Creativepreneur and Career

Strategi Viral Marketing, Kunci Usaha Maju di Era Modern

viral-marketing

Viral marketing adalah hal yang umum banget kita temukan dalam dunia pemasaran, terutama di tengah perkembangan teknologi yang begitu gencar, di mana kamu bisa nge-viralin sebuah konten berupa tulisan, audio hingga video melalui media sosial.

Cara ini memungkinkan kamu pemilik usaha untuk bisa mempromosikan produk atau jasa melalui pesan berantai atau pesan ‘dari mulut ke mulut’.

Eits, tapi praktiknya nggak segampang itu, loh, GenK! Biar kamu nggak salah arah, yuk, intip informasi tentang strateginya selengkapnya di bawah ini.

Viral Marketing, Apa sih, Itu?

mengenal-viral-marketing

Mengenal teknik pemasaran yang bikin viral (Sumber: dreambigcreative.net)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, viral marketing adalah sebuah strategi untuk mempromosikan produk atau jasa melalui iklan. Bedanya pemasaran viral dengan strategi marketing lainnya terletak pada audiens yang jadi promotor untuk menyebarkan iklan lebih cepat nggak pakai waktu lama.

Lalu, kenapa mereka bisa dengan sukarela dan tanpa paksaan ikut berperan dalam bagian dari strategi pemasaran viral dan nyebarin iklan atau konten ke orang lain? Alasannya adalah pengalaman pribadi yang dirasakan setelah pakai produk atau jasa suatu brand atau lantaran mereka terpengaruh oleh pesan yang muncul dari suatu konten.

Nah, untuk itulah seorang marketer dituntut harus kreatif, sehingga mereka bisa menciptakan iklan atau konten yang bisa ‘menggoda’ audiens untuk mem-viral-kannya.

Apa Tujuan Strateginya?

tujuan-pemasaran-viral

Membuat marketing yang bisa dijangkau banyak audiens dalam waktu cepat (Sumber: michellembuthihome.files.wordpress.com)

Teknik pemasaran viral paling umum menggunakan media sosial, seperti Instagram, Twitter atau Facebook, karena audiens bisa dengan mudah dan cepat nyebarin. Tapi jangan salah, GenK, karena banyak juga media offline yang dapat kamu manfaatin untuk menjalankan strategi ini, lho. Seperti televisi, papan billboard, majalah dan yang lainnya.

Dibandingkan dengan marketing strategy lain, pemasaran viral ini punya hasil yang lebih efektif untuk menunjang brand awareness, loh. Hebatnya, dengan viral marketing kamu bisa ‘nyales’ nggak pakai repot.

Udah Tahu Apa Fungsi Pemasaran Viral?

fungsi-pemasaran-yang-viral

Fungsi viral marketing (Sumber: i.pinimg.com)

Punya kekuatan yang besar dalam menyampaikan pesan atau informasi produk secara massive, berkala dan berkelanjutan, strategi pemasaran viral semakin digemari oleh pengusaha modern. Apalagi metode ini menjanjikan kesuksesan bisnis yang menggiurkan.

Yuk, Maksimalkan Strategi Pemasaran Viral dengan 6 Kiat Ini, GenK!

Menyimpan kelebihan, seperti hemat biaya, meningkatkan brand awareness dan membuka peluang lebih besar untuk diliput oleh berbagai media, ternyata strategi viral marketing juga ada risikonya, loh, GenK!

Kekurangan pemasaran viral adalah kontenmu bisa dianggap spam hingga dicap negatif oleh audiens dan sulit diprediksi. Kamu mungkin bisa membuat konten yang langsung viral. Tapi nggak mustahil juga iklanmu butuh waktu lama hingga akhirnya bisa meledak. Risiko terburuknya adalah, kontenmu sama sekali nggak bisa viral sehingga campaign yang kamu lakukan jadi sia-sia.

Nggak mau gitu, kan? So, untuk menghindarkan kemungkinan buruk itu, kamu harus memaksimalkan strategi dalam marketing viral. Apa saja yang harus dilakukan?

  • Menentukan target audiens, channel dan platform yang tepat.
  • Menciptakan kesan emosional yang kuat.
  • Memakai tools social media analytics untuk mengumpulkan data dari aktivitas di media sosial.
  • Menggunakan hashtag populer untuk meningkatkan brand awareness.
  • Memanfaatkan strategi tren jacking alias pembajakan tren.
  • Menjangkau orang-orang berpengaruh.

Itulah informasi penting tentang strategi viral marketing yang perlu kamu pahami. Gimana, udah siap untuk jadi pebisnis sukses?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Cara Membangun Bisnis Fashion dengan Brand Sendiri, Cari Tahu di Sini!

Creativepreneur and Career

Cara Belajar Voice Over secara Otodidak untuk jadi Pengisi Suara Profesional

Creativepreneur and Career

Simak Tips Memulai Bisnis Furniture Dijamin Ampuh

Creativepreneur and Career

5 Tips Buka Jasa Video Shooting Rumahan Agar Sukses Bersaing