Sirkuit Mandalika Menjadi Lintasan MotoGP Terindah di Dunia

Dibaca Normal: 3 menit aja
sirkuit mandalika

Ajang perlombaan MotoGP 2021 rencananya akan digelar di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat loh. Segala persiapan sudah mulai dilakukan, salah satu yang paling dinanti-nanti adalah pembangunan Sirkuit Mandalika yang rencananya akan rampung pada tahun 2020 mendatang.

Seperti yang sudah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo, Mandalika masuk ke dalam salah satu daftar destinasi wisata super prioritas Indonesia. Meskipun masih dalam tahap pembangunan dari segi infrastrukturnya, tetapi keindahan alam di sana sudah mampu mencuri perhatian banyak wisatawan. 

Mandalika yang telah diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ini rencananya akan dijadikan sebagai tempat pertandingan MotoGP pada 2021 mendatang. Hingga saat ini pemerintah masih terus melakukan penyempurnaan sirkuit sampai semuanya clear dan layak untuk dijadikan sebagai lokasi balapan. 😎

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Buat kamu yang berencana menonton event internasional ini secara langsung, ada beberapa informasi penting seputar Sirkuit Mandalika yang mesti kamu ketahui nih. Mari simak artikel berikut, GenK.

Dikontrak MotoGP Selama Lima Tahun Kedepan

sirkuit mandalika

Sirkuit Mandalika (sumber: kompas.com)

Untuk menyambut ajang bergengsi MotoGP, pemerintah sedang menyiapkan sirkuit yang memiliki lintasan sepanjang 4.31 kilometer dengan 17 tikungan. Lintasan ini letaknya di jalan raya dengan pemandangan di sisi kanan dan kirinya. 

Kebayang gak tuh betapa indahnya lintasan tersebut? Belum lagi Mandalika terkenal dengan wisata pantainya yang indah nan eksotis.

Selama lima tahun kedepan, sirkuit ini telah mendapat kontrak dari MotoGP untuk dijadikan sebagai tuan rumah pertandingan. Bangga banget, GenK! 😍

Baca Juga
5 Destinasi Wisata Mandalika Lombok yang Memesona

Tribun di atas Bukit

sirkuit mandalika

Ilustrasi tribun di Sirkuit MotoGP Mandalika (sumber: fanclubvalentinorossi.net)

Uniknya, apabila kamu menonton MotoGP di Mandalika, kamu akan duduk di tribun yang terletak di atas bukit. Berarti gak cuma melihat pertandingan antar pembalap dunia, kamu juga bisa menikmati panorama alam di sana. 

Gak tanggung-tanggung, tribun di sana mampu menampung hingga 150.000 penonton loh. Pantas saja untuk pembuatan Sirkuit Mandalika membutuhkan sekitar 7.500 pekerja dengan 300 orang di antaranya merupakan putra daerah. 😊

Menjadi Sirkuit Terindah di Dunia

sirkuit mandalika

Bunga bougenville (sumber: flickr.com)

Dua petinggi Dorna Sport, yaitu CEO Carmelo Ezpeleta dan Sporting Director Carlos Ezpeleta sempat datang berkunjung ke Sirkuit Mandalika. Pada kunjungan tersebut, Carlos sempat memuji lokasi sirkuit yang sangat indah. 

Apalagi di sana nantinya akan dihiasi dengan jutaan Bunga Bougenville yang tentunya akan menambah keindahan. Tak lupa adanya pemandangan alami dari gunung dan lautan yang memanjakan mata. 

Ini menjadi cara yang cerdas untuk mempromosikan Indonesia, terutama Mandalika Lombok.

Baca Juga
4 Spot Wisata Labuan Bajo yang Wajib Kamu Kunjungi

Perkembangan Sirkuit MotoGP Mandalika

Sirkuit Mandalika di Lombok masih terus dibangun sampai akhirnya mampu memenuhi syarat lintasan pertandingan MotoGP. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengembang dan pengelola kawasan pariwisata Indonesia terus memberikan informasi terkini seputar perkembangan Sirkuit MotoGP Mandalika.

Seperti yang ditulis di akun Instagram ITDC (@itdc_id), saat ini land clearing sudah mencapai 98.26%, pemagaran sudah lebih dari 71.90%, dan galian tanah untuk jalan sirkuit sudah lebih dari 54.65%.

Saat ini juga sedang dilakukan penimbunan tanah untuk meningkatkan daya dukung tanah yang sesuai dengan spesifikasi teknis. Bagian ini menjadi sangat penting karena akan menentukan rata dan padatnya jalanan. Proses pengerjaan ini direncanakan akan selesai pada Juni 2020 mendatang.

Untuk pengaspalan sendiri akan segera dilakukan pada Januari 2020 sampai Desember 2020. Biasanya sih pengaspalan hanya memerlukan waktu 8 bulan, tapi karena adanya standar yang tinggi, pengaspalan akan berlangsung kira-kira selama 12 bulan lamanya, GenK. Tunggu sedikit lagi yah. 😁


Simpulan

Gak cuma menonton pertandingan MotoGP, kamu dapat berkunjung ke berbagai destinasi wisata Mandalika Lombok yang memesona. Selain Mandalika, kami juga pernah membahas destinasi pariwisata Indonesia lainnya yang patut dikunjungi. Nah, jangan sampai ketinggalan update artikel terbaru seputar industri kreatif di blog kami yah. Pantengin terus, GenK.

Polling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Travel

6 Destinasi Wisata Pantai di Makassar yang Memesona

Travel

5 Destinasi Wisata Super Prioritas Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Travel

4 Aktivitas Seru Wajib Coba di Sekitar Candi Borobudur

Travel

4 Spot Wisata Labuan Bajo yang Wajib Kamu Kunjungi

Travel

5 Destinasi Wisata Semarang yang Patut Kamu Sambangi

Travel

6 Wisata Air Terjun di Malang yang Wajib Kamu Jelajahi

Quizzes

Slider
      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>