Seni Rupa & Desain

5+ Tips Mendesain Flyer yang Sempurna untuk Kebutuhan Branding

Well, buat yang belum berpengalaman, mungkin mendesain flyer sempurna bisa sedikit membuat stres atau tertekan. Tapi sebenarnya nggak sampai seperti itu, kok, GenKs. Asalkan kamu punya content plan yang solid, bikin pamflet yang memikat dan juga bisa melibatkan pengguna sangat-sangatlah mudah. Di bawah ini adalah panduan dan tips mendesain flyer yang sempurna, dimulai dari menetapkan goal hingga mempertimbangkan faktor-faktor penting, seperti melihat jarak dan mengintegrasikan branding:

Tips #1: Think of A Clear Goal for Your Flyer

Sumber Gambar : designshack.net

Sebelum kamu membuka InDesign, pertama-tama kembangkanlah strategi untuk desain flyer-mu, guys. Jawablah pertanyaan seperti, apa yang ingin kamu tunjukkan kepada para audiens, di mana akan didistribusikan dan berapa jumlah anggaran yang bisa kamu berikan.

Barulah setelah pertanyaan-pertanyaan itu terjawab, kamu bisa mengetahui gimana ukuran dan bentuk pamflet yang seharusnya. Tapi hindari memasukkan semua elemen ketika mendesain flyer. Ini kesalahan.

Tips #2: Build Up the Contrast

Sumber Gambar : designshack.net

Visual dengan kontras yang tinggi lebih menarik perhatian, sehingga mudah dilihat, meski hanya sekilas. Nggak seperti situs web, di mana user bisa memilih untuk melihatnya dengan mengklik tautan atau mengetikkan alamat, sebuah flyer harus punya daya tarik yang kuat untuk bisa mencuri hati target pasar di luar sana.

Tips #3: Beri Penekanan Ekstra pada Keywords

Sumber Gambar : designshack.net

Penggunaan keyword atau frasa tertentu bisa membantumu menjual informasi penting yang ada di dalam desain flyer. What you can do is make them bigger, bolder or brighter, kebalikan dari huruf-huruf lain untuk menciptakan penekanan yang berbeda.

Kata-kata seperti, time, date, place, ‘New’, ‘Free’, ‘Easy’, ‘Save’, ‘Now’, ‘Guarantee’, ‘Limited’, bisa cukup menarik perhatian.

Tips #4: Let’s Think About Viewing Distance

Sumber Gambar : designshack.net

Di manakah calon konsumen potensial saat mereka melihat flyer-mu? Apakah itu berbentuk pamflet atau poster yang tergantung di jendela? Ataukah itu adalah lembaran yang akan kamu bagikan di pusat keramaian, atau kartu pos yang akan dikirimkan pembeli?

Baca Juga :   Shibori, Teknik Celup Khas Jepang yang Mirip Batik 

Segala sesuatu dalam desain harus benar-benar kamu sesuaikan dengan skala penggunaan ini. Jenis font dan elemen dalam flyer. Ukuran cetakan dan jarak dari mana kata-kata tersebut akan dibaca.

Tips #5: Sertakan CTA

tips mendesain flyer

Sumber Gambar : designshack.net

Eits, cuma karena kamu nggak bisa mengkliknya, bukan berarti CTA nggak diperlukan, lho, GenKs. Justru sebaliknya. Buatlah item yang berbeda, dan tentunya mudah, yang bisa ditindaklanjuti oleh semua orang yang melihat flyer.

CTA flyer bisa berupa apa saja, guys. Mulai dari alamat situs web hingga nomor telepon.

Tips #6: Opt for Full Bleed Flyer

tips mendesain flyer

Sumber Gambar : designshack.net

A full bleed flyer menawarkan tampilan dan nuansa yang lebih halus. Well, full bleed artinya adalah desain memenuhi hingga ke tepian kertas cetak tanpa border sama sekali. Ketimbang desain yang mirip salinan kantor, desain flyer dengan gaya full bleed yang memiliki tampilan tanpa bingkai ini sering kali lebih menonjol, lho, GenKs.

Meski begitu, nggak perlu dipaksakan, ya. Karena nggak semua proyek punya elemen atau grafik dan anggaran untuk menerapkan teknik full bleed.

Tips #7: Design Top Down

tips mendesain flyer

Sumber Gambar : designshack.net

Gunakan warna dan skala untuk membantu menarik audiens. Cara kerjanya sangat mirip dengan piramida terbalik yang digunakan jurnalis untuk menulis berita, di mana mereka menempatkan hal-hal paling penting di bagian atas dan detail yang kurang penting di bagian bawah.

Tips #8: Gunakan Gambar Berkualitas Tinggi

tips mendesain flyer

Sumber Gambar : designshack.net

Yang terakhir dari tips mendesain flyer adalah, pastikan kamu hanya memakai gambar high-quality untuk menunjang informasi di pamfletmu. Karena nggak ada hal lain yang bisa merusak desain selain kualitas dan komposisi gambar yang buruk atau dipilih asal-asalan, guys.

Nah, itulah tips mendesain flyer sempurna dan menarik untuk pemula.

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Cara Menggunakan Flyer Template

Seni Rupa & Desain

Tren Warna 2022 Buat Inspirasi Desain Modern dan Terbaru

Seni Rupa & Desain

Ini Dia Tips Desain Kalender Yang Bagus dan Menarik

Seni Rupa & Desain

7+ Tren Tipografi Tahun 2022 yang Bakal Bikin Desainmu Menonjol