Creativepreneur and Career

Gangguan Saat Wawancara Online Bikin Bete? Atasi dengan Tips Ini

wawancara online

Online interview menjadi hal yang biasa dilakukan di era modern seperti sekarang ini. Dianggap lebih praktis, tapi bukan berarti tanpa kendala sama sekali. Karena ada begitu banyak hal yang bisa tiba-tiba terjadi di tengah wawancara online. Mulai dari suara yang nggak jelas, koneksi yang bikin emosi jiwa, baterai laptop habis, laptop freeze dan macet, atau masalah-masalah tak terduga lainnya yang sangat mengganggu dan dijamin bikin panik. Padahal kalau tahu triknya, kamu bisa  lolos dari tantangan satu ini, lho. Bukan nggak mungkin itu justru jadi nilai tambahmu di mata sang pewawancara. Yuk, intip tips sukses menghadapi gangguan di tengah wawancara online.

1. Laptop yang Tiba-Tiba Mati

gangguan wawancara online

sumber: callcenterhelper.com

Untuk mengantisipasi hal seperti itu, nggak ada salahnya kamu meng-install aplikasi Skype atau sejenisnya di smartphonemu. Tetaplah tenang sebelum menjawab panggilan. Tunjukkan kalau kamu nggak termakan emosi meski dihadapkan dengan kondisi tersebut. Hal ini bisa jadi nilai tambah bagimu di mata pewawancara, lho. Karena kamu dianggap bisa bekerja di bawah tekanan. Dan kalau koneksi aplikasi di smartphone nggak terlalu bagus, coba tawarkan wawancara dilanjutkan  lewat telepon.

2. Laptop Nge-Lag atau Freezing

laptop ngelag

sumber: theteenagertoday.com

Duh, tiba-tiba saja wajah sang pewawancara nge-freeze atau nge-lag saat wawancara. Padahal kalian sedang menikmati sesi wawancara bersama. Well, jangan buru-buru panik dulu. Karena mungkin saja sang pewawancara pun mengalami hal serupa. Jangan takut untuk menjelaskan kondisi yang tengah kamu alami dan cobalah menanyakan apakah pihak pewawancara mau memutuskan panggilan dan menghubungimu beberapa menit lagi.

Baca Juga :   Jangan Terjebak! Ini Tips Interview untuk Jawab Pertanyaan Negatif

3. Sambungan Internet Terputus

internet terputus di tengah wawancara

sumber: homesteading.com

Yang namanya teknologi terkadang sama sekali nggak bisa ditebak. Nggak ada yang menjamin koneksi internet berjalan lancar setiap saat. Nah, kalau tiba-tiba saja sambungan internetmu terputus di tengah wawancara, cobalah tunggu beberapa saat hingga pihak pewawancara menghubungimu lagi. Tapi kalau sudah lebih dari lima menit dan tetap nggak ada panggilan masuk dari sang pewawancara, segeralah menghubunginya. Jangan lupa sampaikan maaf karena masalah yang mengganggu.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Mengenal Hyperlocal Influencer Marketing untuk Bisnis Kamu

Creativepreneur and Career

Entrepreneur Day 2022 is Here!

Creativepreneur and Career

Cara Pakai Quora untuk Bisnis Agar Menarik Banyak Audiens

Creativepreneur and Career

Manfaat Virtual Event untuk Bisnis, Penting Banget