Creativepreneur and Career

Tren Digital Marketing 2022, Yuk Intip!

Buat yang punya usaha sendiri pasti menyadari betul pentingnya digital marketing. Kalau digunakan dengan tepat, ini bisa memperluas jangkauan bisnis kita. Biayanya pun bisa lebih rendah dibandingkan cara promosi tradisional! Yang jelas, digital marketing itu selalu berevolusi. Jadi seperti apa sih tren digital marketing di tahun 2022? Yuk cari tahu di sini, siapa tahu kamu bisa gunakan salah satunya.

Tim Marketing Harus Up to Date

Sumber Gambar : stateofdigital.com

Seperti yang sudah disinggung di atas, digital marketing itu selalu berevolusi. Jadi usahamu harus punya tim marketing yang memang bisa diandalkan. Mereka haruslah yang bisa selalu up to date terhadap tren. Tim marketing juga sebaiknya berpikiran terbuka. Jadi kalau ada perubahan yang sangat cepat bisa beradaptasi dengan mudah.

Meski ada orang yang sangat pintar dalam marketing tapi mereka nggak bisa menerima perubahan, ini bakal jadi ganjalan ke depan. Karena apa pun bentuknya, marketing itu selalu berkembang. Pastikan juga tim marketing bisa memadukan tren terbaru dengan strategi yang tepat.

Video Adalah Alat Marketing yang Efektif

tren digital marketing 2022

Sumber Gambar : buffer.com

Nggak bisa dipungkiri kalau video bisa jadi konten promosi yang efektif banget. Video bisa diunggah di berbagai jenis media sosial dan disebarkan dengan mudah. Menariknya, cara promosi dengan menyebarkan video ini hampir-hampir tanpa biaya! 

Tentu saja untuk merekam videonya sendiri butuh biaya. Tapi untuk mengunggah dan menyebarkannya hampir tak ada biayanya. Apalagi jika dibandingkan dengan promosi tradisional di mana kita harus pasang iklan di televisi atau menayangkan video di billboard dan lain sebagainya. 

Satu metode konten video yang efektif adalah “show don’t tell”. Maksudnya adalah lebih baik sampaikan pesan lewat video, nggak perlu caption. Karena jaman sekarang lebih banyak orang yang lebih suka memperhatikan isi video, bukannya caption. Cara mengedit video juga selalu berkembang. Jadi pastikan tim kamu selalu mengikuti tren. 

Ada lagi satu hal yang penting soal promosi lewat video di media sosial adalah interaksi dengan audiens. Lebih baik ada interaksi entah lewat Like, Comment, dan Share daripada audiens hanya sekedar menonton saja. 

Isi Konten Penting Banget

tren digital marketing 2022

Sumber Gambar : code95.com

Menghabiskan modal yang banyak dan menggunakan strategi marketing yang tepat nggak langsung menjamin usaha kamu sukses. isi konten tetap jadi yang paling penting. Kebanyakan promosi yang berhasil adalah jika isi konten berkaitan dengan audiens atau konsumen. 

Kalau isi konten kita menawarkan sesuatu yang bisa membantu konsumen, bisa mendampingi mereka mencapai gol, atau membuat mereka dan komunitasnya menjadi lebih baik, biasanya inilah konten yang dianggap sukses. Audiens mencari sesuatu yang berguna bagi mereka, jadi nggak semuanya harus tentang kita dan usaha kita.

Marketing dari Mulut ke Mulut Tetap Penting

tren digital marketing 2022

Sumber Gambar : cloudfront.net

Ini memang bukan hal baru, tapi tetap bakal jadi tren digital marketing yang efektif di tahun 2022. Marketing dari mulut ke mulut bukan masalah menyebarkannya sampai jauh, tapi siapa yang membicarakan produk atau usaha kita. Caranya adalah memilih influencer yang tepat dengan produk atau servis yang kita tawarkan.

Ya, di tahun 2022 keberadaan influencer masih penting banget. Kalau bisa, pilihlah influencer yang sesuai dengan apa yang kita tawarkan. Jumlah follower mereka memang penting, tapi lebih penting lagi interaksi mereka dengan audiens. Jangan lupa pastikan mereka benar-benar bisa membicarakan dan mewakilkan produk atau servis kita dengan baik. 

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Sukses Bikin Video ASMR Eating di YouTube untuk Pemula

Creativepreneur and Career

6 Ide Konten Tanpa Wajah, Cocok untuk Introvert yang Ingin jadi YouTuber

Creativepreneur and Career

7 Pekerjaan Part Time Bidang Musik yang Cocok untuk Mahasiswa atau Pegawai Kantoran

Creativepreneur and Career

Jurusan yang Harus Kamu Ambil Kalau Ingin jadi Game Designer