Arsitektur & Interior

Selain Instagramable, Ini Manfaat Lain Vertical Garden

vertical garden

Langkah Sederhana Membuat Vertical Garden

vertical Garden 4

Vertical Garden (sumber: decoraiso.com)

Sebelum melakukan eksekusi, ada baiknya kamu terlebih dulu memperhatikan daerah mana yang ingin diubah fungsinya menjadi taman. Jika rumahmu terlalu banyak disinari matahari, kamu bisa membuatnya di depan rumah untuk mereduksi cahaya yang masuk. Bila menempatkannya di dalam ruangan, perhatikan juga letak ventilasi supaya sirkulasi udara dan cahaya yang dibutuhkan tanaman dapat terjaga.

Agar lebih sederhana dan ramah lingkungan, cobalah membuatnya dari botol bekas. Supaya lebih cantik, kamu bisa melukis lapisan luar botol dengan warna dan motif yang sesuai dengan seleramu. Selain itu, cara ini sudah pasti ramah di kantong karena menggunakan bahan daur ulang. šŸ˜

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  1. Botol Plastik Bekas
  2. Cat
  3. Kuas
  4. Gunting atau pisau
  5. Palu
  6. Bibit tanaman
  7. Paku
  8. Tanah
  9. Pupuk kompos
  10. Kawat kasa
  11. Cable ties/insulock

Langkah pembuatan:

  1. Bersihkan botol bekas yang akan digunakan, baik sisi luar maupun dalam. Buang label dan stiker yang menempel pada botol. Jumlahnya disesuaikan dengan luas dinding yang dijadikan lahan.
  2. Potong botol menjadi dua dengan pisau atau gunting. Gunakan bagian bawah botol yang akan dijadikan wadah tanaman. Jangan lupa untuk membuat lubang di dasar supaya sirkulasi air dan udara tanah tetap terjaga.
  3. Lukis botol sesuai selera, kamu bisa mencari referensi motif dan desain pot yang sesuai dengan karaktermu. Jika kamu lebih suka tampilan yang natural, kamu bisa membiarkan botol apa adanya.
  4. Setelah cat pada botol-botol kering, kamu bisa mengisinya dengan tanah yang telah dicampur pupuk kompos dengan perbandingan 1:1. Jangan mengisinya terlalu penuh, beri jarak sekitar 2 cm dari bibir botol.
  5. Setelah semua botol terisi dengan tanah, lubangi tanah tersebut sedalam 5 cm dari permukaan. Letakkan bibit tanaman di dalam lubang dan tutup kembali dengan tanah. Gunakan bibit tanaman yang unggul supaya dapat tumbuh subur.
  6. Pasang kawat kasa pada tembok dan susun botol dengan jarak yang kamu inginkan. Kamu bisa mengaitkan botol ke kawat kasa menggunakan insulock. Sebaiknya pilih tembok yang mendapat cahaya matahari yang cukup agar tanaman tumbuh dengan baik. Jangan lupa untuk menyiramnya secara teratur.
  7. Taman yang cantik siap menghiasi rumahmu. šŸ˜Š


Itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu dan perhatikan ketika menginginkan vertical garden sederhana di rumah. Jangan lupa untuk dirawat dengan baik supaya tanaman tumbuh subur dan menjadi spot yang instagramable, GenK. Silakan dicoba!

Berbicara soal Instagram, kami akan membahas tentang alas sederhana untuk background foto yang instagramable. Yuk lanjut ke artikel berikutnya! šŸ˜

Polling

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Tips Merawat Tangki Air Agar Bebas Lumut dan Tahan Lama

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips Untuk Menghidupkan Kembali Desain Retro Di Rumah!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Cafe Unik, Bikin Penasaran!

Arsitektur & Interior

Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Menata Multifunctional Space Pada Hunian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *