Travel

9 Tips Mendaki Gunung untuk Pemula, Nggak Cuma Eksis Tapi Juga Safety!

tips-mendaki-gunung-untuk-pemula

Belakangan ini kegiatan mendaki gunung nggak cuma dilakukan para pecinta alam. Banyak muda-mudi dari kalangan pelajar maupun mahasiswa yang mengikuti tren satu ini. Bahkan mereka yang sama sekali belum punya pengalaman mendaki gunung sebelumnya. Nah, kalau kamu tertarik mendaki gunung untuk pertama kalinya, berikut ini 9 tips mendaki gunung yang wajib kamu perhatikan agar aman dan tetap bisa menikmati keindahan alam yang terhampar di sekitarmu. Apa saja?

1. Latih Keseimbangan dan Kekuatan Otot Kaki

tips-mendaki-gunung-latihan-otot-kaki

Latihan otot kaki sebelum mendaki (Sumber: runnersworldonline.com.au)

Jangan asal mendaki, apalagi kalau ini adalah yang pertama bagimu. Pastikan jauh sebelum hari H kamu melatih kekuatan fisik. Latihan terpenting untuk pendaki pemula adalah keseimbangan dan kekuatan otot kaki. Tips mendaki gunung untuk pemula ini penting dilakukan agar fisikmu siap dan nggak kaget saat berhadapan langsung dengan medan menanjak.

2. Konsumsi Makanan Sehat dan Jaga Kesehatan

konsumsi-makanan-sehat

Makanan sehat untuk persiapan fisik (Sumber: raisingchildren.net.au)

Kesehatan adalah poin penting yang harus kamu perhatikan jika mau menaklukkan gunung untuk kali pertama. Mustahil kamu bisa mendaki gunung sampai titik akhir kalau kondisi fisikmu nggak fit.

Selain itu, jika kamu memaksakan diri mendaki ketika kurang sehat justru menghambat pendaki lain karena harus memperhatikanmu yang ngeluh capek atau sakit terus.

3. Siapkan Perlengkapan Penting untuk Mendaki

perlengkapan-mendaki

Siapkan perlengkapan mendakimu (Sumber: shopify.com)

Selain fisik, persiapan peralatan mendaki juga nggak boleh dilewatkan. Pastikan kamu membawa barang-barang penting saja. Jangan hanya memikirkan mau eksis, lalu kamu asal memilih apa yang akan dibawa.

Ingat, mendaki gunung nggak melulu dipenuhi dengan pemandangan indah dan cerita manis. Ada banyak hal nggak terduga yang bisa terjadi di tengah perjalananmu nanti. Jadi ada baiknya kamu ikuti setiap tips mendaki gunung agar tetap aman dan selamat.

Baca Juga :   Gunung atau Pantai, Ini Tempat Liburan Terbaik Untukmu!
About author

Related posts
Travel

Indahnya Bunga Tabebuya di Surabaya, Serasa Liburan di Jepang

Travel

5 Tempat Glamping di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Travel

7 Destinasi Wisata Surabaya yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan di 2021!

Travel

7 Negara Tertua di Dunia yang Cocok Buat Destinasi Liburanmu Selanjutnya