Creativepreneur and Career

3 Tips Pitching Ampuh Untuk Menggaet Investor

Pitching merupakan bagian paling penting yang bakal menentukan sukses tidaknya bisnis kamu menggaet kesempatan funding dari para investor. Maka dari itu, persiapan yang matang tentu perlu dilakukan demi meningkatkan kesempatanmu untuk tampil sempurna dan mampu memenangkan hati investor di saat proses pitching. Dilansir dari situs Entrepreneur, beberapa tips pitching berikut bisa senjata terbaikmu untuk menggaet investor. 

1. Cukup 10 Menit 

Tips pitching 1

Sumber: pexels.com

Menurut Entrepreneur, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pitching menjadi bagian krusial yang mesti diperhatikan pertama kali. Semakin sedikit waktu yang kamu butuhkan untuk memaparkan ide bisnismu, hasilnya bisa jadi semakin baik. Sebagus apapun ide yang ingin kamu bawakan, jika tidak ditunjang dengan manajemen waktu yang baik maka akan kurang efektif. 

Tips pitching yang ampuh untuk dicoba adalah dengan memadatkan informasi agar lebih mudah dicerna sehingga waktu yang dipakai jadi lebih sedikit. Efektivitas presentasi juga akan turut meningkat dengan penyajian materi yang singkat, padat, dan jelas. Sebagai panduan, berikut beberapa kerangka penanda waktu yang bisa kamu jadikan referensi: 

  • Jika kamu membuat estimasi waktu sejumlah 10 menit untuk pitching, maka usahakanlah untuk menyelesaikannya 1 menit lebih cepat. 
  • Untuk waktu yang ditentukan oleh pihak investor, misalnya sebanyak 10 menit, maka lakukanlah pitching kamu 5 menit lebih cepat. 
  • Saat kamu mengatakan “Satu hal terakhir,” atau sejenisnya untuk menutup sesi pitching, pastikanlah apa yang kamu katakan benar-benar menjadi yang terakhir. 
  • Atur tempo presentasi dengan distribusi yang seimbang. Jangan terlalu cepat atau terlalu lama. Apalagi saat kamu terburu-buru di akhir karena waktu yang akan berakhir. 
  • Jika kamu memakai bantuan slide, usahakanlah agar penjelasanmu tak memakan lebih dari 3 menit per slide-nya. 

Ada baiknya jika kamu mampu menyajikan materi dalam tampilan yang unik agar bisa memberikan kesan dan membuatmu menonjol dibanding kandidat lainnya. Cara membuat Power Point yang kreatif itu gak sesulit yang kamu bayangkan, asal tahu triknya. 

Baca Juga :   Ini Dia Cara Meningkatkan Percaya Diri Saat Presentasi

2. Jadilah seorang storyteller 

Tips pitching 2

Sumber: pexels.com

Metode bercerita atau story telling telah terbukti sebagai ampuh untuk mendapatkan serta mempertahankan perhatian pendengar. Dijamin sesi pitching kamu bakal lebih berkesan. Coba bayangkan, berapa banyak ide bisnis yang mesti diproses oleh para investor setiap harinya? Lembaran spreadsheet, angka-angka, data, dan berbagai statistik akan menjadi hal yang membosankan untuk para investor. 

Mereka adalah para profesional dengan kemampuan riset yang mumpuni. Setiap informasi yang kamu sajian bisa dengan mudah mereka dapatkan tanpa perlu kamu sajikan dalam pitching. Apa yang bisa kamu sajikan adalah cerita di balik startup dan perspektif baru yang tak bisa ditemukan di spreadsheet manapun. Setiap orang menyukai cerita, bahkan para investor yang terkenal sangat berpatokan pada data. Makanya, jadilah seorang storyteller dan pikatlah para investor dengan kisah menakjubkan! 

Baca Juga :   5 Rekomendasi Aplikasi Presentasi Selain Power Point
About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Cara Mendapatkan Centang Biru di TikTok untuk Membangun Kredibilitas Merk

Creativepreneur and Career

Panduan Lengkap dan Cara jadi Social Media Strategist Tahun 2021

Creativepreneur and Career

5 Rekomendasi Channel YouTube untuk Belajar Bisnis Online secara Gratis

Creativepreneur and Career

30+ Istilah Penting dalam Social Media Marketing untuk Diketahui Pebisnis