Arsitektur & Interior

Tips persiapan kebutuhan Anabul Menurut Interior Designer yang Wajib Kamu Ketahui!

kebutuhan anabul

Hayoo, siapa yang disini sering merasa kesepian saat pandemi? Menurut penelitian dari Departemen Hukum Sosiologi & Kriminologi Universitas Florida pada tahun 2021, hewan peliharaan itu dapat mengurangi rasa kesepian pada seseorang lho! Nah bagi kalian yang ingin punya hewan peliharaan, salah satu tahap yang perlu kalian persiapkan adalah kebutuhan anabul (anak bulu) kalian nih! Yuk kita belajar dari interior designer untuk mengetahui apa saja aksesoris dan taktik apa saja yang bisa diaplikasikan dalam mempersiapkan kebutuhan mereka!

  1. Persiapkan area khusus untuk hewan peliharaan kalian

Sumber : Unsplash

Seperti manusia, hewan peliharaan juga perlu tempat untuk sendirian. Kalian bisa mempersiapkan area khusus untuk hewan peliharaan kalian agar mereka bisa berdiam diri. Area-area kecil ini bisa dibatasi menggunakan tempat tidur hewan ataupun kandang.

Eits tapi ingat ya, jangan pisahkan mereka terlalu jauh. Letakkan area mereka di tempat dimana kalian banyak beraktivitas seperti kamar tidur ataupun ruang tamu, tujuannya adalah agar hewan-hewan ini tidak merasa kesepian dan kalian juga dapat menjadi lebih dekat dengan mereka!

Apalagi saat ini, produk seperti kasur hewan peliharaan memiliki design yang aesthetic jadi kalian tidak perlu takut untuk merusak estetika rumah kalian!

  1. Pertimbangkan material karpet

Sumber : Unsplash

Enak banget nggak sih kalau bisa bersantai sama hewan peliharaan kaian diatas karpet yang lembut? Tapi kalian harus ingat bahwa mereka adalah makhluk individu yang memiliki perilaku yang terkadang tidak bisa kita kontrol, terutama jika kita baru saja memiliki hewan peliharaan.

Kalian pasti tidak mau karpet kesayangan kalian menjadi kotor karena terkena noda-noda yang tidak diinginkan bukan? Jadi lebih baik jika kalian simpan karpet tersebut hingga hewan peliharaan kalian dapat dilatih dan berperliaku yang baik.

Solusi lainnya adalah menggunakan karpet dengan material seperti nilon, vinil, dan wol sintetis yang mudah dibersihkan.

  1. Minimalisir kerusakan furniture dengan mainan hewan

Sumber : Unsplash

Kucing di rumah kalian suka mencakar furniture di rumah kalian? Atau anjing kalian suka menggigit ujung kaki sofa? Kalian bisa alihkan perhatian mereka menggunakan berbagai mainan yang ada di pasaran.

Saat ini, mainan hewan peliharaan telah didesain secara kreatif sehingga tidak hanya dapat menarik perhatian hewan peliharaan, tetapi juga masih sesuai dengan estetika rumah tinggal kalian!

Selain itu dengan memiliki mainan hewan, kalian dapat mengalihkan energi hewan peliharaan kalian kearah yang lebih positif sehingga furniture kalian tidak akan dirusak lagi oleh mereka.

  1. Pastikan tidak ada tanaman yang berbahaya

Sumber : Unsplash

Kalian tahu nggak sih, ada beberapa jenis tanaman hias yang sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh hewan peliharaan kalian? Tanaman seperti kuping gajah, lidah buaya, alocasia, palem mini, dan beberapa jenis bunga dapat menjadi racun bagi hewan kucing dan anjing.

Beberapa tanaman tersebut dapat menyebabkan gagal ginjal, liver dan organ-organ dalam lainnya, sehingga sangat berbahaya untuk anabul kita. Kalian bisa menggunakan tanaman yang aman seperti tanaman hias laba-laba, Pakis Boston, Bunag Sepatu, atau Paku Tanduk Rusa.

Jika kalian ingin memiliki, tanaman hias yang berpotensi berbahaya, harus dijauhkan dari jangkauan hewan peliharaan kalian untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kalian pasti tidak ingin anabul kalian menjadi sakit bukan?

  1. Gunakan material kain yang kuat

Sumber : Unsplash

Jika kalian akan membeli furniture dengan material kain (seperti sofa atau kursi), ada baiknya jika kalian memilih furniture dengan bahan yang mampu menahan aktivitas hewan peliharaan kalian. Perhatikan apakah material kain tersbut dapat menahan cakaran dari anabul kalian.

Selain itu, cobalah untuk meminta sample kain pada tempat kalian membeli furniture untuk menguji apakah bulu anabul kesayangan kalian dapat menempel pada kain tersebut. Selain itu, kalian juga harus memperhatikan kemudahan material itu untuk dibersihkan dari bulu-bulu yang menempel.

Dengan begitu kalian dapat menghindari menempelnya bulu pada furniture kesayangan kalian sehingga rumah kalian dapat terlihat bersih.

  1. Get Organized

Sumber : Unsplash

Kebutuhan anabul sangatlah bervariatif. Misalnya seperti makanan, jajanan, mainan, alat grooming, aksesoris, alat pembersih dan lain-lainnya. Kalian perlu menyiapkan tempat untuk merapihkan barang-barang tersebut agar terlihat lebih rapi.

Letakkan alat-alat pembersih seperti tissue basah dan alat grooming menjadi satu, sehingga mudah ditemukan. Letakkan barang-barang yang sering dipakai (seperti tali dan kalung) ditempat-tempat yang mudah terlihat seperti dekat pintu masuk, sehingga kalian dapat menemukan barang dengan lebih mudah.

Kalian juga dapat menggunakan tempat penyimpanan seperti cabinet atau keranjang kecil untuk merapikan barang-barang tersebut. Selain menjadi lebih rapi, estetika rumah kalian tidak akan tergangggu.

Karena kalian dapat menyembunyikan barang-barang di tempat penyimpanan yang sesuai dengan style rumah kalian masing-masing.

Nah jadi itu adalah tips-tips yang bisa kalian aplikasikan untuk kebutuhan anabul kalian! Kalian harus ingat ya, mempunyai hewan peliharaan itu merupakan tanggung jawab yang besar. Kalian harus bisa menyayangi mereka dengan sepenuh hati kalian. Karena meskipun kita adalah makhluk yang independen, but their whole world is only you! Stay Creative!

By: Hayu Puspasari Saputri
Prodi Desain Interior Univerisitas Kristen Petra Surabaya
About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Tips Elemen Dekorasi Interior Pada Toko Elektronik

Arsitektur & Interior

4 Inspirasi Karakter Pada Ruang Komersial Konsep Industrial Yang Bisa Kamu Coba!

Arsitektur & Interior

Pengaruh Desain Pada Nona Manis Dimsum Club & Nyonya Manis Drinking Club Malang Pada Psikologi Pengunjung

Arsitektur & Interior

Yuk, Intip Green House Coworking Dengan Konsep Green Design!

Leave a Reply

Your email address will not be published.