Fotografi

Mengenal Urban Photography Beserta Tekniknya Agar Fotomu Makin Keren

urban-photography

Perkotaan menjadi latar yang pas banget buat fotografi karena memiliki energi dan kehidupan yang penuh gairah. Nah, inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para kreator visual. Dari sinilah kemudian lahir urban photography, salah satu teknik fotografi modern yang paling sering digunakan. Ada banyak hal yang perlu kamu lakukan untuk bisa menerapkan teknik foto ini dengan tepat. Yuk, kita pelajari pengertiannya dan teknik yang tepat untuk menerapkannya!

Kenalan Yuk, Sama Urban Photography!

megenal-urban-photography

Ilustrasi fotografi urban (Sumber: static.wixstatic.com)

Fotografi urban adalah representasi visual dari wilayah urban dan segala sesuatu yang membentuk lingkungan tersebut. Mulai dari struktur geometri dan arsitektur, hingga manusia dan makhluk hidup lainnya. Jenis fotografi ini bisa digabungkan dengan genre lainnya, seperti fotografi arsitektur, dokumenter, portrait dan fine art. Bisa dibilang, tampilan fotografi urban tergantung pada siapa yang melihat dan menilainya.

Sedikit informasi, fotografi urban berbeda dengan street photography atau fotografi jalanan, yah. Bedanya yang paling jelas adalah tujuan dari fotonya. Fotografi urban menunjukkan kehidupan kontemporer di daerah kota. Sementara, fotografi jalanan adalah dokumentasi visual orang-orang di berbagai tempat umum.

Teknik, Tips dan Trik Motret Urban

Sekarang, mari kita simak tips untuk menghasilkan foto urban photography yang bagus. Berikut tipsnya!

1. Mengeksplorasi Lingkungan Sekitar

mengeksplorasi-lingkungan-sekitar

Ilustrasi fotografi urban dengan objek bangunan sekitar (Sumber: static.wixstatic.com)

Sekitar 55% populasi dunia tinggal di perkotaan. Makanya, fotografi urban merupakan salah satu genre yang paling cocok buat pengambilan foto. Jadi, kamu bisa jalan-jalan keliling kota, sambil mencari spot-spot yang asyik buat difoto. Biarkan inspirasimu mengalir seiring kamu berjalan. Apalagi, kalau kamu memang tinggal di daerah perkotaan atau paling nggak di dekat kota.

2. Belajar Mengamati Cahaya

mengamati-cahaya-urban-photography

Ilustrasi urban photography dengan memperhatikan cahaya (Sumber: static.wixstatic.com)

Tanpa cahaya, nggak akan ada fotografi. Begitu pula dengan urban photography, kamu harus pandai-pandai mengamati kondisi cahaya di tempat fotomu. Minimal kamu tahu teknik foto saat golden hour yaitu waktu matahari terbit dan terbenam. Terus, kamu juga bisa pakai aplikasi fotografi, untuk membantumu mengetahui kapan pencahayaan alami di kota kelihatan paling bagus.

3. Menangkap Gerakan

menangkap-gerakan-objek

Ilustrasi fotografi urban (Sumber: static.wixstatic.com)

Di kota, semuanya bergerak. Orang berjalan cepat, mobil-mobil melintas. Makanya, gerakan menjadi elemen yang penting banget dalam fotografi urban. Baik kamu membidik dengan long exposure atau high shutter speed. Maka, fotomu harus selalu bisa menggambarkan dinamika di tempatmu membidik foto. Cara paling basic yaitu dengan memotret benda bergerak, seperti orang atau kendaraan.

4. Selalu Perhatikan Setiap Detail

memperhatikan-detail-objek

Ilustrasi urban photography dengan memperhatikan tekstur objek (Sumber: static.wixstatic.com)

Secara umum, fotografer pemula cenderung melihat genre fotografi urban sebagai versi metropolitan dari landscape photography. Namun, meski boleh banget kamu memotret area luas dan wide angle shot, ketahui bahwa urban photography lebih dari itu. Perhatikan detail sebuah gedung, seperti teksturnya, bentuknya dan seperti apa kontrasnya dengan lingkungan di sekitarnya. Ini contoh saja dan memang sedetail itu seharusnya.

5. Berani Mengolah Warna

mengolah-warna-urban-photography

Ilustrasi perpaduan warna pada fotografi urban (Sumber: static.wixstatic.com)

Kita melihat warna setiap hari, mulai dari mawar merah di pekaranganmu sampai birunya langit. Jadi, bakal sulit untuk melihat objek tanpa warna yang sudah familiar, kita nggak biasa. Justru, di sinilah kamu harus berani mencoba hal baru tentang warna. Misalnya, bidik foto hitam dan putih sehingga kamu bisa menggambarkan suatu tempat dengan perspektif yang benar-benar baru. Mainkan warnamu.

So, itulah cara dan teknik urban photography yang bisa kamu coba terapkan. Nggak sulit, kok. Asalkan kamu pandai menentukan waktu yang tepat untuk membidik foto. Pandai-pandailah juga memilih objek foto, sehingga hasil fotomu kelihatan unik dan juga original.

About author

Related posts
Fotografi

Foto Biasa Jadi Lebih Menarik dengan Teknik Focus Stacking

Fotografi

Bagus Banget! Berikut Cara Pewarnaan Foto Dengan Teknik Sepia Tone

Fotografi

3 Tips Unik dalam Wedding Videography, Dijamin Hasilnya Ciamik!

Fotografi

Bisnis Newborn Photography, Menarik dan Menjanjikan