Creativepreneur and Career

Trik Psikologi Harga Buat Menarik Pembeli Secara Maksimal

Trik Psikologi Harga

Dalam strategi marketing yang menjadi tujuan utama adalah menjual produk. Nah, kalau udah banyak cara kamu coba, tapi nggak kunjung bisa meningkatkan penjualan, waktunya kamu cobain trik psikologi harga. Strategi ini bisa kamu pakai buat memasang harga sehingga jadi lebih menarik.

Dengan begitu, penjualan produkmu bisa semakin laris manis. Menurut Jilt, ada 10 strategi yang bisa diterapkan buat menentukan harga, seperti berikut:

  1. Charm Pricing

Strategi ini semestinya udah sering kamu tahu. Jadi, strateginya adalah dengan mengurangi harga sedikit biar kelihatannya lebih murah, sehingga konsumen terpengaruh buat beli. Misalnya, dari Rp20.000 jadi Rp19.999.

2. Prestige Pricing

Sumber Gambar : liputan6.com

Tadi, kita bikin harga jadi terkesan lebih murah, kalau yang ini caranya dengan pembulatan harga ke atas biar makin sederhana. Kamu cocok pakai strategi ini buat customer menengah ke atas yang nggak mau ribet menghitung harga.

3. Framing

Trik yang ini seperti namanya, jadi kamu bisa membingkai harga produk seharga barang yang kelihatannya murah dan biasa dipakai sehari-hari. Misalnya, dengan memakai kalimat seperti “dapatkan produk ini cuma seharga secangkir teh”.

4. Harga Coret

Nah, kalau yang ini merupakan strategi yang bisa seketika mencuri perhatian konsumen. Strategi ini berarti kamu tampilkan harga sebelum dan sesudah diskon. Misalnya, harga Rp100.000 dicoret dan ditulis bersebelahan dengan harga Rp55.000. Menarik, kan.

5. Perbandingan Harga

Sumber Gambar : identity.stanford.edu

Kalau produkmu cuma ada satu macam, boleh kamu bikin variasi dengan membuat versi premiumnya. Caranya dengan bikin perbandingan harga dan penawaran dari produk standar biasa dan versi premium. Biasanya, trik psikologi harga ini cocok buat layanan aplikasi, kelas berbayar, tools, dan sebagainya.

6. Berikan Banyak Opsi

Kalau kamu udah bikin banyak produk barang atau jasa, jadi lebih mudah buat memberikan berbagai macam opsi ke pembeli. Mereka bisa pilih yang terbaik sesuai kebutuhannya. Misalnya, penjual kopi bisa pasang harga produk kopi panas Rp15.265, es kopi Rp17.218, lalu es kopi + topping Rp21.512.

7. Beli Satu, Gratis Satu

Penawaran ini pasti bikin siapa aja tertarik. Strategi ini lebih efektif kalau kamu memberi batas waktu. Konsumen yang suka berburu diskon nggak akan melewatkannya, bahkan menceritakannya ke semua kenalan mereka. Misalnya, beritahu ada promo 50% berlaku cuma hari ini.

8. Font Harga

Trik Psikologi Harga

Sumber Gambar : vendhq.com

Dalam strategi harga, visual juga berperan serta memberikan pengaruh. Pertimbangkan aspek seperti jenis font dan ukuran font tersebut yang kamu pakai buat harga. Biasanya, strategi ini lebih sering diterapkan buat poster jualan online

9. Tampilkan Manfaat Produk

Strategi kali ini memang tentang pemasangan harga, tapi sebenarnya nggak terlepas juga dari copywriting. Soalnya, tulisan copy yang bagus itu bisa menarik perhatian customer. Nggak cuma menunjukkan harga aja, tapi kamu juga perlu beritahukan manfaatnya dan seberapa efektif produk barang atau jasa tersebut.

10. Diskon yang Menarik

Trik Psikologi Harga

Sumber Gambar : novascotia.com

Kamu udah menghitung diskon yang mana yang memberi keuntungan paling besar. Kamu juga memprediksi balik modalnya kapan. Nah, tapi cara menyampaikan diskonnya harus menarik atau tetap aja nggak ada yang beli.

Makanya, sebelum kasih diskon, kamu bisa bikin survei dulu atau voting. Misalnya, “diskon mana, nih, yang lebih menarik, potongan 30 persen atau Rp30.000?” atau “beli satu gratis satu atau beli 2 dapat diskon 50%?”

Nah, itulah trik psikologi harga yang bisa kamu coba untuk menarik lebih banyak pembeli. Jadi, biar produkmu semakin laris. Semoga bermanfaat.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Membuat Portofolio Desain Interior yang Menarik

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis, Pahami Dulu Perbedaan Paten, Merek dan Hak Cipta

Creativepreneur and Career

6 Point Penentu Keberhasilan Bisnis Kuliner Yang Wajib Dioptimalkan!

Creativepreneur and Career

Manfaat Optimasi E-Commerce Buat Jangka Panjang Bisnis Online