Kuliner

Unik! 7 Makanan Khas Basque ini Wajib untuk Dicoba

makanan khas basque

Basque merupakan sebuah wilayah otonom di utara Spanyol yang memiliki identitas budaya dan bahasa tersendiri. Wilayahnya yang berhadapan langsung dengan Samudera Atlantik menjadikannya berlimpah akan sumber daya pangan berbasis hasil dari laut. Di samping itu, budayanya yang merupakan percampuran antara tradisi lokal dengan Spanyol dan sedikit pengaruh Prancis membuat olahan kuliner di wilayah ini cukup unik namun tetap menggugah selera. Mau tahu apa saja makanan khas Basque? Yuk simak ulasannya.

Bacalao al Pil-Pil

Sumber Gambar : www.tasteatlas.com

Bacalao merupakan daging ikan cod yang telah diasinkan dan orang Basque sangat menyukainya. Dalam pengolahan Bacalao al Pil-Pil ini, daging ikan yang putih dan tebal ditumis menggunakan minyak zaitun, bawang putih dan cabai sampai minyaknya keluar dan menghasilkan saus yang gurih creamy. Suara yang dihasilkan saat kulit ikan cod menyentuh minyak tumisan dibahasakan oleh orang Basque dengan sebutan Pil-Pil.

Bacalao ala Vizcaina

Sumber Gambar : http://www.unareceta.com

Selain al Pil-Pil, makanan berbahan dasar daging ikan cod lainnya yang populer di Basque adalah Bacalao ala Vizcaina. Dalam olahan ini, daging ikan cod fillet dimasak dalam saus vizcaina yang terbuat dari bawang bombay merah, bawang putih, dan cabai jenis choricero. Makanan ini juga populer di negara-negara Amerika Latin dan umum disantap saat hari raya Natal dan Paskah.

Pintxos

Sumber Gambar : http://www.eldiario.es

Pintxo atau bahasa Spanyolnya pincho memiliki arti tusuk gigi. Pintxos merupakan cemilan khas Basque berupa potongan kecil roti baguette yang diberi topping seperti aneka olahan laut, irisan daging ham, cabai, keju kambing bahkan kroket. Pengunjung dapat memilih sendiri sesuai topping yang mereka inginkan.

Marmitako

Marmitako berasal dari kata marmita yang berarti panci masak. Makanan ini lebih merujuk pada arti sup ikan khas Basque. Marmitako terdiri atas potongan ikan tuna ataupun cakalang yang dimasak bersama dengan kentang, tomat, cabai dan bawang bombay.

Baca Juga :   Resep Dessert Tanpa Oven Paling Gampang dan Praktis Banget

Txipirones en su Tinta

Makanan khas Basque

Sumber Gambar : www.partaste.com

Makanan berbahan olahan laut yang cukup populer di Basque adalah cumi-cumi yang dimasak lengkap dengan tintanya yang disebut Txipirones. Dalam sajian ini, cumi-cumi yang masih bayi digoreng dahulu dengan balutan tepung, lalu dimasak lagi di panci bersama dengan campuran saus. Sausnya terdiri dari bawang bombay, tomat, remah-remah roti dan sedikit anggur putih yang setelah itu ditambah lagi dengan tinta cumi hingga berwarna hitam pekat.

Angulas

Makanan unik ini sekilas nampak terlihat seperti mie atau pasta, tapi sebenarnya angulas merupakan kumpulan bayi belut. Bahan makanan ini juga sering dikenal sebagai “Kaviar dari utara Spanyol” karena nilai gizi dan harganya yang mahal. Bayangkan harganya bisa mencapai 1000 Euro atau setara dengan 17 juta rupiah per kilogramnya. Untuk menikmatinya cukuplah mudah hanya perlu dimasak dengan tumisan minyak zaitun dan bawang putih.

Pastel Vasco

Setelah membahas kuliner bercita-rasa gurih asin, tak lengkap jika tak membahas kudapan manis sebagai dessert. Dessert yang paling terkenal dari daerah Basque adalah Pastel Vasco. Kue pastry almond ini memiliki tekstur kulit yang tebal namun renyah dan diisi oleh krim custard yang berbahan dasar susu. Terkadang buah-buahan seperti ceri juga sering ditambahkan tergantung selera dan variasi dari pembuatnya.

 

Itulah deretan makanan khas Basque yang unik namun tetap wajib untuk kamu coba. Mencicipi kuliner di atas bisa membawamu ikut merasakan keunikan budaya masyarakat yang menempati daerah di utara Spanyol tersebut, GenK. Mana saja nih kuliner yang paling menarik perhatianmu?

About author

Related posts
Kuliner

Ini Dia Rekomendasi Topping Mie Instan Yang Wajib Kamu Coba

Kuliner

6 Resep Minuman Kekinian Unik dan Praktis, Cocok Banget untuk Bisnis

Kuliner

Hobi Masak? Coba Deh, Resep Masakan Shokugeki No Souma Ini!

Kuliner

Aneka Dimsum Yummy yang Cocok untuk Bisnis Kuliner

Leave a Reply

Your email address will not be published.