GenK LIFE

4 Tips Mujarab Menghilang Rasa Gugup di Depan Umum

Berbicara di hadapan umum tidak selalu menjadi hal yang mudah untuk dilakukan bagi sebagian orang. Seringkali kesempatan yang datang dan mengharuskan kamu berbicara di hadapan banyak orang menjadi sesuatu yang menakutkan. Hal ini bisa dibilang wajar dan kamu tidak perlu khawatir atau sampai merasa malu jika sedang gugup. Kamu bisa mengikuti beberapa tips menghilangkan rasa gugup berikut. 

1. Tarik Nafas yang Dalam 

Sumber: pexels.com

1…2…3… Tarik nafas yang dalam, tahan sebentar, lalu hembuskan secara perlahan. Ini dia tips menghilangkan rasa gugup yang sepertinya sudah menjadi rahasia umum dan selalu bisa diandalkan di berbagai kesempatan. Tubuh terasa gemetar, wajah terlihat pucat, jantung terus berdebar dengan kencang, semuanya bisa kamu redakan dengan cara yang paling sederhana. 

Tenangkan dirimu dan berpikirlah dengan jernih. Cobalah berhenti sejenak dan cari tempat duduk terdekat untuk beristirahat. Lalu mulailah terapi singkat dengan menghirup udara secara teratur dan perlahan. Jika memang memungkinkan, cobalah pergi ke ruangan terbuka kalau kamu memang sedang berada berada di dalam sebuah bangunan. Berikan waktu sejenak untuk tubuhmu rileks dengan udara segar agar rasa gugupmu bisa berkurang. 

Baca Juga :   Ini Dia Cara Meningkatkan Percaya Diri Saat Presentasi

2. Fokus dan Hilangkan Pikiran Negatif 

Sumber: pexels.com

Pusatkan seluruh konsentrasimu ke depan dan ingat kembali persiapan yang sudah kamu susah payah lakukan untuk sampai ke tahap tersebut. Jangan biarkan pikiran negatif datang menggelayut dan membuyarkan konsentrasimu. Pergilah cari tempat yang sepi dan menjauh sebentar dari keramaian dan keributan yang dapat membuat pikiranku bercabang dan terpecah. 

Tips menghilangkan rasa gugup ini adalah dengan menghadapi ketakutan yang muncul. Rasa cemas, khawatir, tidak percaya diri, semuanya hanya akan berdampak buruk jika tidak diatur dengan baik oleh dirimu sendiri. Bagi beberapa orang, cara lain yang tak kalah ampuh untuk mengurangi stres akibat gugup adalah dengan berbicara dengan orang terdekat. 

Jika memang kamu sendirian, ambilah telepon dan hubungi orang yang kamu percaya dapat memberikan semangat dan motivasi. Mendengarkan kata-kata bijak dan suara dari orang yang kita sayangi serta percaya merupakan obat paling mujarab untuk mengobati berbagai masalah. 

About author

Related posts
GenK LIFE

Jangan Asal-asalan! Ini Kriteria Jas Untuk Dipakai di Hari Pernikahan!

GenK LIFE

Tren Influencer Fatigue Meningkat, Kenapa Konsumen Mulai Bosan dengan Influencer?

GenK LIFE

Ini Dia Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Mulai WFO!

GenK LIFE

Ini Dia Beberapa Tips Untuk Mengecilkan Lengan!