Fotografi

Jepret Keindahan Alam dengan Tips Plant Photography Ini

plant photography

Kamu begitu mengagumi pesona sekuntum bunga yang merekah sempurna dengan warna cantiknya atau keanggunan hutan yang penuh misteri, tapi nggak tahu gimana caranya mengabadikan semua emosi yang kamu rasakan itu ke dalam sebuah foto? Jangan khawatir, dengan plant photography tips berikut ini dijamin fotografer newbie sekali pun bakal bisa sukses menjepret foto tanaman terbaik dalam waktu singkat.

1. Good Lighting is The Key!

good lighting

Sumber: ipt.imgix.net

Mengambil foto tanaman di area yang rimbun bisa menghasilkan cahaya hijau keabu-abuan. Kalau kamu tahu cara memanfaatkan sumber cahaya ini, bukan suatu yang mustahil menciptakan beberapa efek menakjubkan, lho. Tapi kalau kamu kurang pengalaman, usahakan menghindari jepretan foto yang suram atau terlalu terang.

Gunakan reflector disc atau clip-on ring light untuk membantu menerangi foto yang redup. Pilih pencahayaan yang hangat untuk kulit kayu dan musim gugur agar nuansa hangat menonjol dalam jepretanmu. Mengambil foto di golden hour ketika matahari terbit atau tenggelam adalah rahasia mendapatkan rona hangat yang benar-benar indah pada fotomu.

Cooler lighting adalah pilihan terbaik saat kamu ingin menonjolkan warna hijau pada dedaunan. Atur pencahayaan dengan benar. Atau, kamu bisa menjadwal sesi pemotretan ketika hari berawan, di mana alam membantumu memberikan efek cool lighting yang sempurna.

2. Ciptakan Kesan Estetik dengan Membingkai Subjek Jepretanmu

ciptakan kesan estetik

Sumber: northlandscapes.com

Ingatlah, sebuah foto baru dikatakan bagus kalau ada subjek utama di dalamnya. Di dalam fotografi tanaman, kamu bisa membidik bunga sebagai subjek utamanya. Perlu diperhatikan kalau subjek nggak harus menjadi pusat foto, lho.

Karena faktanya, subjek yang nggak berada di tengah justru bisa menghasilkan foto yang lebih baik!

Bingkailah subjekmu dengan objek yang diposisikan agak di luar fokus, seperti di samping, misalnya atau sebagai background maupun foreground. Semakin kamu mahir dalam plant photography, coba gunakan cahaya dan bayangan untuk membingkai subjek. Berani?

Baca Juga :   Ciptakan Foto Estetik dengan Creative Mirror Photography

3. Ambil Fokus pada Subjek Foto!

ambil fokus pada subjek foto

Sumber: pixabay.com

Plant photography yang bagus ditandai dengan fokus yang jelas pada subjek. Seberapa tajam fokus tersebut dan seberapa kabur objek lain di dalam jepretanmu bakal sangat bergantung pada emosi apa yang ingin kamu tonjolkan dalam foto. Cobalah berlatih mengaburkan background untuk mengalihkan fokus yang lebih jelas pada subjek.

4. Jangan Lupa Ikuti Rule of Thirds

rule of third

Sumber: picaboo.com

Rule of thirds akan membantumu membuat foto yang seimbang dengan mudah. Foto akan dipecah menjadi sembilan kotak dengan dua garis vertikal dan dua garis horizontal. Menempatkan elemen fotomu di sepanjang perpotongan garis akan menciptakan gambar yang seimbang dan menyenangkan. Eits, meski ini adalah tips cepat menghasilkan jepretan yang bagus, tapi nggak ada salahnya kamu bereksperimen dengan pengaturan komposisi lainnya. So, jangan takut mencoba pengaturan yang beda, ya!

5. Cara Latihan dengan Plant Photography Tips

cara latihan plant photography

Sumber: ifolor.ch

Yuk, banyakin latihan untuk menyempurnakan teknik fotografi tanaman-mu dengan beberapa tips mudah berikut:

  • Kamu bisa mengambil gambar tekstur close-up. Daun jagung atau lingkaran pada tanaman sukulen bisa dijadikan sebagai subjek untuk foto close-up.
  • Gunakan wide-angle lens untuk mengambil bidikan pohon ke atas agar jepretanmu terlihat berseni.
  • Coba foto tetesan air pada tanaman dengan menggunakan pencahayaan dan focus points untuk menonjolkan tetesannya.
  • Pakai macro lens untuk mengabadikan proses alami penyerbukan bunga.
  • Untuk bidikan dramatis, cobalah berlatih menggunakan backlighting dan siluet pepohonan atau dedaunan.
  • Ambil foto warna musim gugur dari kulit kayu di golden hour. Hindari memanfaatkan aplikasi atau software apapun untuk mengedit dan menciptakan nuansa hangat pada fotomu!
  • Jepret satu atau dua daun yang mengapung di atas air dengan bidikan yang bersih bernuansa ‘sunyi’.

Nah, itu dia beberapa tips untuk membantumu memperdalam plant photography skill. Jangan ragu untuk banyak-banyak dan sering-sering berlatih menggunakan mata serta ponsel pintarmu untuk menyempurnakan lighting dan framing jepretanmu, ya! Gimana, sudah siap untuk memamerkan keindahan tanaman dan berbagi foto menakjubkan? Pastikan kamu praktikkan plant photography tips di atas, ya!

Baca Juga :   Otak-Atik Burst Mode, Skill Fotografi Buat Jepretanmu Terlihat Makin Kece
About author

Related posts
Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!

Fotografi

Komposisi dan Pencahayaan Dibalik Foto Interior yang Menarik

Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet