Travel

Ingin Jalan-Jalan Aman? Simak Tips Traveling Selama Pandemi COVID-19

tips traveling selama covid-19

Amankah kita untuk pergi traveling lagi? Untuk saat ini, memang bepergian bisa meningkatkan risiko penularan COVID-19. Namun, melihat kondisi new normal kini, di mana aktivitas mulai kembali berjalan pelan-pelan mengikuti protokol kesehatan, berbagai tempat wisata pun sudah bisa dikunjungi lagi. Artinya, kamu boleh jalan-jalan ke destinasi yang berada agak jauh dari rumahmu. Akan tetapi, jangan lupa untuk selalu memperhatikan tips traveling aman selama pandemi COVID-19.

Memperhatikan Hal-Hal Penting Selama Bepergian

mencucin tangan yang baik dan benar

sumber: pexels.com

Seperti dihimbau oleh The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) yang dikutip dari MayoClinic, berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan selama traveling di masa pandemi:

  • Menjaga jarak 2 meter dengan orang lain sebisa mungkin.
  • Hindari kontak langsung dengan siapapun yang sedang sakit.
    Batasi kontak dengan permukaan yang sering disentuh, seperti pegangan tangan di tangga, tombol lift dan kios atau warung. Jika kamu harus menyentuh permukaan apapun seperti yang disebutkan tadi, maka gunakan hand sanitizer atau cuci tanganmu setelahnya.
  • Selalu kenakan masker wajah berbahan kain.
  • Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut.
  • Tutupi mulut saat batuk dan bersin dengan siku tangan bagian dalam.
  • Cuci dan bersihkan tangan sesering mungkin. Ini sangat penting terutama setelah kamu ke kamar mandi, sebelum makan dan setelah batuk, bersih atau mendengus untuk membersihkan bagian dalam hidung.
    • Seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air minimal selama 20 detik.
    • Jika tidak ada sabun dan air, maka gunakan hand sanitizer yang mengandung minimal 60% alkohol. Aplikasikan di seluruh permukaan tangan dan gosok-gosok kedua tanganmu dengan sanitizer hingga itu terasa kering di tanganmu.

Memahami Protokol Kesehatan Saat di Hotel atau Penginapan

traveling aman selama pandemi covid-19

sumber: pexels.com

Sebelum pergi, akan lebih baik jika kamu mengecek dahulu hotel tempat kamu akan menginap. Perhatikan protokol kesehatan seperti apa yang mereka lakukan untuk melindungi tamu pengunjungnya. Namun, kamu sendiri juga perlu menerapkan kebiasaan penting selama traveling seperti berikut:

Baca Juga :   Siap ke Kantor Saat ‘New Normal’? Jangan Lupakan Barang Wajib Ini
  • Memastikan staf hotel selalu membersihkan area publik, lift, semua kamar, serta persiapan penyajian makanan dan tempat laundry.
  • Social distancing wajib kamu lakukan terutama di lobi, di meja resepsionis dan area parkir.
  • Selalu memakai masker. Pastikan juga staf hotel selalu mengenakan masker. Tamu-tamu yang lain juga selayaknya pakai masker. Jika ada yang tidak, maka pastikan selalu jaga jarak 2 meter dari mereka.
  • Lakukan pembayaran tanpa kontak langsung dengan resepsionis atau kasir.
  • Rajin cuci tangan atau memakai hand sanitizer sebelum dan setelah melakukan aktivitas, terutama yang membuatmu harus menyentuh permukaan yang sering disentuh banyak orang.
About author

Related posts
Travel

Indahnya Bunga Tabebuya di Surabaya, Serasa Liburan di Jepang

Travel

5 Tempat Glamping di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Travel

7 Destinasi Wisata Surabaya yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan di 2021!

Travel

7 Negara Tertua di Dunia yang Cocok Buat Destinasi Liburanmu Selanjutnya