GenK LIFE

Tips Olahraga Saat Puasa, Tubuh Bugar Ibadah Tetap Lancar

Bulan puasa adalah salah satu bulan istimewa untuk umat muslim di seluruh penjuru dunia. Di Indonesia, bulan puasa menjadi sangat berbeda dengan bulan lainnya karena semua aktivitas disesuaikan dengan waktu puasa penduduk muslim di Indonesia. Meskipun harus puasa, kamu tetaplah perlu untuk menjaga kesehatan dengan cara berolahraga ya. Tapi, kamu nggak boleh nih sembarangan berolahraga dalam kondisi perut yang kosong. Lalu, gimana aja sih cara olahra saat puasa yang tepat? Cek Tips Olahraga Saat Puasa dibawah ini ya.

  1. Waktu Olahraga yang Tepat

Sumber : Pexels.com

Ketika belum puasa, mungkin kamu biasa berolahraga di pagi hari atau malah di malam hari. Tapi, kamu harus menyesuaikan kebiasaan olahraga itu dengan kebutuhan nutrisi di saat puasa, ya. Berolahraga berlebihan dan pada waktu yang kurang tepat malah bisa membahayakan tubuh, lho. Kalau kamu memang berniat ingin tetap fit dengan berolahraga, waktu yang paling tepat adalah setelah berbuka, yakni di malam hari. Saat itu, energi tubuh telah terisi kembali dan bisa kamu gunakan untuk aktivitas olahraga. Waktu lainnya yang disarankan adalah sekitar 30 hingga 60 menit menjelang buka. Jadi, pas setelah olahraga, kamu bisa mengisi energi kembali. Pilih saja antara kedua waktu itu bergantung pada keadaan tubuhmu!

  1. Jenis Olahraga yang Tepat

Sumber Gambar : pexels.com

Berbeda dengan keadaan tubuh yang normal, asupan energi untuk tubuh di kala puasa biasanya akan menurun, baik banyak maupun sedikit. Untuk itu, alternatif jenis olahraga yang disarankan adalah jenis olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang. Beberapa di antaranya adalah yoga,  jalan kaki, jogging, atau pun bersepeda. Hindari untuk mencoba olahraga dengan intensitas tinggi supaya ibadah tetap maksimal dan tubuh tetap fit, ya.

  1. Penuhi Asupan Makanan

Tips Olahraga Saat Puasa

Sumber Gambar : pexels.com

Saat puasa, waktu makan yang diperbolehkan adalah setelah maghrib hingga sebelum subuh. Jadi, aktivitas makan memang sebagian besar di malam hari. Padahal, pada malam hari biasanya tubuh malah butuh istirahat. Meskipun puasa, tetap penuhi kebutuhan energi harianmu, ya. Energi utama tubuh bisa terpenuhi dengan asupan karbohidrat yang cukup. Untuk itu, cukupi makanan yang mengandung karbohidrat supaya tubuh nggak mudah lelah. Kamu bisa tambahkan juga konsumsi makanan berprotein tinggi, seperti ikan, telur, serta daging supaya bisa menjadi energi tambahan untuk olahraga.

  1. Tetap Banyak Minum

Tips Olahraga Saat Puasa

Sumber Gambar : pexels.com

Dibandingkan makanan, biasanya tubuh manusia nggak terlalu bisa menahan haus. Bahkan, dalam penelitian dibuktikan kalau manusia lebih perlu air dibandingkan makan. Setelah berolahraga pun pasti kamu memerlukan minum. Tapi, ketika puasa tentunya kamu nggak bisa mengonsumsi apa pun. jangan sampai tubuh jadi dehidrasai dengan tetap memenuhi kebutuhan air harian, yakni sekitar 1,5 hingga 2 liter per hari. Lalu, gimana caranya? Nah, kamu bisa rutin minum air putih di malam hari. Bahkan, kalau perlu siapkan air putih di samping tempat tidur supaya bisa langsung minum ketika terbangun. Ketika berolahraga ringan pun, kamu perlu untuk minum air di sela-selanya, ya.

Baca Juga :   Ikuti 5 Tahap Proses Kreatif untuk Ide yang Lebih Imajinatif

 

Itulah empat tips olahraga saat puasa. Alternatif olahraga rumahan dengan intensitas ringan hingga sedang ini juga ada, lho. Contohnya, kamu bisa lakukan yoga, pilates, peregangan tubuh, hingga plank. Selain menjaga asupan makan dan minum, kamu tetap butuh untuk menjaga jam tidur juga supaya kesehatan bisa terjaga. Kalau memang siang bekerja, tidur di malam hari usahakan nggak kurang dari 5 jam.

About author

Related posts
GenK LIFE

Sering Overthinking? Ini Tips Meditasi yang Ampuh Jaga Pikiranmu Tetap Fokus

GenK LIFE

Buat Yang Lagi Intermitten Fasting, Ini Dia Minuman Yang Boleh Dikonsumsi!

GenK LIFE

Gak Cuma Sakti di Film dan Manga, Ini Dia Fakta Mengenai Ninja!

GenK LIFE

Jangan Percaya Dengan Kabar Hoax! Ini Fakta Dan Mitos Vertigo