Creativepreneur and Career

Tips Negosiasi Gaji yang Wajib Diketahui oleh Calon Karyawan Saat Sesi Wawancara

Tips Negosiasi Gaji

Negosiasi gaji biasanya akan langsung dilakukan pada saat tawaran pekerjaan telah hampir disepakati. Uniknya, justru di fase ini banyak orang yang gagal karena berbagai hal. Kebanyakan memang banyak pelamar yang ingin mendapatkan gaji besar di awal dengan beranggapan bahwa mereka layak mendapatkan hal itu karena kualitas diri atau beban tugas yang akan dilakukan. Dan kebanyakan hal itu berakhir dengan kegagalan.

Oleh karena itu, agar dapat berhasil sampai fase akhir, dibutuhkan strategi khusus untuk menjawab ‘jebakan’ berupa pertanyaan gaji yang ingin diterima tersebut. Nah, bagi kamu yang sedang mencari kerja, beberapa tips negosiasi gaji berikut ini dapat kamu gunakan agar sukses sampai fase akhir wawancara.

Gali Informasi

Sumber Gambar : kmslh.com

Sebelum datang memenuhi undangan wawancara, nggak ada salahnya kamu melakukan riset kecil-kecilan dan menggali informasi terkait dengan perusahaan yang sedang kamu lamar posisinya itu. Dengan begitu, kamu dapat membuat estimasi berapa gaji yang dapat kamu minta nantinya. Jangan sampai kamu meminta tinggi, sedangkan perusahaan yang kamu lamar bukanlah termasuk perusahaan besar. 

Lihat Kualitas Diri

Sumber Gambar : goodmenproject.com

Mungkin bagi orang yang idealis, maka akan menilai diri sendiri sebagai orang yang berkualitas 100%, padahal nggak semua seperti itu adanya. Sebelum melakukan wawancara, kamu juga harus refleksi atau berkaca untuk mengetahui seberapa besar kualitas dirimu. Dengan mengetahui hal tersebut, maka kamu dapat menentukan berapa nominal yang pantas kamu minta dan terima.

Well Prepare

Sumber Gambar : incimages.com

Tentunya kamu sudah tahu bakal ada fase pertanyaan seperti ini yang akan dilontarkan oleh pihak HRD. Oleh karenanya, sebelum memulai wawancara, persiapkan dulu dengan baik jawaban apa yang harus kamu berikan. Dengan persiapan yang baik dan matang, maka peluang berhasil dalam fase negosiasi gaji lebih tinggi daripada yang tidak ada persiapan sama sekali. Yang harus kamu pikirkan adalah berapa kira-kira kamu menilai dan menghargai diri sendiri, batas atasnya dan bawahnya berapa yang dikaitkan dengan jenis serta beban pekerjaan yang harus kamu handle nantinya.

Persiapkan Argumen

Tips Negosiasi Gaji

Sumber Gambar : careers.ox.ac.uk

Setelah kamu memberikan jawaban terkait dengan nominal gaji yang ingin didapatkan, jangan berhenti di situ saja, uraikan alasan terkait hal tersebut. Contohnya saja, kamu meminta gaji Rp5 juta perbulan, maka kamu harus menerangkan kenapa nominal tersebut yang kamu tawarkan, bukan di bawah itu atau setidaknya sesuai UMR/UMK. Kamu bisa memberikan penjelasan bahwa kamu memiliki kemampuan untuk menghandle pekerjaan yang sedang kamu lamar dengan sangat baik dan kualitas kerjamu juga bagus, atau lainnya.

Pastikan Transaksi Cepat

Tips Negosiasi Gaji

Sumber Gambar : arthur.co.uk

Saat sesi wawancara sudah masuk dalam tanya jawab seputar gaji, maka buatlah berlalu secara cepat. Jangan mengulur-ulur waktu dengan banyak pertimbangan yang justru nanti akan menyulitkan dan membingungkanmu sendiri. Utarakan berapa gaji yang kamu inginkan, jelaskan alasannya, dengarkan tawaran dari pihak perusahaan, pertimbangkan dengan cepat dan selesai. 

Tunjukkan Ketenangan dan Tetap Ramah

Tips Negosiasi Gaji

Sumber Gambar : amazonaws.com

Tentunya kamu nggak bisa mengatur tanggapan apa dari pihak HRD setelah kamu memberikan jawaban terkait dengan gaji yang kamu inginkan. Tetaplah tenang dan ramah, usahakan semuanya terkesan undercontrol. Meski perusahaan memberikan tawaran di bawah ekspektasimu, kamu harus menjawab dengan tenang dan mulai pertimbangkan apakah menerima atau menolaknya.

Tips negosiasi gaji di atas dapat kamu jadikan bahan persiapan sebelum benar-benar masuk ke ruangan wawancara. Hasilnya pun akan beragam tergantung dari pembicaraan di dalam nantinya. Memang ada kalanya semua yang sudah kamu persiapkan tidak berhasil atau tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Tapi setidaknya dengan menggunakan strategi di atas, kamu dapat keluar dengan elegan. 

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Hal Penting Buat Diperhatikan Saat Career Shifting ke Digital Marketing

Creativepreneur and Career

Apa Itu 1:1 Meeting Serta Manfaatnya untuk Hubungan dalam Pekerjaan

Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!