Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Lobi Konsep Industrial Modern

Lobi dalam suatu bangunan komersial memiliki tugas penting untuk menghadirkan kesan pertama yang melekat di benak pengunjung. Lobi merupakan ruang yang terdekat dengan akses untuk keluar dan masuknya pengunjung sehingga menghubungkan bagian dalam dan luar gedung. Menciptakan atmosfir lobi yang nyaman dan berkesan bagi pengunjung ketika masuk sungguh penting. Tujuannya, agar pengunjung penasaran dan merasa ingin eksplorasi bagian dalam bangunan tersebut. Sehingga lobi wajib memiliki image yang mengundang. Bagaimana dengan lobi yang mengangkat konsep industrial look? Yakin bisa mengundang dan membuat pengunjung betah? Sebelum menjawab hal tersebut, mari kita pahami dulu mengenai gaya desain industrial.

Ciri-Ciri Desain Industrial Modern

Sumber Gambar : pinterest.com

Simak dulu yuk! Gimana ciri-ciri desain industrial modern yang saat ini kian digemari:

  • Tampak lapang dan terbuka. Membiarkan struktur bangunan dan saluran ducting dan plumbing apa adanya atau dapat ditutupi dengan cat agar tampak lebih modern dan bersih.
  • Penggunaan material kayu yang earthy dan metal yang sleek memberi tampilan modern dan permainan tekstur. Serta material dibiarkan mentah atau terlihat setengah jadi (unfinished) untuk kesan industrial.
  • Menggunakan warna hangat dan netral yang dikombinasikan dengan karya seni warna cerah untuk memberi aksen dan menghidupkan ruangan. Warna hangat bertujuan untuk memberi keseimbangan warna yang dihasilkan oleh pipa metal atau ducting yang dingin.
  • Ada berbagai pilihan untuk material lantai industrial tampil lebih modern selain lantai beton, seperti lantai parquet, batu alam dan ceramic tiles.
  • Dekorasi yang digunakan sebaiknya cenderung lebih soft dan warm untuk menetralkan material lain yang lebih kasar dan kuat seperti karpet, bantal bulu, permadani, dan sebagainya.

Itulah beberapa ciri dari desain industrial yang modern. Sekarang kita simak tips-tips di bawah ini untuk membuat lobi tampil lebih stylish dengan konsep industrial modern kekinian!

1. Jadilah Terbuka!

Sumber Gambar : Pinterest.com

Poin umum dalam mendesain lobi industrial yang modern adalah mengekspos segala hal, dengan kata lain keterbukaan. Selain terbuka dalam aplikasi material, juga keterbukaan dengan plafon dibuat tinggi untuk kesan airy yang dipadukan dengan ekspos struktur serta saluran ducting dan pipa gedung.

Sumber Gambar : Pinterest.com

Penerapan aspek terbuka juga berlaku bagi penataan denah perabot dan pembatas interior untuk kelegaan. Kalian juga bisa menambahkan mezzanine untuk meningkatkan keterbukaan dalam konsep industrial modern ini. Mezzanine adalah ruang atau lantai tambahan pada lantai yang sama dengan plafon ruangan tinggi.

2. Tambahkan Fasiltas Bar atau Cafe

Sumber Gambar : Pinterest.com

Di lobi, pengunjung akan banyak duduk dan singgah untuk berbincang. Sehingga ditambahnya fasilitas seperti café atau bar diperlukan untuk mengakomodasi aktivitas tersebut. Konsep bar atau café dengan warna cerah dan visual graphic cocok bila konsep lobi industrial yang diangkat sifatnya casual.

Bila lobi sifatnya formal, dapat dibuat lebih modern dan menggunakan material kokoh seperti kayu solid dan marmer motif eksotis.

Sumber Gambar : Pinterest.com

Bila lobi cukup besar, cobalah konsep pop up bar atau café yaitu hadir di tengah keramaian dan berbagi tempat dengan tempat utama. Dalam hal ini, lobi juga berperan sebagai lounge-nya pop up bar atau café tersebut. Kesannya open sehingga pengunjung memiliki banyak pilihan menarik untuk menikmati lobi lounge tersebut.

3. Decorative Highlight Looking up ‘High’ with ‘Light’

Sumber Gambar : Pinterest.com

Inilah poin terpenting dalam mendesain lobi apapun gayanya: pencahayaan dan pengolahan ornament atau hiasan unik. Karena tidak hanya pencahayaan dengan lampu gantung saja, tetapi juga menambahkan ornament dekoratif pada bagian plafon dan dinding untuk menambah kesan artistik dan keunikan khas untuk lobi. 

Looking up high with light bermakna ketika orang masuk dan mengangkat kepala, mereka akan terkagum dengan yang dilihatnya yaitu kombinasi antara keindahaan olah pencahayaan dan ornament.

Sumber Gambar : Pinteres.com

Penyampaian suasana yang diinginkan bisa juga lewat pencahayaan. Contohnya, ruangan lobi dibuat sangat cerah dan terang akan memberi kesan kalem dan elegan. Atau dibuat dengan tone warna gelap dan remang-remang dengan pencahayaan hangat akan memberi kesan eksklusif dan classy.

Pemilihan lampu gantung yang unik, sebaiknya mempertimbangkan bentuk dan ukuran. Apakah tipe bohlam dan berukuran kecil-kecil? Ataukah tipe yang lebih masif dengan bentuk curvy.

Pencahayaan alami diaplikasikan dengan jendela berkaca besar agar cahaya matahari bebas masuk membuat ruangan terasa hangat dan sehat.

4. Identitas Brand dalam Interior

Lobi Konsep Industrial Modern

Sumber Gambar : Pinterest.com

Branding membantu dalam mengisahkan cerita di balik berdirinya suatu gedung, organisasi, atau memiliki nilai bersejarah. Menerapkan warna dan menempelkan logo adalah hal yang umum, kuno, bahkan kadang terkesan seperti ‘brand washing pada interiornya. Bagaimana kalau diintegrasikan lewat interior?

Desainer memilih konsep dan tema dimana kemudian mengaplikasikannya lewat berbagai warna dengan tone dan shade berbeda, bentuk yang custom design, dan lain-lain tanpa memajang logo yang besar di resepsionis.

Contohnya ilustrasi di atas, merupakan lobi untuk hotel dengan lokasi yang memiliki nilai historis kebudayaan setempat. Sehingga lewat desain interior ‘menceritakan’ konsep dan elemen dekoratif yang menggambarkan kebudayaan setempat.

Ini mendukung konsep industrial yang sederhana dan menunjukkan apa adanya sesuai fungsi atau cerita yang hendak disampaikan ke pengunjung lobi.

5. Vegetasi Dimana-Mana

Lobi Konsep Industrial Modern

Sumber Gambar : Pinterest.com

Vegetasi juga berperan memberi efek menyegarkan dalam ruangan. Secara umum, konsep industrial identik dengan tone warna netral serta material yang terlihat kasar dan mentah.

Lobi sebagai tempat pengunjung melewatkan waktu sejenak, membutuhkan vegetasi sebagai penyegar untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Selain itu juga dapat memberi efek kalem pada ruangan.

Bila plafon lobi terlalu tinggi, meletakkan tumbuhan yang cukup tinggi akan membantu memperbaiki proporsional ruangan dan perabot yang terlalu pendek yang berukuran standar.

Lobi Konsep Industrial Modern

Sumber Gambar : Pinterest.com

 

Tidak hanya hijau dan berfungsi sebagai penyegar saja. Vegetasi memiliki varian lain dengan bentuk dan warna beragam yang akan memberi nuansa berbeda dalam ruang. Contohnya ilustrasi di atas, vegetasi unik berwarna merah dan tinggi di tengah ruang yang interiornya berwarna lebih gelap.

Ia berperan sebagai pemberi tekstur baru pada ruangan tersebut dan terkamuflase menyatu dengan lingkungannya. Sehingga memberi aksen pada area duduk yang lebih menonjol dibanding elemen lainnya.

Itulah beberapa tips yang mendukung suasana lobi dengan konsep industrial kekinian. Kini saatnya kalian berkreasi meng- mix & match desain lobi industrial kekinian yang lebih stylish!

Sumber:

(https://www.impressiveinteriordesign.com/modern-industrial-interior-design-definition-ideas/)

Penulis: Renita Camelia Wijaya
Program Studi Desain Interior, Universitas Kristen Petra
Related posts
Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips&Tricks dalam Mendesain Interior Kantor untuk Menjadikanmu Lebih Produktif!

Arsitektur & Interior

Ciptakan Kesan Natural dalam Rumah dengan Produk Rotan

Leave a Reply

Your email address will not be published.