Creativepreneur and Career

Tips Untuk Membangun Brand Usaha

Membangun Brand Usaha

Untuk membangun suatu brand usaha pasti diperlukan beberapa persiapan dan banyak dukungan seperti bimbingan hukum, tanggung jawab kepada para pelanggan, dan membuat suatu yang berbeda dari brand lainnya. Namun, saat ini banyak para pengusaha yang justru bingung mencari brand apa yang cocok untuk bisnis mereka. 

Membangun brand tidak hanya mengenai pemilihan nama atau logo saja. Namun ada beberapa faktor yang bisa dilakukan dalam merancang bisnismu, karena tidak hanya berkaitan dengan kartu nama, warna merek, logo maupun desain akan tetapi juga berisi nilai, misi perusahaan. Nah, untuk membangun brand usahamu, yuk simak tips berikut ini!

Mengembangkan Posisi Brand yang Dimiliki 

Sumber Gambar : accurate.id

Mengembangkan posisi brand merupakan salah satu cara agar para audiens tahu mengenai posisi merek Brand kamu. Kamu juga perlu memutuskan pasar mana yang akan dituju. Buat penyataan pemosisian dengan cara membuat satu atau dua baris yang digunakan untuk memantu dalam menetapkan apa yang akan kamu lakukan dan siapa kamu, 

Memilih Nama Bisnis sebagai Identitas Merek Kamu

Sumber Gambar : finansialku.com

Nama memang sebagai penjelas suatu brand agar pelanggan dapat tahu mengenai merek apa yang sedang kamu jalankan. Nama merek nantinya akan menentukan domain atau URL toko online kamu juga.

Nah, sebelum itu pastikan mengapa kamu memilih nama tersebut dan makna apa yang bisa kamu ambil sampai akhirnya nama tersebut jadi nama merek dagang kamu. Jadi pastikan untuk melakukan riset ya!

Menetapkan Tampilan Brand

Sumber Gambar : accurate.id

Menetapkan tampilan brand yaitu berarti kamu sedang membantu para pelanggan untuk mengidentifikasi mengenai perusahaan milik kamu. Seperti jenis produk apa yang kamu keluarkan? Kemasan seperti apa yang kamu gunakan?

Bagaimana cara kamu melayani mereka ketika memesan barang dari situs toko e-niaga? Dan masih banyak lagi ketika mereka sedang melihat situs web untuk mencari produk yang mereka mau. Jadi, begitu pentingnya untuk menetapkan tampilan brand.

Cerita Dibalik Brand Kamu

Sumber Gambar : cloudfront.net

Buat garis besar dengan cerita dibalik brand yang kamu miliki. Kisah brand pada dasarnya yaitu adalah mengapa dibalik bisnis kamu.

Semua bisnis tujuannya memang untuk menghasilkan uang, tapi perlu dipikirkan lagi kenapa kamu bisa mendirikan bisnis dan bagaimana produk kamu bisa memiliki dampak dan respon positif pada kehidupan masyarakat. 

Menulis Slogan

Membangun Brand Usaha

Sumber Gambar : blogspot.com

Slogan bisa jadi pilihan opsional kamu dalam membangun merek, walaupun opsional tapi slogan layak dipertimbangkan untuk meningkatkan jangkauan sekaligus mendapat pengakuan merek. Slogan dapat membuat pelanggan lebih hafal dan tertarik dengan produk kamu. 

Logo Ikonik Jadi Hal Pertama yang Dikenali

Membangun Brand Usaha

Sumber Gambar : grid.id

Membuat logo adalah salah satu hal yang penting untuk mengenalkan merek kamu. Ingat nggak logo Starbuck? Ingat nggak logo Apple? Logo-logo tersebut sangat ikonik dan mudah dikenali, jadi pelanggan langsung tahu mengenai produk tersebut.

Untuk mengetahui logo kamu sudah bagus atau belum, alangkah lebih baik kamu bekerja sama dengan desainer yang profesional untuk membantu kamu dalam mendesain logo. 

Mengintegrasikan Brand Bisnis Kamu

Membangun Brand Usaha

Sumber Gambar : accurate.id

Kamu juga perlu menunjukkan bagaimana brand kamu agar mudah diingat oleh orang-orang. Cara untuk melakukannya yaitu dengan membuat panduan gaya karyawan kamu. Jika semua tim sudah tahu mengenai brand kamu, mereka akan paham mengenai tampilan dan suara brand kamu. 

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam membangun brand usaha. Dengan konsisten tentunya akan semakin memperkuat dalam mengemangkan sebuah brand. Tetap semangat dalam membangun usaha!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Jurusan yang Harus Kamu Ambil Kalau Ingin jadi Game Designer

Creativepreneur and Career

6 Penerbit yang Menerima Naskah Penulis Pemula dari Seluruh Indonesia

Creativepreneur and Career

4 Skill Wajib yang Harus Dikuasai untuk jadi Penyiar Radio

Creativepreneur and Career

5 Ide Bisnis Fashion Masa Kini dengan Modal Sedikit Tapi Bisa Cuan Banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published.