkan Aktivitas Fisik

tips mencegah bunuh diri dengan rajin berolahraga

Sumber: northwell.edu

Olahraga adalah penawar depresi yang sangat mujarab, lho. Bahkan studi menunjukkan dengan rutin melakukan latihan fisik sama efektifnya dengan mengonsumsi obat-obatan pereda depresi. Selain itu, berolahraga juga dapat mencegah depresi kambuh lagi.

Lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari agar hasilnya maksimal. Kalau kamu orang yang gampang nyerah saat olahraga, coba deh, ajak teman, keluarga atau gebetan untuk olahraga bareng. Dijamin bikin kamu makin termotivasi dan semangat, deh.

3. Pelihara Binatang

tips mencegah bunuh diri dengan memelihara binatang

Sumber: petsafe.net

Tahu nggak, memelihara binatang juga bisa menjadi tips mencegah bunuh diri? Entah itu kucing, anjing, kelinci, burung, kuda atau bahkan reptil, berdekatan dengan hewan peliharaan bikin kamu mendapatkan dukungan. Dengan begitu kamu jadi lupa pada masalah yang sedang dihadapi. Memelihara hewan juga terbukti meningkatkan rasa sukacita dan semangatmu untuk terus bertahan hidup.

4. Minta Dukungan dan Jaga Hubungan Sosial

Minta Dukungan dan Jaga Hubungan Sosial

Sumber: ourfabriq.com

Agar kamu nggak depresi dan pengen mengakhiri hidupmu, pastiin minta dukungan orang-orang terdekat. Jangan pernah memutus hubungan dengan dunia luar. Kedua hal ini adalah rahasia penting yang menjagamu tetap waras.

Hindari keinginan untuk menjauh dari keluarga dan teman-teman dekat. Sering-seringlah berkumpul dengan mereka. Pergi ke luar, nikmati sinar matahari yang hangat dan hembusan angin yang sejuk, nonton film, berkemah, karaokean. Apa saja yang bikin kamu happy, lakukan aja!

5. Latih Kontrol Diri

Latih Kontrol Diri

Sumber: kinstacdn.com

Tips mencegah bunuh diri paling efektif adalah mencari tahu apa hal yang menyebabkan kamu down. Cari tahu apa yang bikin kamu stres, tertekan dan depresi. Mungkin beban kerja yang terlalu banyak, faktor ekonomi atau masalah dengan hubungan personal. Kemudian upayakan untuk mengurangi tekanan tersebut, supaya kamu bisa mendapatkan kontrol diri secara utuh. Kamu bisa mencoba beberapa cara. Misalnya ikut kelas terapi pernapasan dalam, meditasi, yoga, atau terapi seni.

6. Segera Cari Bantuan Tenaga Profesional

tips mencegah bunuh diri cari bantuan profesional

Sumber: reflectneuro.com

Jika kamu butuh tempat ‘curhat’ untuk melepaskan segala beban yang tersampir di pundakmu, ada banyak layanan di mana kamu bisa bebas menuangkan semua pikiran. Tempat-tempat ini bisa membantumu memulihkan kondisi dari trauma serta menguatkan jiwa dan lebih mengerti siapa kamu sebenarnya.

Daftarkan dirimu di Sehat Mental Indonesia, Yayasan Pulih, Kariib, Pijar Psikologi, KALM atau Ibunda.id. Semua layanan ini dijamin bakal membantumu mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan kesehatan mental. Jangan ragu untuk mendaftar dan membagikan isi hatimu di salah satu layanan ini, ya!

Rahasia agar bisa keluar dari lingkaran depresi yang mematikan ada di tanganmu sendiri. Cobalah tips mencegah bunuh diri di atas, karena kamu pun berhak bahagia.

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya