Game & Teknologi

Melihat Cara Kerja Video Mapping, Dekorasi Memukau dengan Permainan Cahaya

video mapping

Teknologi proyeksi semakin berkembang dengan maraknya penggunaan video mapping sebagai bagian dari dekorasi sebuah kegiatan atau acara tertentu. Nah, buat kamu yang belum tahu apa itu video mapping, langsung simak artikel di bawah ini! 

Menggunakan proyeksi untuk menampilkan gambar dan video melalui komputer tentu sudah wajar. Di sekolah, di tempat umum, bahkan di rumah, teknologi proyeksi layar sudah bisa kamu dapatkan dengan mudah. Tapi tahukah kamu kalau proyeksi gambar juga bisa dilakukan di permukaan lainnya, contohnya seperti rumah, jalanan, hingga struktur-struktur lainnya? Coba bayangin bagaimana kalau Menara Eifel, hingga Monumen Nasional diberikan efek visual dari video mapping? Sangat menakjubkan pastinya. Lihat selengkapnya mengenai video mapping di artikel ini. 

Apa Itu Video Mapping?

video mapping 1

Ilustrasi proyektor biasa dan video mapping (sumber: projection-mapping.com)

Siapa yang belum pernah menggunakan layar proyektor? Pasti hampir semua orang pernah memakai yang namanya proyektor untuk berbagai kebutuhan. Kamu mungkin menggunakan alat ini untuk menonton film favorit bersama teman-teman atau sebagai media presentasi di kelas. 

Ternyata bukan cuma di layar, kamu juga bisa memproyeksikan gambar atau video ke benda-benda lain seperti taman, lapangan, bahkan rumah. Gambarnya juga bisa bergerak dan seakan berinteraksi dengan kamu loh. Ini dia yang dinamakan dengan video mapping atau projection mapping.

Projection mapping, sering disebut spatial augmented reality atau video mapping adalah salah satu teknologi proyeksi. Video mapping digunakan untuk mengubah objek dalam bentuk tidak beraturan menjadi permukaan layar untuk proyeksi video. Objek-objek yang digunakan biasanya merupakan landscape industri yang kompleks, seperti bangunan, objek indoor berukuran kecil, atau panggung pementasan. 

Dengan menggunakan software khusus, objek berbentuk dua atau tiga dimensi dipetakan secara spasial (spatial mapping) pada program virtual yang dapat meniru area target proyeksi. Software tersebut mampu berinteraksi dengan sebuah proyektor untuk memproyeksikan gambar yang diinginkan ke permukaan objek target. 

About author

Related posts
Game & Teknologi

Pakai Aplikasi Manajemen Waktu Terbaik, Biar Kamu Semakin Produktif

Game & Teknologi

Front End Developer vs. Back End Developer, Apa Sih Bedanya?

Game & Teknologi

Peluang Penggunaan Teknologi VR dan AR Untuk Bisnis

Game & Teknologi

Gimana Sih Cara Membuat Channel Telegram?

Leave a Reply

Your email address will not be published.