Travel

5 Tips Packing Liburan Paling Efisien dan Anti Ribet

Siapa sih yang tidak suka liburan? Tapi kalau bicara soal bagian paling ribet dari liburan sebagian orang pasti bilangnya pas packing. Tiket sudah di tangan, akomodasi juga siap, waktunya untuk membenahi barang-barang kebutuhan yang akan kamu gunakan selama liburan. Nah, supaya lebih efisien, kamu bisa mencoba tips packing liburan berikut agar perjalananmu makin menyenangkan dan pastinya anti ribet. 

1. Buat daftar bawaan 

Tips packing liburan 1

Sumber: pexels.com

Sebelum mulai packing, ada baiknya untuk membuat daftar barang bawaan terlebih dahulu. Dengan demikian kamu dapat mengetahui barang-barang apa saja yang kamu butuhkan selama liburan. Tinggal ambil selembar kertas atau bisa dicatat lewat HP, tulislah seluruh barang yang akan kamu gunakan nanti. 

Mulai dari pakaian, peralatan mandi, aksesoris, makanan, dan barang lainnya. Setelah selesai membuat daftar barang bawaan, kamu bisa kembali mereview barang yang sudah kamu tuliskan. Apakah benar-benar berguna dan akan terpakai atau tidak selama liburan. Daftar tersebut juga bisa membantumu agar tidak melupakan barang pada saat proses packing dan saat berbenah sebelum pulang nanti. 

Baca Juga :   Tips Membuat Bucket List Biar Liburan Tidak Wacana Doang

2. Tas atau Koper? 

Sumber: pexels.com

Dilema yang sering dihadapi para traveler pada proses packing adalah pemilihan tas yang akan dibawa untuk liburan. Nah, pastinya gak jarang dong kamu kebingungan memilih antara tas atau koper? Gak usah bingung, kamu bisa menyesuaikan jenis tas sesuai dengan jumlah barang dan tujuan traveling-mu. 

Untuk liburan dalam jangka waktu singkat selama beberapa hari, kamu bisa memilih tas ransel atau koper kecil yang muat untuk praktis. Pastikan terlebih dahulu tempat tujuanmu nanti. Jika akses mobilisasi ke tempat akomodasimu nanti mudah dan kamu tidak berencana untuk menetap di sana sampai akhir liburan, koper bisa jadi pilihan paling tepat. 

Baca Juga :   4 Peralatan yang Wajib Dimiliki Para Travel Vlogger

3. Maksimalkan space dalam tas atau koper

Tips packing liburan 3

Sumber: pexels.com

Tips packing liburan yang paling efektif adalah dengan memaksimalkan space kosong yang ada di dalam tas atau koper. Dengan menggunakan bantuan daftar bawaan yang sudah dibuat sebelumnya, kamu bisa memperkirakan kapasitas tas atau koper untuk menampung semua barang-barang yang akan dibawa. 

Dimulai dari barang wajib pertama yaitu pakaian. Kamu bisa menggulung baju, khususnya kaos, agar bisa lebih hemat tempat. Dengan trik yang tepat, kamu bisa menyatukan beberapa item sekaligus seperti celana dan jaket agar mudah muat ke dalam tas. Jika kamu membawa sepatu ke dalam tas atau koper, bungkus aksesoris kecil dengan plastik lalu masukkan ke dalam ruang kosong di dalam sepatu. 

4. Mengatur tempat dalam tas

Tips packing liburan 4

Sumber: pexels.com

Selanjutnya, tips packing liburan yang gak boleh sampai terlewatkan adalah penempatan barang-barang di dalam tas. Khususnya jika kamu memilih untuk menggunakan koper dan membawa cukup banyak barang di dalamnya. Tempatkanlah barang-barang berukuran paling berat di sisi bawah koper ketika berada di posisi berdiri. 

Jika tuas koper kamu berada di sisi kiri, berarti tempatkanlah barang-barang berat seperti sepatu atau peralatan mandi di sisi kanan. Dengan demikian, saat kamu menarik koper, distribusi berat bisa terbagi dengan rata dari atas ke bawah. Jadi gak ada lagi deh istilah barang penyok saat kamu sampai ke tempat tujuan nanti.  

Baca Juga :   5 Film Tentang Traveling Inspiratif Bikin Pengen Jalan-Jalan

5. Produk-produk travel size

Sumber: pexels.com

Berbagai peralatan yang hendak kamu bawa untuk liburan dari rumah biasanya memiliki ukuran yang cukup besar. Produk-produk seperti botol sampo atau sabun tentu tidak akan praktis jika tidak dipindahkan ke wadah yang lebih kecil. Maka dari itu, tips packing liburan yang mesti kamu lakukan berikutnya adalah membawa produk dalam travel size

Gunakanlah wadah kecil yang bisa kamu beli secara terpisah atau bawaan dari produk tersebut. Pindahkan sejumlah produk dengan estimasi pemakaian sesuai dengan durasi liburanmu ke dalam wadah yang lebih kecil. Dijamin, kamu bisa menghemat banyak tempat di dalam tas dan gak perlu kerepotan saat harus mengeluarkannya saat akan dipakai nanti.

About author

Related posts
Travel

Wajib Masuk List! Ini Daftar Destinasi Wisata Bandung Terbaru dan Terfavorit!

Travel

Ini dia Pesona Pantai Cannon di Oregon, Pantai Yang Wajib Dikunjungi bagi Pecinta Pantai

Travel

5 Warisan Dunia UNESCO Di Malaysia Yang Punya Pemandangan Keren

Travel

5 Museum di Norwegia yang Wajib Dikunjungi, Ada Yang Khusus Untuk Sejarah Viking, Loh!