Creativepreneur and Career

Buat Para Entrepreneur, Ini Dia Trik Marketing a la Serial Squid Game yang Bisa Ditiru

Drama Korea emang nggak ada matinya, ya, GenKs? Kalau sebelumnya ada Goblin, Descendant of the Sun, Hospital Playlist, Vincenzo, Mouse dan yang paling baru dan bikin emosi jiwa adalah The Penthouse III, kini dunia dibuat terpana lewat serial Squid Game yang ditayangkan di Netflix sejak tanggal 17 September 2021 lalu. Hayo, kamu udah nonton belum, nih, GenKs? Jadi acara terpopuler Netflix saat ini, rasanya kepo juga, ya, kok, bisa drakor Squid Game yang cuma punya 9 episode dan diadaptasi permainan bocil tahun 70-an dan 80-an ini menduduki peringkat nomor 1 tontonan Netflix di seluruh dunia dan begitu memikat para penonton? Ternyata ini trik marketing a la serial Squid Game buatan Netflix bisa trending di kancah internasional, GenKs!

  1. Judul Menarik

Sumber Gambar : happywednesday.id

Sudah tahu belum, kalau Squid Game merupakan nama dari permainan anak-anak di Korea? Well, di tahun 70-80-an, pelajar sekolah dasar di Korea memainkan game ini dengan menggambar bentuk cumi-cumi di lapangan pasir sebagai arena bermain mereka.

Fakta ini ternyata nggak diketahui oleh sebagian penonton di luar Korea. Nah, karena perkawinan aneh yang nggak biasa dari kata ‘Squid’ dan ‘Game’ ini rasa penasaran penonton pun jadi terpicu.

2. Tingkat Keekstriman dan Kekejaman yang Nggak Biasa

trik marketing a la serial Squid Game

Sumber Gambar : vox.com

Beda dengan film atau serial yang mengusung tema game kematian, serial Korea yang proses produksinya cukup lama, yakni 13 tahun, ini nggak mempertontonkan adegan-adegan terlalu ekstrim dan kejam. Yups, meski memasukkan banyak adegan kekerasan, tapi serial Squid Game nggak terlalu lama menghabiskan waktu dalam menyampaikan cara kematian yang dialami para pemainnya.

3. Erat Kaitannya dengan Kehidupan Nyata

trik marketing a la serial Squid Game

Sumber Gambar : parapuan.co

Para karakter serial drama Squid Game diciptakan dari berbagai latar belakang dan cerita pribadi yang real banget, mirip seperti yang ada di kehidupan nyata. Karena itulah kita yang menonton seolah punya ikatan dengan setiap karakter yang dikembangkan dengan begitu apik oleh sang sutradara, sehingga penonton rela terus menyaksikan serial ini sampai akhir. Inilah sebabnya serial Squid Game banyak ditonton.

4. Jenis Permainan yang Sederhana

trik marketing a la serial Squid Game

Sumber Gambar : voi.id

Tug of War, Glass Stepping Stone, Red Light Green Light, Marbles, Squid Game, itulah beberapa jenis permainan yang ada di serial drama Squid Game. Aturan permainan yang simpel menjadi daya tarik sendiri bagi penonton. Karena kita nggak perlu mikir untuk bisa memahami alurnya.

FYI, survival game menjadi genre yang terbilang baru di industri perfilman Korea. Sempat gagal mendapat suntikan dana dari investor karena naskah awal Squid Game yang ditulis dari tahun 2008 terasa sangat asing dan penuh kekerasan, akhirnya berselang 10 tahun kemudian Netflix memberi kebebasan kreatif kepada sutradara untuk menggarap Squid Game. Dan jadilah Squid Game yang kamu tonton sekarang, deh, GenKs.

5. Branding Iklan hingga Penampilan Kameo

@bongmonte013

SQUID GAME ❤️ Watch and Start Now on @netflix #ctto Full Video 👉 @trangtrang0503 #fyp #netflix #squidgame #korean #game

♬ A-O-K – Tai Verdes

Rahasia yang bikin serial Korea Squid Game ini mendunia terletak pada trik branding iklannya, guys. Yups, nggak diragukan lagi trik marketing a la serial Squid Game ini sangat jitu.

Pihak marketing membuat iklan di Stasiun Itaewon dengan konsep seperti yang ada di dalam drama Squid Game. Jadi, masyarakat bisa langsung menjajal pengalaman unik menjadi pemain di game serial tersebut. Wah, menarik, banget, ya?

trik marketing a la serial Squid Game

Sumber Gambar : twimg.com

Dan satu lagi trik marketing a la serial Squid Game yang bisa kamu tiru untuk branding, nih, GenKs. Seperti yang kita tahu, kehadiran sosok Gong Yoo sebagai kameo di drama Squid Game memberi dampak cukup signifikan. Penampilannya sebagai seorang marketer di drakor ini sukses mencuri perhatian banyak orang. Ngaku, deh, guys, termasuk kamu, kan?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Hal Penting Buat Diperhatikan Saat Career Shifting ke Digital Marketing

Creativepreneur and Career

Apa Itu 1:1 Meeting Serta Manfaatnya untuk Hubungan dalam Pekerjaan

Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!