Quiz

Tren Digital Marketing untuk Pasar Lokal yang Perlu Kamu Ketahui

tren-digital-marketing-untuk-pasar-lokal

Percayalah, dalam dunia bisnis, yang namanya tren marketing itu datang dan pergi jauh lebih cepat daripada pengemudi Nascar melesat di pitstop. Dan untuk memasukkan semuanya dalam daftar adalah tantangan besar. Apalagi menentukan mana yang akan kamu terapkan dalam bisnismu sendiri. Tapi untungnya beberapa menawarkan keuntungan yang lebih menonjol dibandingkan dengan yang lainnya. So, kamu bisa menggunakannya untuk mengembangkan bisnis. Untuk kamu-kamu para pengusaha atau pebisnis lokal, sebaiknya perhatikan 5 digital marketing untuk pasar lokal berikut:

Media Sosial

tren digital marketing untuk pasar lokal

Media Sosial (Sumber : kompasiana.com)

Sejak tahun 2020, di mana TikTok meledak hanya dalam waktu semalam dan menjadi tren di setiap generasi, kita menyaksikan secara jelas betapa segalanya bisa terjadi di dunia media sosial. Nah, dengan memperhatikan tren media sosial di tahun 2021 akan membawa perbedaan yang sangat besar dalam kesuksesan dalam beberapa bulan ke depan.

Well, sebagian besar dari kita mungkin hanya melihat bahwa media sosial sebagai tempat untuk terkoneksi dengan pelanggan, follower, teman dan keluarga dari berbagai negara di seluruh dunia. Tapi ada aspek yang berkaitan dengan marketing lokal. Contohnya adalah gimana kita bisa menyesuaikan iklan media sosial untuk wilayah atau kota tertentu dan hanya menargetkan orang-orang dengan alamat yang terdaftar di wilayah tersebut.

Kamu bisa menjangkau audiens dengan lebih efektif melalui konten spesifik.

SEO

SEO (Sumber : compose.ly)

Nggak dipungkiri lagi, Search Engine Optimization atau SEO, merupakan tren digital marketing yang wajib banget diikuti pengusaha di era serba canggih seperti sekarang. Dengan SEO, kamu bisa membawa situs web-mu ke urutan teratas dalam mesin pencari populer, seperti Google, Yahoo atau Bing.

Semakin bagus SEO-mu, maka semakin besar peluangnya untuk muncul di halaman penelusuran. Jadi, kesempatanmu untuk terlihat oleh calon pelanggan yang tertarik pun akan semakin terbuka lebar, guys. Yang perlu kamu ingat adalah, dunia promosi SEO terus mengalami perubahan. Jadi, rajin-rajinlah mengamati mana yang sedang tren.

Transparansi Perusahaan

Transparansi Perusahaan (Sumber : incimages.com)

Peristiwa global yang terjadi pada tahun 2020 membawa guncangan yang cukup besar dalam dunia bisnis. Dan sekali pun suatu saat nanti, ketika pandemi berakhir, beberapa tren akan ikut berakhir, namun sebagian akan tetap eksis. Salah satunya adalah meningkatnya kebutuhan konsumen akan transparansi perusahaan. Mereka ingin tahu seperti apa brand yang mereka pakai dan langkah apa yang harus diambil ketika orang lain mulai berpaling dari merek tersebut.

Baca Juga :   Jangan Ngaku Kamu Penggemar Boruto Kalau Belum Jawab Kuis Ini!

Transparansi merupakan hal yang penting dalam marketing untuk pasar lokal, sama halnya untuk pemasaran nasional dan global. Sebaiknya hindari memasang ‘senyuman’ palsu hanya karena kamu ingin menyenangkan banyak orang.

Artificial Intelligence

tren digital marketing untuk pasar lokal

AI (Sumber : medium.com)

Masa depan tengah dibangun di atas kecerdasan buatan. Dan ini benar-benar terjadi, lho, guys, nggak cuma ada dalam film sci-fi doang. Artificial Intelligence alias AI lebih diunggulkan karena mereka bisa bekerja lebih keras daripada manusia. Selain itu, mereka juga nggak pernah lelah.

Perusahaan yang menggunakan AI akan mendapat keunggulan dalam marketing. Karena dengan kamu menggunakan AI, kamu akan bisa mengumpulkan dan menganalisis data secara real-time untuk memilih tren konsumen. Nggak cuma untuk tingkat nasional dan global saja, tapi juga di tingkat lokal.

Bahkan kamu juga bisa memanfaatkan chatbot, salah satu versi AI, yang berperan untuk mengarahkan pelanggan dari situs web-mu ke toko lokal dan juga membantu mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan.

Video

tren digital marketing untuk pasar lokal

Video (Sumber : techsitebuilder.com)

Yups, nggak perlu dipertanyakan lagi, dalam strategi pemasaran, video merupakan raja konten. Meski begitu, tren dalam video marketing terus berubah dari masa ke masa. Jika pada tahun 2020, semua video pendek yang paling menarik perhatian audiens yang lagi cuci mata secara online, kini trennya sudah berubah. Dan mau nggak mau kamu harus bersiap-siap untuk menghadapi gelombang baru ini, guys.

Catat, bahwa sekarang iini adalah eranya video langsung, di mana model tersebut dapat menciptakan koneksi yang lebih hangat dan dekat dengan para penonton.

Itulah tren dalam digital marketing untuk pasar lokal yang perlu kamu ketahui sekarang. Well, kita nggak akan pernah tahu manakah tren digital marketing yang paling efektif untukmu hingga kamu mencobanya.

About author

Related posts
Quiz

Kami Bisa Tau Seberapa Naifkah Dirimu Dari Kuis Ini!

Quiz

Kami Bisa Tau Apakah Kamu Tipe Orang Yang Sering Mengumbar Janji Atau Tidak

Quiz

Kami Bisa Tau Bahasa Cintamu Dari Kuis Ini!

Quiz

Coba Cek Seberapa Logis Kamu Dengan Jawab Kuis Ini!