Travel

7 Negara Tertua di Dunia yang Cocok Buat Destinasi Liburanmu Selanjutnya

negara-tertua-di-dunia

Dunia ini luas banget, ada banyak tempat keren yang bisa kamu datangi. Mulai dari pantai-pantai eksotis nan cantik, daerah pegunungan dengan pesona tersembunyi, kota-kota modern dengan daya tariknya yang kece abis, hingga negara-negara tertua di dunia yang menawarkan sisi uniknya sendiri.

Nah, buat kamu-kamu yang hobi banget mengunjungi tempat-tempat ajib untuk nikmatin suasana baru dan tentu aja foto-foto, deretan negara tertua berikut ini wajib banget dikunjungi! Selain bisa belajar sejarah, karena ada negara yang didirikan bahkan ribuan tahun sebelum Masehi, pemandangannya juga wow banget! Dijamin bikin feed Instagram-mu makin stunning.

Negara apa aja?

1. Mesir (Sekitar 3.100 SM)

mesir-negara-tertua-di-dunia

Mesir dengan segala kekayaan wisata sejarahnya (Sumber: holidacious.co.uk)

Inilah Mesir, yang diklaim sebagai negara pertama di dunia. Disebut-sebut sebagai negara tertua di dunia, peradaban Mesir diketahui bisa ditelusuri hingga 6000 SM, lho.

Penduduk Mesir di era tersebut, masih merupakan sekelompok pemburu yang bertempat tinggal di lembah Sungai Nil. Tapi meski begitu, diketahui baru pada 3100 SM dinasti pertama Mesir dimulai. Adalah seorang raja bernama Raja Menes yang berjasa menyatukan Mesir bagian atas dan bawah.

2. China (Sekitar 2070 SM)

china

China dengan wisatanya yang tak pernah habis (Sumber: worldtravelservice.com)

Selanjutnya ada Negara China. Dinasti Xia adalah dinasti pertama yang ditemukan sekitar tahun 2070 – 1600 SM. Awalnya nggak ada bukti tertulis yang bisa membuktikan kebenaran tersebut, selain kisah-kisah dongeng tua. Hingga akhirnya keberadaan Dinasti Xia terkuak dalam penggalian yang dilakukan tahun 1960 – 1970-an.

Dinasti Qing adalah dinasti terakhir yang terpaksa harus digantikan dengan sistem republik yang mulai dibentuk pada tahun 1912.

3. India (Sekitar 1500 SM)

india-negara-tertua-di-dunia

India selalu menarik dan seru untuk dikunjungi (Sumber: scroll.in)

Tahu nggak, kalau wilayah anak benua India udah ramai ditinggali sejak tahun 3300 SM, seiring dengan dimulainya Peradaban Lembah Indus? Namun, India sebagai negara baru dibentuk sekitar tahun 1500 – 600 SM. Masa ini dikenal sebagai Periode Veda. Janapadas adalah kerajaan pertama yang terbentuk sekitar 1200 SM. Pemerintahannya bertahan hingga akhir Periode Veda.

Begitu Periode Veda berakhir, muncul berbagai agama di India, mulai dari Hindu, Budha dan Jainisme. Sementara India modern baru berdiri di tahun 1947 usai merdeka dari jajahan Kerajaan Inggris.

Baca Juga :   Kenapa Milenial Hobi Travelling? Bukan Sekadar Tren Loh..
About author

Related posts
Travel

Indahnya Bunga Tabebuya di Surabaya, Serasa Liburan di Jepang

Travel

5 Tempat Glamping di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Travel

7 Destinasi Wisata Surabaya yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan di 2021!

Travel

9 Tips Mendaki Gunung untuk Pemula, Nggak Cuma Eksis Tapi Juga Safety!