Fotografi

Wow! Ini Rahasia Underwater Photography yang Wajib Diketahui Pemula

underwater photography

Tertarik untuk berkenalan dengan dunia fotografi bawah air dan ingin menghasilkan foto-foto keren? Memotret di bawah air bisa bikin ribet kalau kamu nggak tahu triknya. Apalagi kamu adalah newbie yang baru akan memulai jepret-jepret di dunia bawah air. Ada banyak rahasia yang harus kamu pelajari sebelum menyelami underwater photography. Selain mengenali seluk-beluk kamera yang akan kamu gunakan dengan sangat baik sehingga bisa menggunakan berbagai fiturnya dengan maksimal, penting juga mempelajari cara mengoperasikan kamera dari dalam wadah sebelum membawanya masuk ke dalam air. Kalau sudah tahu, baru kamu bisa mengikuti tips-tips teknik fotografi bawah air berikut ini untuk mendapatkan jepretan terbaik yang bisa kamu tangkap di penyelaman pertama.

1. Dekati Subyek yang Mau Kamu Foto

mendekati objek foto

sumber: divein.com

Tips paling penting bagi fotografer bawah air pemula adalah mendekati subyek sedekat mungkin dengan lensa kamera. Pasalnya air 800 kali lebih padat dibandingkan dengan udara. Jadi semakin jauh jarakmu dengan subyek, maka akan semakin banyak gelombang biru dan hijau panjang yang terekam dalam foto. Bahkan meski kamu menggunakan strobo, mengambil foto dengan jarak sedekat mungkin akan memungkinkan kamera menangkap detail-detail tajam.

2. Gunakan Strobo

penggunaan strobo

sumber: shopify.com

Perangkat ini nggak selalu dibutuhkan, tapi lampunya bisa memberi pengaruh yang cukup besar pada foto bawah air kamu, lho. Strobo membantu kamera menangkap lebih banyak cahaya sehingga warna subyek yang kamu foto lebih kuat. Strobo juga membantu mendapatkan kecepatan rana yang lebih tinggi dari kamera, di mana hal tersebut sangat penting untuk mengabadikan kehidupan laut yang penuh warna dan sangat aktif dalam sebuah foto.

Baca Juga :   Ayo Belajar Macro Photography!

3. Pakai Color Correcting Filter

filter underwater photography

sumber: housingcamera.com

Rahasia besar untuk mendapatkan foto di bawah air yang lebih baik adalah dengan menggunakan color correction filter pada kamera. Color correction filter ini pada dasarnya merupakan red filter yang dipasang di bagian depan lensa kameramu. Filter warna ini akan mengoreksi keseimbangan warna dengan mengurangi warna cyan pada gambar. Selain itu, filter warna juga sangat berguna untuk mengurangi backscatter.

About author

Related posts
Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!

Fotografi

Komposisi dan Pencahayaan Dibalik Foto Interior yang Menarik

Fotografi

Begini Caranya Fotografi Melatih Memori Kamu

Fotografi

Tips Membuat Video Pernikahan Sendiri Biar Lebih Hemat Bujet