Creativepreneur and Career

Jangan Terjebak! Ini Tips Interview untuk Jawab Pertanyaan Negatif

tips interview

Banyak orang langsung mencari tips interview jika akan dihadapkan dengan wawancara melamar pekerjaan. Akan tetapi, apa sih, yang sebenarnya diharapkan ketika kamu berada di dalam ruang interview dan sedang berhadapan dengan manajer perekrutan dari suatu perusahaan? Pasti ada keinginan memamerkan keterampilan dan juga kualitas terbaik yang kamu miliki, bukan? Well, semua orang melakukan sesi wawancara dengan harapan yang sama, kok.

Sebenarnya melakukan hal tersebut bukan sesuatu yang sulit selama pihak pewawancara mengajukan pertanyaan-pertanyaan positif. Seperti misalnya, ‘Mengapa kamu cocok untuk posisi ini?’ atau ‘Kesuksesan terbesar apa yang pernah kamu raih?’ Namun ketika kamu dihadapkan dengan pertanyaan-pertanyaan negatif, hal tersebut akan sangat sulit. Mustahil kita menjawab tanpa menyinggung hal buruk soal mantan rekan kerja atau bos di perusahaan sebelumnya. Nah, dengan tips interview di bawah ini kamu bisa memberikan jawaban terbaik tanpa terdengar negatif.

1. Tetap Tunjukkan Sikap dan Jawaban Profesional

tips interview

sumber: forbesimg.com

Apabila pihak perekrutan membahas konflik di tempatmu kerja sebelumnya, sebaiknya hindari konflik kepribadian. Pasalnya, dengan menyinggung hal tersebut justru akan mendatangkan dampak buruk ke dirimu sendiri. Kamu bisa menjelaskan bahwa itu adalah pilihan yang kamu ambil dan berikan alasan mengapa itu adalah langkah yang bagus. Dengan begitu, maka kamu akan terlihat lebih profesional dalam menangani masalah.

2. Apa pun Itu, Jangan Bohong demi Membuat Kamu Terlihat Super!

berbohong saat interview

sumber: kbic.com

Tips interview selanjutnya adalah jangan berbohong. Emang sih, kita ingin terlihat lebih baik di hadapan pewawancara. Tapi bukan berarti kamu diperbolehkan untuk berbohong. Ingatlah bahwa manajer bukan mencari manusia super untuk mereka pekerjakan. Mereka membutuhkan orang berpikiran luas yang bisa dipercaya. Meski begitu jangan juga menghindar dari hal-hal yang buruk. Kamu cukup menunjukkan gimana caramu mendapatkan hasil positif seperti yang kamu capai sekarang.

Baca Juga :   Fresh Graduate Juga Punya Peluang Lolos Interview Kerja, Lho!

3. Hindari Jawaban yang Terkesan Terlalu Bijak atau Kocak

tertawa saat interview

sumber: incimages.com

Mayoritas tips interview yang perlu kamu perhatikan adalah bagaimana cara kamu menjawab. Kalau kamu diminta menjelaskan apa kelemahan terbesarmu, sebaiknya jangan menjawab dengan kata-kata bijak. Hindari pula jawaban yang terkesan angkuh. Daripada itu, ada satu strategi yang jauh lebih baik, yakni dengan menunjukkan kesadaran diri mengenai kelemahan yang kita miliki. Jelaskan bagaimana kamu bisa mengatasi segala aspek negatif yang ada di dalam diri. Karena yang paling penting dalam interview adalah akhir positif.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tipe Content Marketing yang Wajib Diketahui Para Marketer

Creativepreneur and Career

Mengenal Marketing Mix dan Bagaimana Penerapannya dalam Strategi Pemasaran

Creativepreneur and Career

Udah Ngerti Soal GNP dan GDP? Ini Dia Penjelasannya

Creativepreneur and Career

Yuk Mengenal Lebih Dalam Tentang, Apa Itu Reciprocity Marketing?