leadersingle

6 Wisata di Palembang, dari Lokasi Bersejarah Sampai Instagramable

Dibaca Normal: 4 menit aja
wisata di palembang

Jalan-jalan ke Palembang tidak lengkap kalau belum makan pempek. Selain wisata kuliner, wisata kotanya patut dijelajahi karena punya daya tarik tersendiri. Kamu punya rencana singgah ke kota tertua di Indonesia ini? Berikut kami bagikan deretan destinasi wisata di Palembang yang wajib masuk bucket list liburanmu. Yuk disimak sama-sama!

1. Jembatan Ampera

 

View this post on Instagram

 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Icon… #palembang #sumsel #indonesia

A post shared by Asal Foto (@baseng_jepret) on

 Kalau Jakarta identik dengan Tugu Monas, Palembang identik dengan Jembatan Ampera. Masyarakat di sana menjadikan Jembatan Ampera sebagai salah satu ikon kebanggaan di Kota palembang, karena menghubungkan antara wilayah seberang ulu dan wilayah seberang ilir. Memiliki panjang lebih dari 1000 meter dan lebar 22 meter yang muat untuk 4 jalur kendaraan. Saat berkunjung ke sana, jangan heran kalau sering diadakan pagelaran acara di sekitar kawasan jembatan. Misalnya saat ada konser musik atau acara perayaan malam tahun baru.

2. Masjid Cheng Ho Palembang

 

View this post on Instagram

 

#Repost @rameliavitra • • • • • #Palembang CHENG HO MOSQUE . Aku bermimpi di Indonesia suatu saat terdapat SATU AREA KOMPLEK yang bersebelahan berisi tempat ibadah semua agama YANG WARNA-WARNI. . Misal Masjid Ungu Gereja Kuning Temple Putih Klenteng Merah Dll dll lucu aja gitu~ . Buatku sih, liat warna warni itu efeknya bikin bahagia, ceria, dan bersatu. 👬👫👭 Bisa bakal jadi objek wisata dan prototype toleransi yang seru banget buat milenial milenial club 💗🤗 . (Udah ada sih di Bali, dan beberapa daerah yg punya area tempat ibadah semua agama, luv bgt) . . 📷 Xiaomi mi8-se . #travel #traveling #traveler #wanderlust #instatravel #travelgram #dametraveler #femmetravel #sheisnotlost #darlingescapes #passionpassport #photography #potd #daretoshare #colorful #femmetravel #airasiabig #bigadventures #masjidchengho #masjidchenghopalembang #pink #mosque #acolorstory #explorepalembang #indonesia #palembang

A post shared by SUMSEL KANTAP (@sumselkantap) on

 Masjid Cheng Ho atau yang bernama lengkap Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho ini dibangun atas upaya Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Palembang. Makanya interior di sana menggunakan campuran nuansa Tiogkok. Pada awalnya, masjid ini dibangun dengan tujuan untuk menjaga hubungan baik antara masyarakat keturunan Tionghoa dengan masyarakat Palembang. Nama Cheng Ho diambil dari seorang panglima angkatan laut Tiongkok yang terkenal karena keinginannya untuk membawa kedamaian.

Baca Juga
5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan di Kawasan Wisata Danau Toba

3. Benteng Kuto Besak

 Wisata di Palembang yang berikutnya adalah Benteng Kuto Besak (BKB) yang letaknya menghadap langsung ke Sungai Musi. Lokasinya yang strategis membuat BKB banyak dikunjungi masyarakat setempat, terutama saat malam hari. Para pedagang pasar malam banyak menjajakan dagangannya di sana. Ada berbagai macam kuliner lezat khas Palembang loh. Cocok buat kamu yang doyan jajan. Mengenal sedikit sejarah BKB, awalnya benteng ini dibangun pada tahun 1780. Waktu yang dibutuhkan untuk membangun benteng ini adalah 17 tahun loh. Lama banget!

4. Kampung Kapitan

 

View this post on Instagram

 

. #explorepalembang#palembang#sejarah#rumah#kampungkapitan#7ulu#sungaimusi#historicalbuilding#chinese

A post shared by Zaki’s Property (@interessant.id) on

 Masih di tepian Sungai Musi, ada yang namanya Kampung Kapitan. Di sana terdapat 15 bangunan rumah panggung yang merupakan milik etnis Tionghoa di masa kolonial Belanda. Kampung Kapitan menjadi lokasi wisata bersejarah, karena menjadi area pecinan pertama di Palembang yang penduduknya merupakan warga keturunan Tionghoa. Nama ‘kapitan’ diberikan kepada para petinggi di zaman kerajaan yang bertugas mengurus kepentingan rakyat, seperti pajak dan pernikahan. Saat berkunjung di Palembang, jangan lupa untuk datang ke Kampung Kapitan yah. Selain jalan-jalan, di sana kamu bisa menambah wawasan tentang asal-usul warga Tiongkok di sana.

Baca Juga
6 Wisata Air Terjun di Malang yang Wajib Kamu Jelajahi

5. Pulau Kemaro

 

View this post on Instagram

 

Warna nya kok gemeuuuuuszz ☺️ #explorepalembang #pulaukemaro

A post shared by tika marlia 🌻 (@tikasong) on

 Objek wisata di Palembang yang berikutnya adalah Pulau Kemaro yang merupakan pulau bentukan murni di tengah-tengah Sungai Musi. Dalam bahasa Palembang, ‘kemaro’ memiliki arti kemarau. Nama ini diambil karena Pulau Kemaro tidak pernah kebanjiran meski air Sungai Musi sedang pasang. Selain keindahan arsitekturnya, Pulau Kemaro juga terkenal dengan cerita cinta putri Raja Palembang yang bernama Siti Fatimah dengan Tan Bun An yang merupakan pangeran dari China. Untuk berkunjung ke Pulau Kemaro, kamu harus menyebrang dengan perahu kecil atau speedboat yang ada di dermaga Sungai Musi.

6. Sekanak Sidewalk

 

View this post on Instagram

 

“Pantai palembang emas, kecoak bato” 🎗. . #explorepalembang #livefolkindonesia

A post shared by E D O بن ارداني (@kataedho) on

 Meski tergolong objek wisata di Palembang yang masih baru, tetapi sudah banyak orang yang tertarik mengunjungi Sekanak Sidewalk. Bukan cuma di Surabaya, tetapi di Palembang juga ada loh bangunan warna-warni. Palembang terus menggali potensi objek wisata, salah satunya tepian sungai yang dipoles dengan cat warna-warni. Konsep full color inilah yang menjadi daya tarik pengunjung. Saat berkunjung ke Sekanak Sidewalk, jangan lupa foto-foto yah, karena lokasinya instagramable banget deh. 

Itu dia beberapa objek wisata di Palembang yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke sana. Jangan lupa cicipi kuliner di sana dan oleh-oleh yang dijual di kawasan wisata tersebut. Lumayan buat kenang-kenangan.

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider
Artikel Terkait
Travel

4 Tempat Nongkrong di Jakarta Buat Kamu Para Pecinta Hewan

Travel

Sirkuit Mandalika Menjadi Lintasan MotoGP Terindah di Dunia

Travel

Nongkrong Seru di 4 Cafe Unik dan Instagramable Surabaya

Travel

6 Wisata Air Terjun di Bogor untuk Liburan Akhir Pekan

Travel

4 Aktivitas Seru Wajib Coba di Sekitar Candi Borobudur

Travel

Nikmati Tempat Kemah Layaknya Hotel di Glamping Sukabumi