Travel

7 Destinasi Wisata Surabaya yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan di 2021!

destinasi wisata surabaya

Surabaya menjadi salah satu kota yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Jawa Timur. Kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta ini merupakan kota metropolitan terbesar di provinsi tersebut sehingga identik dengan kehidupan masyarakat modern. Makanya nggak jarang kamu akan menemukan pusat perbelanjaan besar di sana. Selain mall, ada juga loh, pemandangan kota yang asri dan kuliner yang menggoyang lidah khas Surabaya. Buat kamu yang punya rencana liburan di Kota Pahlawan ini, kami punya beberapa rekomendasi destinasi wisata Surabaya menarik yang patut dikunjungi!

1. Hutan Bambu Keputih

Nggak perlu jauh-jauh datang ke Jepang untuk menikmati keindahan hutan bambu, karena di Surabaya pun kamu bisa menemukannya. Selama pemerintahan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, beliau melakukan berbagai macam usaha untuk melakukan penghijauan, sehingga saat ini banyak taman dan hutan di sepanjang jalan.

Taman dan hutan ini juga dijadikan sebagai tempat wisata oleh masyarakat setempat dan masyarakat luar kota. Salah satunya adalah destinasi wisata Surabaya, Hutan Bambu Keputih yang berlokasi di Jalan Raya Marina Asri, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Namun siapa sangka kalau hutan bambu yang menjadi daya tarik wisatawan ini dulunya merupakan tempat pembuangan akhir (TPA) sejak tahun 1970. Barulah pada tahun 2000-2001 Pemerintah Kota Surabaya menutup TPA tersebut dan memindahkannya ke daerah Benowo. Lahan kosong bekas TPA kemudian ditanami dengan bibit bambu sampai akhirnya menjadi Hutan Bambu Keputih yang kita kenal sekarang. Selain bambu, di taman ini kamu dapat menemukan berbagai jenis bunga, seperti bunga mawar dan bunga matahari. Makanya lokasi ini kerap menjadi spot foto pre wedding atau sekadar selfie untuk feed Instagram yang keren.

2. Mangrove Wonorejo

Masih nuansa hutan, destinasi wisata Surabaya yang berikutnya adalah Mangrove Wonorejo yang berlokasi di alamat Jalan Raya Wonorejo No.1, Kec. Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur. Wisata mangrove ini juga sering disebut dengan Mangrove Gunung Anyar karena lokasinya yang memang berada di kawasan Gunung Anyar.

Pada awalnya kawasan hutan mangrove ini dibangun oleh lembaga masyarakat Wonorejo untuk mengatasi abrasi. Setelah diambil alih oleh pemerintah lokal, kawasan ini terus dikembangkan sehingga nggak hanya berpotensi sebagai tempat wisata, tetapi juga sebagai tempat perlindungan untuk satwa liar.

Untuk menuju ke pusat hutan, kamu bisa menggunakan perahu atau speedboat yang disewakan di sana. Harga perahu lebih murah, yakni kisaran Rp25.000 untuk dewasa dan Rp15.000 untuk anak-anak. Sedangkan speedboat dibanderol dengan harga Rp300.000 per kapal yang dapat menampung 6 orang.

Selain biaya parkir dan perahu, kamu nggak perlu mengeluarkan uang lagi, karena untuk menikmati keindahan Mangrove Wonorejo itu gratis. Meski gratis tapi kamu harus tetap menjaga kelestarian hutannya dengan nggak merusak dan membuang sampah sembarangan. Jangan lupa foto, dan edit-edit ala polaroid kalau kamu mengunjungi wisata ini!

Baca Juga :   Indahnya Bunga Tabebuya di Surabaya, Serasa Liburan di Jepang
About author

Related posts
Travel

7 Negara Tertua di Dunia yang Cocok Buat Destinasi Liburanmu Selanjutnya

Travel

9 Tips Mendaki Gunung untuk Pemula, Nggak Cuma Eksis Tapi Juga Safety!

Travel

Virtual Tour di YouTube Buat Traveling Seru dari Rumah Saja

Travel

Ingin Jalan-Jalan Aman? Simak Tips Traveling Selama Pandemi COVID-19