Indahnya Bunga Tabebuya di Surabaya, Serasa Liburan di Jepang

Dibaca Normal: 4 menit aja
bunga tabebuya

Buat kamu yang punya impian untuk bisa melihat bunga sakura bahkan merasakan suasana bunga sakura di musim gugur, gak perlu jauh-jauh datang ke Jepang karena di Surabaya ada bunga yang tidak kalah cantik dengan sakura yakni, bunga tabebuya. Bunga yang mekar pada pertengahan bulan November lalu ini, jadi keistimewaan masyarakat setempat loh.

Bunga Tabebuya adalah tanaman yang kerap disebut sebagai terompet emas dengan berbagai warna seperti putih, merah muda, kuning, magenta, plum, dan merah. Tanaman ini memiliki nama latin Handroanthus chrysotrichus dan berasal dari Brazil, Amerika Latin. Meskipun begitu, tabebuya dapat tumbuh di Indonesia loh, karena dalam habitat aslinya, bunga tabebuya dapat hidup di iklim kering sehingga cocok dengan iklim di Indonesia. 

Pada musim berbunganya, tabebuya mampu menghasilkan jumlah bunga yang sangat banyak pada awal musim kemarau sampai menjelang musim hujan. Cara merawatnya pun tergolong mudah, karena memiliki ketahanan terhadap hama yang tinggi dengan melakukan manipulasi pola pemupukan. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Perkembangan Bunga Tabebuya di Surabaya

Bunga tabebuya sudah ditanam di Surabaya sejak 10 tahun yang lalu, tepatnya tahun 2010 oleh UPTD Taman Surabaya Dinas Kesehatan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH). Seperti yang sudah kami sampaikan di atas bahwa bunga tabebuya berasal dari Brazil, lain halnya dengan bunga tabebuya di Surabaya, karena didatangkan dari tempat-tempat pembibitan yang ada di Kediri, Tulungagung, dan Malang.

bunga tabebuya

Bunga tabebuya di Surabaya (sumber: indozone.id)

Penanaman tabebuya memang diperuntukkan untuk menghiasi hampir semua jalan protokol di Surabaya. Alasan utama kenapa bunga ini dipilih yakni karena memiliki struktur ranting yang rindang dan batang yang kuat, sehingga digemari burung sebagai tempat berhinggap. Selain itu, perawatan tabebuya tergolong mudah dilakukan. Warna bunganya yang indah juga menjadi salah satu alasan kenapa bunga ini ditanam, karena terbukti dapat menjadi daya tarik banyak wisatawan dan menjadi viral di media sosial.

Sebenarnya jauh sebelum bunga tabebuya di Surabaya viral, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sudah melakukan budidaya bunga tabebuya loh, mulai dari yang warna kuning, putih, sampai pink. Memang, budidaya yang dilakukan oleh Pemkot belum begitu besar, namun telah ditanam di taman-taman kota. Lain halnya dengan bunga tabebuya yang ada di beberapa ruas jalan protokol Surabaya, karena membutuhkan ukuran yang lebih besar lagi supaya teduh.

Baca Juga
4 Aktivitas Seru Wajib Coba di Sekitar Candi Borobudur

Kapan Bunga Tabebuya Mekar?

Buat kamu yang tertarik menghabiskan liburan di kawasan yang tertanam bunga tabebuya, kamu perlu tahu nih kapan saja bunga ini mekar. Umumnya bunga ini akan mekar dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan April dan November alias saat musim hujan. Ketika tertiup angin, bunga ini akan berguguran yang membuat seakan-akan kamu melihat bunga sakura berguguran di Jepang. 

Maka dari itu datanglah di waktu yang tepat, karena momen-momen indah seperti ini hanya datang di waktu tertentu. Jika beruntung, kamu dapat melihat berbagai varian warna bunga tabebuya. Ada banyak sekali, tapi yang paling umum kamu temukan di surabaya adalah warna kuning, putih, dan pink. Semuanya dapat kamu temukan di hampir semua jalan protokol di Surabaya dan yang paling unik, setiap jalan memiliki variasi warna bunga yang berbeda-beda.

Artikel Terkait
Travel

6 Wisata di Palembang, dari Lokasi Bersejarah Sampai Instagramable

Travel

Tips Membuat Bucket List Biar Liburan Tidak Wacana Doang

Travel

5 Destinasi Wisata Super Prioritas Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Travel

5 Tempat Glamping di Bandung yang Patut Dikunjungi

Travel

6 Wisata Air Terjun di Malang yang Wajib Kamu Jelajahi

Travel

4 Tempat Nongkrong di Jakarta Buat Kamu Para Pecinta Hewan

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>