Creativepreneur and Career

Tips Menemukan Mentor Bisnis yang Tepat

Mentor Bisnis

Mendapatkan seorang mentor bisnis menjadi salah satu faktor penting untuk mempercepat kesuksesan seseorang. Membangun hubungan yang erat dengan seorang mentor akan sangat berharga di dalam membangun bisnis. Seorang mentor dapat memberikan jawaban atas pertanyaan Kamu dan menawarkan panduan untuk membantu Kamu tumbuh sebagai seorang profesional.

Langkah pertama saat membangun hubungan para mentor adalah menemukan seseorang yang mempunya banyak pengalaman.

Apa itu Mentor Bisnis?

Sumber Gambar : kebundesign.com

Mentor merupakan individu yang akan berperan sebagai penasihat atau pelatih untuk mentee yang kurang dalam pengalaman atau mahir, memberikan keahlian dan pengetahuan profesional dari perspektif yang lebih berpengalaman.

Inti dari membangun hubungan, seorang mentor tersedia untuk mentee mereka untuk menawarkan saran, memberikan dukungan dan menjawab pertanyaan. Mentor akan melindungi kepentingan mentee mereka. Mentees sering belajar dari hubungan ini, dan mentor sering mendapat manfaat saat bertindak sebagai penasihat terpercaya.

Mengapa Mentor Bisnis penting?

Pentingnya Mentor Dalam Bisnis - Irfan Hikmatiar Blog

Sumber Gambar : irfanhikmatiar.com

Seperti halnya sebuah aplikasi bisnis yang penting digunakan dalam sebuah perusahaan, seorang mentor bisnis adalah seorang profesional yang memegang peran penting, dan harus yang berpengetahuan luas yang bersedia membagikan apa yang telah mereka pelajari. Setiap profesional dapat belajar dan tumbuh, dan jika Kamu ingin maju, bimbingan mentor  akan sangat dapat membantu.

Memiliki seorang mentor bisnis dapat membantu dalam beberapa cara, termasuk:

  • Mereka dapat memotivasi dan menginspirasi. Kebanyakan mentor bisnis sukses dalam bidangnya. Memiliki panutan dapat menginspirasi Kamu untuk mendorong diri sendiri dan menyelesaikan tujuan yang lebih memuaskan.
  • Mereka dapat menawarkan umpan balik yang sangat membangun. Dari pengalaman seorang mentor bisnis, berarti mereka dapat menilai kemampuan Kamu dan akan membantu Kamu fokus di mana Kamu harus tumbuh.
  • Mereka akan mengajari kamu untuk menavigasi situasi yang menantang dengan percaya diri. Seringkali mentor sendiri memiliki pengalaman dalam mengatasi berbagai kendala. Ketika Kamu menghadapi tantangan umum, seorang mentor akan dapat membantu dalam memberikan wawasan tentang bagaimana Kamu harus merespons.
  • Mereka dapat membantu Kamu mengembangkan jaringan profesional Kamu. Dalam banyak kasus, seorang mentor dapat membagikan Kamu referensi profesional.
  • Selama hubungan Kamu dengan mentor baik-baik saja, mentor bisnis Kamu akan sering membantu Kamu membangun jaringan Kamu dengan menawarkan koneksi.
  • Mereka akan menawarkan wawasan tentang jalan menuju karier Kamu. Seorang mentor bisnis juga dapat membantu Kamu melihat jalur karir Kamu saat ini dari perspektif yang berbeda. Mereka dapat menawarkan wawasan tentang pilihan bisnis yang tidak akan Kamu sadari dan panduan tentang cara terbaik untuk menavigasi bisnis Kamu.

Bagaimana Menemukan Mentor Bisnis?

Mentor Bisnis

Sumber Gambar : harianpijar.com

Berikut langkah-langkah dalam menemukan mentor dengan dorongan dan keterampilan untuk mendukung Kamu:

Uraikan Apa Yang Kamu Cari

Buatlah catatan tujuan profesional dan tujuan bisnis Kamu. Pertimbangkan pekerjaan Kamu saat ini dan bagaimana kaitannya dengan jalur karier Kamu.

Perlu mencari tau apa yang ditawarkan posisi Kamu dan apa yang ingin Kamu capai dapat membantu Kamu memilih mentor yang tepat.

Identifikasi Mentor Potensial.

Metode tradisional untuk menemukan mentor adalah dengan memilih kolega atau seseorang di komunitas bisnis lokal Kamu yang memiliki lebih banyak pengalaman terkait industri daripada Kamu.

Jaringan di perusahaan Kamu atau di pameran karir juga merupakan pilihan yang efektif. Kandidat yang baik akan memiliki pengalaman dan keterampilan yang akan sangat berharga di bidang Kamu dan akan dapat memberikan saran yang relevan.

Cariliah jaringan bimbingan internet.

Jaringan online sudah menjadi sumber mentor yang sangat umum. Hanya tergantung pada industri Kamu, jaringan bimbingan internet dapat menyiarkan cara yang lebih cepat untuk menemukan koneksi potensial daripada metode tradisional.

Jangkau Mentor Potensial Kamu

Ketika Kamu telah memilih seseorang yang ingin Kamu tanyakan tentang bimbingan, hubungi mereka dan jelaskan apa yang Kamu tanyakan kepada mereka.

Jika Kamu merencanakan percakapan awal, pastikan untuk menjadwalkan pertemuan secara langsung dengan mereka untuk berdiskusi tentang bimbingan.

Berbicara secara langsung akan memastikan Kamu mendapatkan perhatian penuh mentor Kamu ketika Kamu membuat proposal.

Jelaskan Usulan Kamu

Dalam pertemuan Kamu dengan mentor potensialmu, Kamu harus dapat menunjukkan keinginan profesional Kamu dan keyakinan Kamu bahwa mereka akan berhasil membimbing Kamu.

Menjelaskan kepada calon mentor Kamu mengapa Kamu memilih untuk menghubungi mereka dan bagaimana dengan keahlian karir mereka yang Kamu hormati dapat meningkatkan kemungkinan mereka akan menerima tawaran tersebut.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!

Creativepreneur and Career

5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Bantu Kamu Kelola Finansial Setiap Bulannya

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis dan Peluang Usaha untuk Datangkan Cuan yang Dapat Kamu Coba di Bulan Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published.