Buku

Mengenal Unsur Intrinsik Cerpen Biar Ceritamu Makin Enak Dibaca

Salah satu jenis bacaan yang paling nyaman dibaca adalah cerita pendek. Nah, kalau kamu suka membaca, biasanya kamu pun senang menulis. Akan tetapi, jika kamu baru belajar menulis cerita pendek dan masih bingung mulai dari mana, maka kamu perlu mengetahui unsur intrinsik cerpen. Sederhananya, unsur intrinsik merupakan unsur-unsur yang ada di dalam sebuah cerita. Biar tahu lebih banyak, yuk, kita pelajari selengkapnya!

Pengertian Unsur Intrinsik

Jadi, unsur intrinsik ini merupakan berbagai unsur yang ada di dalam cerita pendek. Maka dari itu, unsur intrinsik membangun cerita kamu dari dalam isi ceritanya sendiri. Jadi, tanpa adanya unsur intrinsik yang lengkap, ceritamu juga tidak bakal komplit susunannya, sehingga kurang enak dibaca.

Berikut adalah unsur intrinsik yang harus ada di dalam sebuah cerita pendek:

 

1. Tema

 

Sumber: pexels.com

Tema merupakan ide pokok atau gagasan utama yang mendasari suatu cerita pendek. Sebelum mulai menulis, pertama-tama kamu perlu memikirkan tema ceritamu terlebih dahulu.

Baca Juga :   Selain Slender Man, Ini Dia 5 Cerita Seram dari Creepypasta

2. Tokoh dan Penokohan

Sumber: pexels.com

Dalam unsur ini kamu akan menuliskan tokoh beserta watak mereka. Secara sederhana, tokoh adalah sosok orangnya, sementara penokohan merupakan karakter atau wataknya. Tokoh sendiri terbagi menjadi dua, yakni tokoh utama dan tokoh tambahan.

-Tokoh utama adalah tokoh yang terlibat secara langsung dalam konflik. Mereka juga melakukan interaksi utama.

-Tokoh tambahan biasanya cukup diungkapkan saja. Mereka juga tidak melakukan interaksi secara langsung maupun terlibat konflik.

About author

Related posts
Buku

Tertarik Menulis Buku Biografi? Simak Tipsnya Disini!

Buku

Rekomendasi Webtoon Terbaik yang Wajib Dibaca di Tahun 2021!

Buku

Pengen Nulis Novel? Ini Dia Tips Untuk Menulis Novel

Buku

Sejarah Hari Dongeng Sedunia dan Pentingnya Cerita untuk Edukasi