Creativepreneur and Career

Tren Video Marketing di Tahun 2022 yang Wajib Kamu Ketahui

tren video marketing

Semua marketer paham video adalah senjata terbaik dalam strategi pemasaran. Tapi tahukah kamu jenis video marketing seperti apa yang paling penting saat ini?Β Mulai dari video klip super singkat (micro) hingga live video di media sosial atau iklan dan storytelling, kita akan melihat beberapa tren video marketing teratas untuk tahun 2022 yang harus kalian kuasai.

  1. Interactive Vide

Video interaktif hadir dalam banyak bentuk, GenKs. Mungkin bisa berupa virtual reality atau game atau elemen, link atau opsi yang menyertainya di situs web atau postingan yang dibagikan. Tapi satu hal yang lagi tren banget, kamu harus membuat audiens melakukan sesuatu setelah mereka menonton videomu.

2. Sequential Storytelling

YouTube telah mencurahkan banyak waktu dan upaya untuk menciptakan konten video yang menakjubkan. Berdasarkan riset yang mereka lakukan, video dengan sequential storytelling akan jadi iklan yang lebih efektif.

3. TikTok Style

Pernah nggak sih, kamu bertanya-tanya saat men-scroll feed apa pun di media sosial kenapa hampir setiap konten video menggunakan style yang fun, cepat dan energik ala-ala TikTok. Video pendek ini menjelaskan atau menceritakan suatu hal dengan gerakan crazy dance, jingle kocak atau prank usil.

4. User-Generated Video

User-generated video sudah cukup lama populer di media sosial dan gaya video seperti ini bisa dengan mudah kamu jumpai di mana-mana. Salah satu user-generated film paling terkenal bahkan comeback dengan video sekuel Blair Witch (Escape Blair Witch) pada akhir 2021, GenKs.

5. Educational and Training Content

Mulai dari video berisi FAQ, tutorial menggunakan produk baru atau online learning di lingkungan kampus, educational and training content adalah salah satu jenis video marketing yang paling banyak diminati belakangan ini.

6. More Personal Video Interactions

Sumber Gambar : unsplash.com

Well, terima kasih kepada pandemi untuk tren video marketing satu ini, karena belakangan ini live video chat semakin populer sebagai tempat banyak orang berinteraksi, baik secara individu atau pun kelompok. Dari gaya dan rekaman video terlihat seperti obrolan pribadi. Padahal ada tujuan untuk sales di baliknya, lho.

7. Vertical Video

Cringe emang, tapi ini fakta, GenKs. Dan emang video vertikal akan tetap ada untuk sementara waktu. Gaya vertical video pertama kali dipopulerkan oleh Instagram Stories atau IGTV hingga menjalar ke Facebook hingga sekarang di YouTube pun semakin banyak bertebaran video-video vertikal.

8. Shoppable Video Content

Apa maksudnya video yang dapat dibeli? Jenis video seperti ini merupakan klip video pendek yang memungkinkan audiens mengeklik atau men-tap dan membeli secara langsung tanpa harus meninggalkan video untuk melakukan pesanan. Mirip dengan pengalaman belanja online di situs web, ya?

9. Vlogging vs. Blogging

Namanya adalah blogging gaya baru. Video vlogging tersebar begitu banyak di YouTube. Video diari, review hingga tutorial adalah ide yang oke untuk membantu audiens menemukan produk atau layananmu. Vlogging sebagai tren video marketing akan terus berkembang dan nilai plusnya adalah, kamu nggak butuh peralatan canggih untuk membawakan video story online.

10. Longer-Format Video

And last but not least, ada video dengan format lebih panjng yang nggak kalah tren. Sementara beberapa video dibuat semakin pendek, tapi percayalah GenKs, kepopuleran longer-format video juga meningkat. Orang-orang semakin terbiasa menonton video berdurasi penuh secara online. mulai dari klip media sosial, interview yang berlangsung beberapa menit hingga full episodic video di YouTube.

Itulah 10 tren video marketing di tahun 2022 yang diperkirakan akan sangat membantu meningkatkan customer engagement, GenKs.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!

Creativepreneur and Career

5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Bantu Kamu Kelola Finansial Setiap Bulannya

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis dan Peluang Usaha untuk Datangkan Cuan yang Dapat Kamu Coba di Bulan Ramadhan