Arsitektur & Interior

Tips Nyaman Bekerja Di Coworking Space Era New Normal!

coworking space

Di era new normal ini, banyak masyarakat yang menginginkan suasana baru yang dapat mendorong mereka lebih produktif dan kreatif lagi. Fenomena seperti ini mendorong manusia untuk berpikir bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga salah satu solusinya dengan membuka coworking space di era new normal sebagai sarana berkolaborasi, komunikasi dan interaksi antar sesama.

Apa Itu Coworking Space?

Sumber Gambar : TRAVELICIOUS.CO.ID

Menurut Gandini (2015), coworking space adalah suatu tempat kolaborasi untuk saling bekerja sama yang digunakan oleh berbagai macam jenis profesi, dalam hal ini sebagian besar adalah freelancer, yang bekerja pada bidang usaha tertentu dan berbeda-beda. Secara umum, awalnya konsep ini dipahami sebagai fasilitas penyewaan kantor pada umunya dimana para profesi tersebut menyewa private space yang terkoneksi internet. Padahal, konsep ini lebih kepada pemberian kebebasan bagi para pekerja profesional dalam menjalankan rutinitas mereka sehari-hari.

Salah satu contoh penerapan coworking di Surabaya adalah koridor coworking space. Koridor menetapkan protokol keamanan yang ketat yaitu harus memesan tiket dahulu sebelum datang untuk mengindari kepadatan orang banyak.  Berikut ada beberapa tips bekerja di coworking space era new normal :

1. Mematuhi Protokol Kesehatan

Sumber Gambar : freeofficefinder.com

Memasuki era new normal saat ini, Dinas Kesehatan telah mengeluarkan beberapa peraturan mengenai protokol kesehatan untuk mengurangi resiko penyebaran virus covid 19. Kita dapat memulai dari hal yang paling mudah dilakukan yaitu memakai masker dimanapun kita berada. Penyebaran covid paling cepat masuk melalui wajah.

Kita juga bisa menggunakan face shield sebagai perlindungan selanjutnya. Lalu setelah meggunakan masker, kita wajib mencuci tangan atau menggunakan disinfektan sebelum masuk ke coworking space. Biasanya sebagian besar gedung bangunan telah mempersiapkan protokol ini di pintu utama. Langkah selanjutnya, kita harus menghindari kerumunan banyak orang. Sebisa mungkin pilihlah tempat yang sepi dan tidak terlalu banyak orang untuk melindungi diri sendiri dari bahaya virus covid 19.

Baca Juga :   Bosan WFH? Yuk, Simak Tips Bikin Area Kerja Nyaman di Rumah!

2. Memiliki Fasilitas yang Lengkap

Fasilitas lengkap merupakan hal yang sangat penting dan wajib dimiliki oleh setiap coworking space. Pertama, coworking harus memiliki akses internet yang cepat serta beberapa stopkontak yang tersebar di setiap meja yang ada. Jika internet bermasalah, sudah bisa dipastikan bahwa kenyamanan dalam bekeja di coworking space akan terganggu. Kedua, memiliki tempat seperti private space karena ada beberapa orang yang sangat menginginkan kedamaian dalam mengerjakan sesuatu tanpa ada seorangpun. Ketiga, memiliki sebuah cafetaria untuk tempat bersantai dan makan ringan. Pastikan tetap membawa disinfektan untuk mencegah penyebaran virus covid 19.

 

3. Ruangan Nyaman, Bersih, Rapi, dan Interior Menarik

Desain interior merupakan salah satu faktor kenyamanan dalam sebuah coworking space. Sehingga, dalam interior tersebut harus menyediakan desain yang rapi dan bersih. Karena desain interior juga sangat berpengaruh untuk meningkatkan semangat kerja. Misalkan pada area coworking space di desain menggunakan warna yang dominan kuning, secara psikologi warna kuning dipercaya dapat membangkitkan semangat kerja karena warna tersebut adalah lambang keceriaan.

4. Fleksibilitas Ruang Kerja Sesuai dengan Kebutuhan

Memilih ruang kerja sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan sangatlah penting. Misalkan jika pekerjaan menuntut kita untuk melakukan banyak pertemuan atau meeting dengan orang lain, pastikan coworking yang dipilih mempunyai fasilitas meeting room atau public area yang bisa dilakukan untuk bertemu banyak orang.

 

Penulis : Wanda Evelyn Lomanjaya

Universitas Kristen Petra Surabaya

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Sistem Penghawaan,Pencahayaan Dan Teknologi Smart Home Dalam Mengantisipasi Penyebaran Covid-19

Arsitektur & Interior

Wabi-sabi dalam sebuah Desain Furniture

Arsitektur & Interior

Rumah Kecil: Trend Hunian Millenial

Arsitektur & Interior

Ciptakan Suasana Rumah Anti Stress dengan Konsep Zen Living

Leave a Reply

Your email address will not be published.