Creativepreneur and Career

Tips Menjadi Presenter Supaya Bisa Menarik Audiens

Tips Menjadi Presenter

Kalau sekedar melihat, tugas presenter terlihat mudah, terutama bagi mereka yang memang luwes dalam berbicara. Namun ternyata tidak semudah itu. Untuk bisa berbicara di depan umum dan menarik perhatian orang banyak itu butuh kemampuan dan harus dilatih. Lalu bagaimana tips menjadi presenter yang baik? Ini dia beberapa tipsnya:

Pelajari Topik yang Akan Dibawakan

Sumber Gambar : presenteracademy.com

Kalau kita sudah jadi presenter handal, mungkin sudah bisa pilih-pilih pekerjaan menjadi presenter untuk acara apa. Tapi kalau masih merintis, sudah seharusnya kita fleksibel bisa membawakan topik apapun yang diminta klien. Hari ini mungkin kita akan jadi presenter acara kesehatan, lalu lusa jadi presenter acara kuliner.

Penting untuk memahami topik yang akan dibawakan hingga tuntas. Kalau kita paham, ada banyak hal yang bisa dibicarakan. Sebaliknya, kalau kita tidak paham apa topiknya, bukan tidak mungkin kita bakal stuck di tengah presentasi. 

Buat Garis Besar Apa yang Akan Dibawakan

Mungkin sudah ada arahan akan apa saja yang akan kita bawakan selama acara, tapi penting juga untuk membuat garis besar apa yang akan kita bawakan saat presentasi. Dengan membuat garis besar sendiri, ini sekaligus membuat kita lebih memahami topik yang akan dibicarakan. Garis besar juga bakal sangat membantu kita fokus ke tiap materi dan urutannya. Jadi apa yang kita sampaikan pun runut, lebih enak didengar. 

Latihan

Tips Menjadi Presenter

Sumber Gambar : blogspot.com

Dalam tiap presentasi, baik yang berskala kecil maupun besar, sudah pasti kita harus latihan. Bahkan presenter yang profesional sekalipun pasti akan melatih apa yang akan dibicarakannya. Tanpa latihan, sebaik apa pun materi yang kita bawakan, biasanya hasilnya tidak akan memuaskan. 

Fungsi latihan tentunya adalah kita semakin paham dengan apa yang akan dibawakan. Selain itu, kita juga bisa menemukan apa saja masalah yang mungkin muncul dan bagaimana cara mengatasi masalah atau pertanyaan yang mungkin diajukan. 

Hal yang tak kalah penting dari latihan presentasi adalah jadi tahu berapa durasi presentasi kita. Presentasi yang terlalu pendek akan terasa kurang, sedangkan yang terlalu panjang akan terasa membosankan dan orang yang menonton atau mendengarkan akan kehilangan fokus. Latihan juga akan membuat kita jauh lebih percaya diri dalam menghadapi audiens. 

Atur Kecepatan dan Nada Bicara

Sebenarnya ini juga salah satu manfaat latihan. Presentasi yang baik seharusnya disampaikan dengan kecepatan yang pas, tidak terlalu lambat maupun terlalu cepat. Audiens pun bisa memahami apa yang kita sampaikan dengan baik. Dibutuhkan nada suara dan kecepatan yang tepat. Ini bisa kita latih, lebih baik lagi kalau selama latihan direkam, jadi bisa langsung kita review. 

Kontak Mata Itu Penting

Tips Menjadi Presenter

Sumber Gambar : tvproglobal.com

Tergantung skala acaranya, kalau skalanya kecil, maka penting bagi presenter yang baik untuk membuat kontak mata dengan setiap audiens yang hadir. Sedangkan di acara berskala besar, presenter tidak perlu melihat ke semua yang hadir satu-persatu. Tapi tetap penting untuk sesekali berinteraksi dengan audiens. Ini akan membuat ikatan dengan audiens, sehingga mereka lebih tertarik mendengarkan. 

Jangan Datang Terlambat

Seorang presenter yang baik butuh persiapan sebelum acara dimulai, jadi jangan sampai kita datang terlambat. Dengan hadir lebih dulu, kita setidaknya bisa mengecek seperti apa ruangan atau lokasi acara. Ini setidaknya akan meningkatkan rasa percaya diri juga karena sudah menguasai tempat.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

6 Cara YouTube Dashboard Monetisasi Biar Menghasilkan!

Creativepreneur and Career

Fungsi Wireframe dalam Desain UI

Creativepreneur and Career

Fungsi Trademark dalam Bisnis dan Bagaimana Mendaftarkannya

Creativepreneur and Career

5 Cara Meningkatkan Traffic Website yang Wajib Dicoba!