GenK LIFE

Yuk Intip Tips Produktif dengan Filosofi STOICISM

filosofi STOICISM

Sering ga sih kamu menunda-nunda kerjaan, tugas atau bahkan skripsi kamu? kamu malah jadi terdistract sama hal-hal yang engga penting dilakukan, misalnya malah asik scroll instagram atau seharian maraton film series favoriteEmang ngeselin banget kan, apalagi kita udah punya agenda atau to do list apa yang mau dikerjakan atau dilakukan hari ini. “Pokoknya kerjaan mesti selesai sebelum jam 7 malam” eh malah jadi keteteran ga keburu selesai dikerjain.

Tapi coba bayangin deh kalau kita bisa ngatur dan lebih menghargai waktu, bahkan walaupun kita lagi stuck akan suatu hal kita akan selalu berpikiran “Aku tau ini susah tapi aku yakin pasti bisa kok”.

Kalau gitu asik banget kan? Mungkin sebagain dari kamu pernah dengar atau familiar sama istilah STOICISM. Buat kamu yang belum tahu, jadi STOICISM adalah sebuah filosofi yang berasal dari zaman Yunani kuno yang mengajarkan tentang pengembangan juga pengendalian diri dan ketabahan sebagai sarana untuk mengatasi emosi yang negatif. 

Nah dengan filosofi STOIC ini, kita bisa lebih produktif dan mengubah secara perlahan mindset kita lho. Karena katanya filosofi ini tuh mengutamakan ketenangan. Terus gimana caranya supaya kita bisa lebih produktif dengan filosofi STOIC atau STOICISM? Kabar baiknya, aku udah coba rangkum beberapa tips dan cara gimana caranya. Yuk disimak!

  1. Manajemen Emosi

filosofi STOICISM

Sumber Gambar : Pexels

“Belief underline feelings”. Kepercayaan kamu akan sesuatu hal tanpa sadar akan membentuk emosimu. Kalau misal negatif ya otomatis emosimu juga bakalan ikutan negatif.

Contoh nih, kamu dikasih tugas terus kamu ngerjain tugas itu dengan persepsi tugas itu jadi beban buatmu. Tapi beda nih, kalau kamu coba ubah persepsi yang kamu punya jadi ketika kamu ngerjain tugas itu kamu bakalan dapet ilmu baru dan kamu ngerasa excited, ya otomatis bakalan menghasilkan emosi yang positif.

Karena, prokrastinasi terbentuk dari mindset yang kita bentuk. Dari gimana sih cara kita memandang dan berprinsip akan suatu hal. Suasana hati yang positif akan menghasilkan sesuatu yg positif, begitu juga sebaliknya.

  1. Melakukan Evaluasi

filosofi STOICISM

Sumber Gambar : pexels.com

Maksudnya gimana sih? Gini, coba deh kamu pause sejenak kerjaan atau kegiatan kamu sebentar aja. Terus coba tanyakan ke diri kamu sendiri, sebenarnya apa yang biasa kamu lakukan atau kerjakan itu hal yg penting atau engga? Karena, ngelakuin sesuatu dengan baik ga membuat suatu hal itu tuh jadi penting.

Contohnya nih, banyak orang yang fokus ngelakuin suatu hal dengan cepat, padahal walaupun cepat dan baik dalam ngelakuin sesuatu hal belum tentu hal itu tuh hal yang penting buat dikerjain. Hmm, jadi gimana dong cara mastiin kalau kita udah ngerjain suatu hal yang penting?

Nah balik lagi, kamu bisa coba luangin waktu dan tanya ke diri kamu sendiri, sebenarnya apa sih yang bener-bener penting tuh? Kenapa ngerjain ini? Tujuan dari ngerjain ini semua itu apa?

  1. Pahami Apa Yang Hal Bisa dan yang Tidak Bisa Dikendalikan

filosofi STOICISM

Sumber Gambar : Pexels.com

Nah tips yang terakhir ini pasti cukup sering didenger juga kan? Kalau menurut STOICISM ini sendiri, sebenernya kita ga punya kendali atas hasil dari pekerjaan kita. Tapi masalahnya sekarang ini banyak orang yang terlalu berfokus sama hasil, sampai orang-orang lupa akan prosesnya supaya bisa menuju ke hasil itu. Terus gimana dong?

Caranya, kita bisa coba fokus dengan apa yg bisa kita kontrol. Buat masalah hasil, yaudah ga usah kita pikirkan atau bisa kita kesampingkan dulu. Yang penting kita fokus dengan yg bisa kita lakukan supaya menuntun kita nantinya ke hasil. Anggap aka hasil adalah suatu bonus.

Gimana, udah tau kan beberapa tips produktif dengan filosofi STOICISM? Sekarang kamu bisa mulai praktekin tuh di keseharianmu secara perlahan. Jangan lupa buat selalu berfokus pada prosesnya ya, jangan terlalu fokus sama hasilnya.

Penulis: Syafira Putri Aulia (@syafirapotter)

About author

Related posts
GenK LIFE

Tren Influencer Fatigue Meningkat, Kenapa Konsumen Mulai Bosan dengan Influencer?

GenK LIFE

Ini Dia Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Mulai WFO!

GenK LIFE

Ini Dia Beberapa Tips Untuk Mengecilkan Lengan!

GenK LIFE

Orang Tua Wajib Tau! Ini Dampak Dari Berteriak Pada Anak!

Leave a Reply

Your email address will not be published.