Arsitektur & Interior

Tips Menciptakan Apartemen American Modern yang Praktis, Hangat, dan Sehat

Meski gaya klasik adalah gaya desain dari abad 17, hingga sekarang gaya ini tetap diminati saat mendesain hunian, seperti apartemen. Gaya klasik identik dengan indah, mewah, dan simetri, lalu sekarang bisa dipadukan dengan gaya modern, salah satunya American Modern. American Modern adalah gabungan antara American style dan modern.

Gaya ini memiliki karakter lebih simple, minim detail, menggunakan warna kalem, dan material alami. Selain itu, dapat menghadirkan kesan mewah dan elegan namun lebih low maintenance dan fleksibel, cocok untuk kalian yang ingin gaya klasik pada apartemen dengan luas yang terbatas.

Gaya desain, begitu pula gaya American Modern, perlu beradaptasi dengan perubahan gaya hidup pada zaman tertentu, termasuk sekarang pada tahun 2022 saat pandemi COVID-19 masih merajalela.

Masyarakat jadi lebih mengutamakan kesehatan dan kenyamanan emosional. Selain itu juga lebih memilih gaya hidup serba praktis dengan bantuan teknologi. Oleh karena itu, perlu ada perubahan pada desain agar apartemen kalian sesuai dengan kebutuhan kalian saat ini. Yuk simak tips di bawah ini agar apartemen American Modern kalian menjadi lebih praktis, hangat, dan sehat!

1. Smart Living

Sumber Gambar: id.pinterest.com

Smart living adalah tren gaya hidup agar lebih efisien, ekonomis, dan berkelanjutan dengan mengintegrasikan teknologi dalam ruang. Tentu saja konsep smart living ini bisa diaplikasikan pada apartemen American Modern untuk meningkatkan kepraktisan, keamanan, dan kenyamanan. Contoh smart system yang bisa diaplikasikan adalah smart lighting, smart lock, speaker bluetooth terintegrasi, dan lain-lain. Smart light ini dapat dengan mudah dikontrol melalui smartphone. Selain itu, smart light bisa untuk menunjang mood kalian di dalam ruang karena warna lampu bisa diatur sesuai mood kalian. Dengan begitu apartemen gaya American Modern yang kecil pun akan terlihat mewah.

2. Warna Cerah dan Kalem

Sumber Gambar: id.pinterest.com

Salah satu cara untuk menciptakan suasana apartemen American Modern adalah menggunakan warna cerah dan kalem. Warna natural seperti coklat, krem, putih, dan abu-abu akan memberikan kesan yang hangat dan tenang. Selain itu agar tidak membosankan dan monoton, beri sedikit aksen warna yang kontras agar ruang menjadi berkarakter. Contohnya biru untuk kesan elegan atau tosca agar lebih fresh.

3. Furnitur Melengkung

American Modern

Sumber Gambar: id.pinterest.com

Gaya American Modern dominan menggunakan bentuk furnitur yang geometris dan clean. Namun kadang bentuk geometris memberi kesan yang terlalu kaku. Oleh karena itu, cobalah menggunakan furnitur melengkung sebagai aksen.

Bentuk melengkung memberikan kesan yang aman, friendly, dan welcoming. Furnitur lengkung secara tidak langsung menghadirkan kehangatan dan kenyamanan dalam ruang. Contoh furnitur lengkung yang dapat digunakan pada apartemen adalah meja tengah berbentuk oval, meja TV dan sofa dengan sudut lengkung, dan lain-lain.

4. Ruang Berekspresi

American Modern

Sumber Gambar: id.pinterest.com

Selama pandemi ini membuat kita lebih banyak beraktivitas di rumah. Oleh karena itu, kalian boleh lho eksplorasi hobi di apartemen kalian. Walaupun luasan apartemen terbatas, bukan berarti membatasi kalian untuk berekspresi.

Misal suka membaca, buat satu area atau spot khusus yang ada lemari buku ala American Modern dan sofa santai untuk membaca. Atau bila punya hobi memasak, sediakan dapur yang cukup luas dan kabinet untuk menyimpan bahan-bahan memasak.

Supaya area dapur tidak sempit, bisa menerapkan open kitchen-living-dining yang merupakan salah satu ciri khas gaya American Modern.

5. Kehadiran Alam

American Modern

Sumber Gambar: id.pinterest.com

Tinggal di apartemen dan jarang keluar di masa pandemi terkadang membuat kita rindu akan kehadiran alam. Tidak ada salahnya menghiasi apartemen dengan tanaman karena bermanfaat untuk kesehatan, menenangkan pikiran, dan memperbaiki suasana.

Selain itu, tanaman dapat memberikan kesegaran dalam ruang bergaya American Modern yang tone-nya cenderung kalem. Kalian juga bisa menggunakan material alam seperti lantai kayu untuk kesan natural dan hangat.

Bila memiliki budget yang lebih, coba gunakan marmer. Selain dapat menghadirkan nuansa alam karena merupakan produk asli dari alam, marmer termasuk material yang ramah lingkungan dan cocok untuk gaya American Modern yang mewah.

Itulah tips menciptakan apartemen American Modern yang praktis, hangat, dan sehat. Semoga dapat membantu kalian upgrade hunian kalian menjadi lebih nyaman dan praktis. Ayo mulai kembangkan desain hunian kalian!

Penulis:
– Jesseline Carissa Novita (Mahasiswa Prodi Desain Interior Universitas Kristen Petra)

Sumber:

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Cafe Unik, Bikin Penasaran!

Arsitektur & Interior

Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Menata Multifunctional Space Pada Hunian

Arsitektur & Interior

Seni Membangun Ruang: Ruang Tidak Hanya Punya Fungsi tapi Juga Ada Citranya!

Arsitektur & Interior

Tips Desain Rumah Ala Korea yang Minimalis nan Cantik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *