Creativepreneur and Career

Sukses Memulai Usaha Bisnis Makanan Korea? Ini Kuncinya!

makanan khas korea

Hari gini, siapa nggak kenal Korea, sih? Nggak cuma remaja, kalangan emak-emak maupun anak-anak banyak yang tergila-gila dengan segala yang berbau Korea. Mulai dari musik dan lagu-lagunya, film hingga drama-dramanya, sampai makanannya, seperti kimbab, tteokbokki, ramyeon, kimchi, jajangmyeon, bibimbap, bulgogi dan masih banyak lagi lainnya yang sangat disukai orang Indonesia. Nah, melihat peluang bisnis makanan Korea yang sebenarnya cukup menjanjikan, kenapa kamu nggak coba memulai usaha di bidang satu ini? Kalau tahu kuncinya, bukan nggak mungkin kamu meraih keuntungan dan kesuksesan, loh. Eits, tapi sebelum kamu mulai, ada beberapa hal yang wajib diketahui agar gagal jauh-jauh dari kamus bisnismu, nih. Yuk, intip apa aja, sih, yang harus dilakukan sebelum terjun ke dunia perkulineran Korea?

1. Pilih Bahan baku Segar dan Berkualitas

bahan masakan korea

sumber: tqn.com

Jangan pernah main-main dengan yang namanya bahan ketika kamu ingin memulai usaha kuliner, termasuk menu Korea. Pastikan kamu hanya memakai bahan segar dan berkualitas untuk hasil dan cita rasa terbaik. Kamu mungkin perlu melakukan banyak eksperimen sebelum akhirnya bisa mendapatkan hasil terbaik, nggak cuma tampilannya, tapi juga rasanya. Kalau ingin yang unik dari lainnya, kamu bisa membuat inovasi pada menu yang sudah ada. Jadi makanan Korea-mu akan benar-benar unik.

2. Siapkan Peralatan Makan yang Korea Banget

alat makan khas korea

sumber: cnn.com

Untuk tips bisnis selanjutnya, kamu bisa menggunakan strategi kewirausahaan ATM, Genk. ATM sendiri yaitu Amati, Tiru, dan Modifikasi. Kamu bisa melakukan itu semua dengan belajar dari drakor atau dengan mengamati usaha dengan tema yang sama, lho. Nah, salah satu contohnya adalah dengan menggunakan tableware khusus. Kamu bisa mengamati itu semua dari drakor maupun resto-resto yang bernuansa Korea. Hal ini juga akan membuat menu makanan korea kamu kental dengan nuansa Korea. Alat makan yang digunakan pastinya mulai dari mangkok, piring, gelas, sendok, garpu dan tentu saja paling utama sumpit. Kamu juga bisa meletakkan hiasan dinding atau meja yang dapat menambah suasana seperti di Negeri Ginseng ini di kedaimu. Biar kesan Korea-nya makin dapat, kamu bisa berpakaian a la koki Korea seperti di drakor.

Baca Juga :   Simak Cara Membuat Bisnis Plan untuk Kamu yang Mau Berwirausaha

3. Tentukan Lokasi Berjualanmu

street food korea

sumber: sulselberita.com

Kunci dari laris manisnya bisnis usaha makanan korea kamu juga sangat bergantung pada pemilihan lokasi yang tepat, loh. Jadi jangan ragu untuk survey tempat mana yang sekiranya bisa mendatangkan banyak pelanggan. Pilih tempat yang strategis, seperti tengah kota atau pusat-pusat keramaian lainnya. Pemilihan tempat berjualan ini sangat berkaitan dengan pangsa pasarmu. Kalau kamu ingin menyasar kalangan mahasiswa, carilah tempat di sekitar kampus atau kos-kosan. Berbeda kalau kalangan pekerja kantoran yang jadi sasaranmu. Jadi pikirkan baik-baik sebelum membuka usaha di bidang kuliner Korea.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Apa Itu Predictive Marketing, Manfaat dan Penerapannya dalam Bisnis Online?

Creativepreneur and Career

Nggak Asal Nulis, Ini 6 Skill yang Harus Dimiliki Copywriter

Creativepreneur and Career

Mau Keuntungan Meningkat? Ini Dia Cara Memaksimalkan Manajemen Bisnis Roti!

Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tips Brand Refresh, Strategi Segarkan Merk Anti Ribet