GenK LIFE

Tips Mudik Anti Mual Biar Nyaman Sepanjang Perjalanan

Lebaran berarti waktunya mudik, nih. Barangkali kamu udah siap-siap buat mudik. Akan tetapi, nggak jarang di perjalanan, kita merasa mual. Apalagi, kalau perjalanannya jauh dan harus ditempuh dalam waktu panjang. Tenang aja, ada tips mudik anti mual buat kamu di perjalanan. Sekarang kita simak aja ulasan selengkapnya.

Penyebab Mabuk di Perjalanan

Tips Atasi Mual Saat Perjalanan Mudik

Sumber Gambar : Shutterstock.com

Kalau dalam dunia medis, istilah untuk mabuk perjalanan adalah motion sickness, yang merupakan kondisi ketika seseorang mengalami pusing, kembung, juga mual dan muntah di perjalanan. Menurut dr. Jessica Florencia dari Klikdokter, kondisi ini disebabkan informasi berbeda yang diterima oleh mata dan telinga bagian dalam tempat keberadaan kendali keseimbangan.

Akhirnya, perbedaan informasi yang diterima oleh otak tersebut menimbulkan pusing, kembung, hingga mual serta muntah. Menurut faktanya, tiga dari sepuluh orang rentan banget mengalami mual atau mabuk di perjalanan. Terutama, anak-anak berusia tiga sampai dua belas tahun, wanita, dan wanita hamil. 

Cara Mengatasi Mual di Perjalanan Mudik

Sumber Gambar : klikdokter.com

Meskipun mual atau mabuk nggak bisa dihindari dan sangat mungkin terjadi, hal tersebut nggak perlu sampai menghalangi kegiatan mudik atau liburan kamu. Soalnya, ada tips mudik anti mual yang bisa kamu terapkan. Dengan begitu, gejala mual bisa dikurangi. Caranya dengan menjaga kondisi agar tetap stabil antara mata dan bagian dalam telinga tempat kendali keseimbangan.

Hal yang perlu kamu lakukan biar nggak merasa mual serta mabuk yaitu:

  1. Mengurangi Gerakan Kepala dan Tubuh

Jaga gerakan kepala dan tubuh kamu, usahakan kamu bergerak sesedikit mungkin. Pakai aja ganjalan buat leher atau bantalan kepala. Fungsinya untuk bikin kepala tetap nyaman serta nggak bergerak terlalu banyak.

2. Fokuskan Pandangan Mata ke Objek Nggak Bergerak

Sumber Gambar : Alodokter.com

Lihat objek yang stabil atau nggak bergerak, seperti misalnya rumah-rumah penduduk, atau pohon-pohon di sepanjang perjalanan, atau jalan raya itu sendiri. Fokuskan pandangan mata kepada objek stabil tersebut.

Hindari main gadget atau membaca, soalnya bisa memperparah gejala mabuk dan mual. Kamu juga bisa menutup mata buat mengurangi gejalanya.

3. Menghirup Udara Segar

Cari udara segar di perjalanan. Pas lagi melewati daerah hutan, bukit, atau pantai, kamu buka aja jendela kemudian hirup napas dalam-dalam. Dengan begitu, gejala mabuk bakal berkurang berkat udara segar yang kamu hirup. Selain itu, kamu perlu menghindari kondisi udara terlalu panas maupun terlalu dingin.

4. Melakukan Aktivitas Relaksasi

Smiling woman listening to music in car Premium Photo

Sumber Gambar : freepik.com

Bikin badan dan pikiran kamu rileks dengan dengerin musik favorit kamu. Oh iya, salah satu yang terbaik buat didengarkan adalah suara alam, seperti hujan dan deburan ombak, bisa kamu dengar dari YouTube atau Spotify. Bisa juga kamu rileks pakai teknik pernapasan.

5. Nggak Terlalu Banyak Konsumsi Makanan dan Minuman

tips mudik anti mual

Sumber Gambar : istockphoto.com

Makan dan minum di perjalanan emang nggak bisa dihindari. Baik itu ngemil atau makan besar. Jangan sampai kebanyakan biar perut nggak terlalu penuh dan gampang mual. Kalau perlu makan, mampir aja dulu di warung sekalian beristirahat.

6. Bikin Rencana Perjalanan dengan Matang

tips mudik anti mual

Sumber Gambar : glints.com

Selain tips-tips tadi, satu lagi yang bisa kamu lakukan yaitu mempersiapkan perjalanan dengan matang. Bikin rencana yang tepat, sehingga perjalanan kamu nggak terburu-buru apalagi nggak terencana. Rencanakan jauh-jauh hari biar kamu nggak dipenuhi rasa khawatir, dan nggak terjebak hiruk pikuk mudik.

Demikian tips mudik anti mual buat kamu. Boleh juga kalau mau minum obat anti mual dan mabuk di perjalanan. Bakal lebih aman kalau obatnya udah dikonsultasikan dengan dokter dan udah diresepkan. Nah, semoga tipsnya bermanfaat. Selamat mudik. 

About author

Related posts
GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD

GenK LIFE

Penting, Kenali Macam-Macam Istilah dalam Aplikasi Beasiswa