Creativepreneur and Career

Tips Sukses Berbisnis Online Lewat Telegram, Mudah dan Gratis

Bisnis di era serba cepat seperti sekarang ini bisa dilakukan lewat media apa pun, lho, GenKs. Mulai dari yang berbayar hingga yang gratisan, semua channel yang terhubung ke internet bisa dimanfaatkan. Termasuk Telegram, guys. Nah, berikut ini adalah tips berbisnis online lewat Telegram yang harus kamu ketahui kalau ingin sukses!

Telegram, Apa Itu?

Sumber Gambar : hindustantimes.com

Sama seperti WhatsApp, Signal, Line dan lainnya, Telegram merupakan sebuah aplikasi chatting, di mana kita bisa saling berkirim pesan, foto, video, audio hingga file maupun dokumen secara terenkripsi. Dan tahu nggak, Telegram ini bisa dipakai di macam-macam OS secara bersamaan, lho, guys? Seperti Android, iOS, Windows OS, MacOS hingga Linux OS.

Telegram Bisa Dipakai untuk Bisnis?

Sumber Gambar : moneycrashers.com

Well, jika dilihat dari kacamata bisnis, Telegram juga bisa kamu pakai untuk berbisnis, kok. Meski memang masih dalam perspektif kecil, tapi nggak sedikit pebisnis yang udah mulai menggunakannya sebagai media komunikasi dan juga bisnis. Aplikasi dengan lebih dari 100 juta pengguna ini bisa menjadi pilihan bagus untuk membangun bisnis.

Telegram untuk Bisnis, Gimana Caranya?

Sumber Gambar : i0.gmx.ch

  1. Pakai Grup Telegram

Sumber Gambar : verywellmind.com

Ada banyak banget grup yang bertebaran di Telegram. Dan mayoritas nggak butuh persyaratan yang terlalu ribet untuk bisa join. Nah, lewat grup-grup di dalam Telegram ini kamu bisa mulai berbisnis secara online, guys. Tapi jangan asal bergabung di grup juga, lho, atau bisa-bisa kamu di-kick sebelum bisa menjual satu barang pun. Nggak mau hal ini terjadi, kan?

  1. Bikin Komunitas Sendiri

berbisnis online lewat Telegram

Sumber Gambar : thesavvycouple.com

Kalau sulit menemukan grup jual beli yang aktif dan cocok di Telegram, kenapa nggak buat komunitas sendiri? Kamu bisa membuat grup di Telegram dengan spesifikasi yang lebih detail, misalnya Forum Jual Beli Baju Cewek Korea atau Forum Jual Beli Polo Shirt Kekinian. Setelah itu, kamu tinggal mengundang teman-teman dekatmu dan minta mereka untuk merekomendasikan forum milikmu ke teman-teman mereka, deh, guys.

  1. Sharing is Caring

Sumber Gambar : urbandigital

Ingatlah selalu untuk membagikan apa pun yang bermanfaat di dalam forum jual beli yang kamu ikuti. Entah itu informasi tentang hal-hal terbaru, tips-tips atau lifehack maupun konten bermanfaat. Jangan melulu nge-share barang-barang dagangan saja. Jadi, kamu akan menciptakan kesan sebagai penjual yang ingin menjalin koneksi baik dengan pembeli atau sesama penjual.

  1. Pakai Keyword yang Cocok

berbisnis online lewat Telegram

Sumber Gambar : seoanaksholeh.com

‘Jual beli’ atau ‘grup online shop’ adalah contoh kata kunci yang bisa kamu pakai kalau ingin sukses berbisnis lewat Telegram, guys. Atau bisa juga dengan keyword yang lebih spesifik, seperti ‘jual beli barang estetik’.

  1. Channel Telegram

berbisnis online lewat Telegram

Sumber Gambar : disturbdigital.com

Yang beda dari grup di Telegram adalah, pemilik atau pembuat channel hanya bisa melakukan komunikasi satu arah saja. Artinya, orang-orang yang sudah mensubscribe cuma mendapatkan informasi produk atau jasa yang ditawarkan saja tanpa memberikan komentar apa pun. Nah, dengan begitu kamu bisa bikin channel jualanmu sendiri.

Baca Juga :   Digital Marketer, Definisi dan Skill yang Harus Kamu Punya

Caranya dengan membantun komunitas yang baik dengan para anggota hingga kamu punya banyak subscriber. Baru, deh, kamu bisa mulai mempromosikan produk, jasa atau brand-mu lewat pesan broadcast di channel itu.

  1. Optimalkan Fitur Chat Bot

berbisnis online lewat Telegram

Sumber Gambar : business.com

Ada fitur chat bot atau chat otomatis yang bisa dimanfaatin kalau ingin bisnis di Telegram. Dengan fitur ini kamu bisa membalas chat seseorang secara otomatis. Banyak pemilik usaha yang menggunakannya untuk meningkatkan angka penjualan mereka. So, kalau ingin sukses jualan di Telegram, pastikan kamu memaksimalkan fitur ini, ya, guys?

Itulah tips sukses berbisnis online lewat Telegram yang wajib diketahui pemula. Jangan lupa praktek, ya!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tipe Content Marketing yang Wajib Diketahui Para Marketer

Creativepreneur and Career

Mengenal Marketing Mix dan Bagaimana Penerapannya dalam Strategi Pemasaran

Creativepreneur and Career

Udah Ngerti Soal GNP dan GDP? Ini Dia Penjelasannya

Creativepreneur and Career

Yuk Mengenal Lebih Dalam Tentang, Apa Itu Reciprocity Marketing?