Creativepreneur and Career

Tips Mengelola Banyak Akun Media Sosial Biar Kamu Makin Cuan

Media sosial, mulai dari Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, LinkedIn, Youtube dan platform lainnya, di era serba digital seperti sekarang ini, punya peran yang sangat penting di hampir setiap strategi perusahaan. Di mana-mana, para pemilik bisnis, nggak cuma perusahaan besar tapi juga bisnis-bisnis kecil, semua memanfaatkan medsos untuk bisa menjangkau pelanggan maupun calon pembeli. Dan adalah sesuatu yang umum banget dijumpai, bagi perusahaan atau pemilik bisnis punya banyak akun di setiap platform medsos. Nah, masalahnya adalah, nggak gampang mengelola lebih dari satu akun medsos. Selain menguras waktu, tenaga yang kamu butuhkan itu bikin capek banget, guys. Bayangin aja, mulai dari pencarian ide kreatif, pembuatan konten hingga menanggapi respon dari para klien. Duh, baru dibayangin doang, rasanya kepala udah mau pecah. Tapi tenang, guys, dengan tips berikut ini kamu bisa mengelola banyak akun media sosial sekaligus nggak pake ribet:

Social Media Management Tools

Sumber Gambar : futurelearn.com

Buzzsumo, Sprout social, Buffer, SumAll adalah beberapa perangkat lunak paling recommended untuk kamu yang ingin menguasai semua platform media sosialmu, guys. Sebagai social media management tools, mereka dilengkapi dengan berbagai fitur keren yang akan membantumu mengelola banyak akun medsos sekaligus. Masing-masing tool punya kelebihan sendiri yang membuatnya unggul dibanding dengan yang lainnya.

Contohnya Buzzsumo yang oke banget untuk memonitor keberhasilan konten-konten medsos-mu. Sementara Sprout Social adalah alat yang berguna untuk memantau engagement rate pelanggan serta mengatur jadwal atau kalender editorial konten medsos bisnismu. Lalu Buffer dengan kemudahan penjadwalan publikasi konten, keakuratan analisis mengenai usaha dan user target. Kemudian SumAll yang bisa diandalkan untuk laporan terbaik setiap hasil analisis media sosial.

Baca Juga :   Ingin Produktif dan Sukses Secara Finansial? Simak Tipsnya Dari Warren Buffett

Social Media Branding Strategy

Akun Media Sosial

Sumber Gambar : incimages.com

Kini media sosial bukan lagi sekedar alat untuk komunikasi saja, guys, melainkan sudah menjelma sebagai sarana utama dalam bisnis. Karena jika strateginya tepat, kamu bisa meningkatkan kesadaran merek di masyarakat, mengenalkan produk atau jasa kepada target, menarik pengunjung atau pelanggan baru hingga membangun koneksi dengan pelanggan.

Dan jika ingin hasil yang memuaskan, pastikan kamu menerapkan strategi yang tepat.

Membuat Jadwal Editorial yang Tepat

 

Akun Media Sosial

Sumber Gambar : squarespace

Hal yang nggak kalah penting dalam tips mengelola banyak akun media sosial bisnis sekaligus adalah membuat jadwal editorial. Langkah ini terbukti efektif untuk memudahkanmu menjalankan strategi branding, baik untuk perusahaan atau pun bisnis perorangan, karena kamu jadi punya perencanaan pasti mengenai konten yang ingin diposting dan juga waktu upload.

Analisa Strategi Marketing secara Berkala

Dan selanjutnya, jangan abai tentang pentingnya menganalisa strategi marketing media sosialmu secara berkala, guys. Kumpulkan setiap informasi yang kamu dapatkan dari laporan analisis yang diberikan social media management tools. Dengan melakukan analisa secara menyeluruh, kamu akan mendapatkan sudah sejauh apa akun-akun media sosial bisnismu berkembang atau malah macet dan nggak bergerak diam di tempat. Menganalisa strategi digital marketing juga membantumu mendapatkan informasi tentang tanggapan yang paling sering diberikan pelanggan. Jadi, kamu bisa menentukan langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya untuk setiap akun media sosialmu.

 

Gimana, guys, sudahkah kamu siap menaklukkan pasar di era digital dengan mengelola banyak akun media sosial sekaligus? Awalnya emang terlihat seperti akan menghadapi monster mengerikan, tapi jika sudah dimulai, nggak seberat itu, kok, guys. Percayalah!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ini Dia Ide Bisnis untuk Anak Muda di Bidang Jasa Paling Recommended Tahun 2021!

Creativepreneur and Career

Pengen Sukses Berbisnis Tanpa Perang Harga? Simak Tipsnya Disini

Creativepreneur and Career

Ingin Pikat Pembaca Lewat Copywriting? Ini Cara Bikin Headline yang Menarik!

Creativepreneur and Career

Kuatkan “Mind, Body, and Soul” Kamu Dengan Berjalan-jalan dan Berbelanja di Virtual World Creatifest 2021