Game & Teknologi

Melihat Cara Kerja Video Mapping, Dekorasi Memukau dengan Permainan Cahaya

video mapping

Dekorasi Cahaya Terkini 

video mapping 2

Video mapping di Gedung Opera Sydney (sumber: tymhomes.com)

Perusahaan-perusahaan raksasa dunia seperti Samsung, Nokia, dan BMW terus berlomba-lomba dalam hal berinovasi untuk keperluan periklanan produk mereka. Salah satu media yang digunakan  adalah video mapping. Bukan hanya untuk keperluan bisnis saja, teknologi proyeksi ini juga banyak dimanfaatkan untuk tujuan selebrasi dan promosi kegiatan. Salah satunya adalah video mapping Monas (Monumen Nasional) pada perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta kemarin nih. 

Dalam rangka selebrasi Asian Games, Monas disulap menjadi objek proyeksi visual yang sangat memukau dengan ragam tampilan video dan gambar yang menarik perhatian para pengunjung yang hadir. Tak sekadar visual, musik dan berbagai sound effect juga turut memperkaya ilusi optik yang disajikan selama durasi penampilan sekitar 20 menit. Beruntung banget buat kamu yang bisa hadir menyaksikan penampilan spektakuler tersebut. 

Cara Kerja Video Mapping

video mapping 3

Ilustrasi cara kerja video mapping (sumber: projection-mapping.org)

Proses pembuatan video mapping dilakukan melalui beberapa tahapan. Setelah objek yang akan menjadi target proyeksi dipilih, software digunakan untuk memetakan sudut-sudut video pada permukaan. 

  1. Tahapan pertama adalah proses pemilihan gambar atau video yang akan diproyeksikan. Video yang telah dipilih diproyeksikan ke permukaan yang ditargetkan. Pemetaan video dapat dilakukan secara 3D dengan memproyeksikan gambar yang ada pada seluruh permukaan. 
  2. Langkah berikutnya adalah proses “masking”, yaitu memakai opacity template untuk menutupi bentuk asli dan posisi dari elemen-elemen yang berbeda pada bangunan atau area yang akan diproyeksikan. 
  3. Dalam 3D mapping, penentuan koordinasi dilakukan untuk mengetahui letak objek sesuai dengan proyektor, XYZ orientation, posisi, dan spesifikasi lensa yang digunakan pada proyektor untuk menentukan adegan virtual yang dibuat. 
  4. Beberapa penyesuaian juga dapat dilakukan dengan mengubah beberapa elemen fisik maupun virtual secara manual, agar hasil yang ditampilkan bisa lebih maksimal. 
video mapping 4

Contoh proyektor untuk video mapping (sumber: barco.com)

Proyektor yang digunakan pun tidak sembarangan nih. Untuk melakukan proyeksi pada gedung-gedung pencakar langit atau bangunan besar lainnya, setidaknya diperlukan proyektor dengan output sebesar 20.000 lumen atau lebih. 

Sebagai perbandingan, proyektor yang biasa kamu gunakan setiap hari di kantor atau sekolah hanya memiliki output sebesar 2000-4000 lumen. Jadi kebayang dong betapa besar dan kuatnya proyektor video mapping ini. Tapi tidak perlu khawatir, untuk proyek-proyek kecil seperti pentas drama atau keperluan indoor, proyektor dengan output minimal 2200 lumen sudah cukup untuk membantumu membuat proyeksi video 3D. 

Baca Juga :   Tutorial Cara Membuat Time Lapse Video untuk Pemula

About author

Related posts
Game & Teknologi

Makin Eksis dengan Cara Live Streaming Instagram dari Laptop dan PC yang Anti Ribet

Game & Teknologi

Ini Rekomendasi Aplikasi Asah Otak Terbaik Yang Wajib Kamu Coba!

Game & Teknologi

Virtual Tour & Exhibition: Jangan Ngaku Kekinian Kalau Belum Kenal Teknologi Ini!

Game & Teknologi

6 Website Komunitas Developer, Tempat Cari Jawaban Berbagai Masalah Coding

Leave a Reply

Your email address will not be published.