Fotografi

Simak Tren Fotografi 2020 Biar Fotomu Dapat Banyak Like

tren fotografi 2020

Kamu suka memposting foto Instagram? Apalagi, kalau kamu memang mengelola bisnis online kemudian menggunakan Instagram sebagai media promosi. Tentu kamu perlu kreatif dalam mengambil foto. Terkadang, bukan subjek fotonya yang harus bagus, melainkan cara kamu memotret. Maka dari itu, kamu perlu tahu tren fotografi yang hype banget di tahun 2020 ini. Setidaknya, ini bisa jadi referensi dalam memotret foto agar hasilnya makin terlihat keren. Yuk, simak tren foto ini selengkapnya!

Ugly candid photography

tren ugly candid

sumber: tumblr.com

Tren fotografi candid merupakan salah satu yang paling populer di Instagram. Fotonya diambil dalam momen ketidaksengajaan sehingga kesannya alami. Biasanya ini menciptakan estetika tersendiri yang membuat foto tersebut kelihatan asyik. Ugly candid nggak harus merupakan foto dengan pose jelek atau nyeleneh, kok. Simply foto candid saja seperti biasanya. Foto ini tidak pernah gagal menjadi tren.

Vertical shots only

teknik fotografi vertical shot

sumber: shutterstock.com

Orang-orang sekarang berbelanja, berkirim pesan chat, membaca konten dan melakukan hal lainnya dengan menggunakan smartphone. Jadi, kamu bisa mencoba teknik fotografi yang bakal enak dilihat ketika fotonya diposting di website. Foto vertikal adalah pilihan tepat karena membuat mata nyaman melihatnya sambil terus scroll layar smartphone ke bawah. Fotonya juga cocok untuk kamu unggah di media sosial.

Aerial photography

aerial fotografi

sumber: abc7.com

Kalau kamu kamu membuat  feed Instagram kamu mencolok di antara jutaan pengguna lainnya, kamu bisa gunakan sudut pandang yang berbeda. Fotografi aerial berarti kamu memotret subjek dari lingkungan sekitarmu sehari-hari, misalnya seperti kemacetan lalu lintas, kawasan perumahan. Namun, gunakan sudut yang berbeda, misalnya jauh dari atas sehingga menciptakan feel yang kuat.

Honest close-ups

tren honest close up

sumber: unsplash.com

Pada abad ke-19, ide fotografi yaitu memotret objek yang benar-benar bisa dilihat di depan mata. Nah, seabad kemudian, perkembangan teknologi ikut mengubah konsep tersebut. Kini, tren fotografi yang populer adalah telling stories. Jadi, kamu memotret subjek foto dari jarak sangat dekat, agar bisa menangkap emosinya sehingga itu bisa ikut dirasakan oleh orang yang melihatnya.

Short atmospheric videos

short atmospheric video

sumber: azocleantech.com

Tren fotografi ini hype banget di Instagram. Tujuannya untuk berbagi atmosfer suatu event atau sebuah tempat melalui video pendek. Jadi, suasananya terasa nyata banget. Sebab, audiens kamu tidak hanya bisa melihat foto saja, tapi juga video yang bergerak, seakan-akan mereka benar-benar merasakan pengalamannya langsung bersamamu, di lokasi tersebut.

Cyberpunk aesthetic

tren cyber punk fotografi

sumber: unsplash.com

Terinspirasi dari game Cyberpunk 2077 yang baru akan dirilis pada sekitar akhir tahun 2020, tren fotografi ini menggunakan vibe cyberpunk yang estetik. Kamu akan memainkan warna-warna neon dan mengubah tampilan sebuah lokasi yang sudah ada menjadi dystopian. Contohnya, kawasan apartemen dan gedung-gedung pencakar langit yang terlihat menjulang menakjubkan saat difoto dari bawah.

Film photography

film photography

sumber: stocksy.com

2020 menjadi tahunnya JOMO atau the joy of missing out, menggantikan FOMO atau the fear of missing out yang selama ini menjadi singkatan populer di internet. Kalau FOMO itu tentang selalu online dan up to date mengikuti tren, JOMO adalah momen di mana kita menikmati kehidupan sehari-hari yang “membosankan.” Jadi, JOMO ini menunjukkan fotomu bersama teman dan keluarga sedang menikmati aktivitas keseharian yang itu-itu saja, tapi berkesan saat diabadikan dalam foto.

Demikian tren fotografi yang lagi hype di tahun 2020. Biar feedmu semakin terlihat menarik, juga tidak membosankan, coba, deh, kamu berkreasi membuat foto dengan mengikuti tren ini. Bikin fotomu makin estetik dan kamu akan dapat banyak like!

Editor: Isyhari Maheswar

About author

Related posts
Fotografi

Jarang Diketahui, Ternyata Ini Perbedaan Bokeh dan Blur, Jangan Sampai Salah Lagi Ya!

Fotografi

8 Tren Fotografi yang Populer Tahun 2022, Keren dan Estetik!

Fotografi

Tips Melakukan Teknik Fotografi Flat Lay untuk Konten yang Ciamik

Fotografi

Cara Ampuh Menghindari Review Negatif Dari Pelanggan, Dengan Foto Produk Yang Sesuai!