Creativepreneur and Career

Mau Bikin Customer Lebih Suka Produkmu? Pakai Aja Strategi Visual Marketing

Buat kamu yang menjalankan bisnis, pastinya perlu memikirkan strategi buat memasarkan produk. Nah, ada sejumlah cara buat membangun ikatan emosional dengan konsumen, karena inilah yang penting. Strategi visual marketing bisa menjadi salah satu cara terbaik buat pemasaran produk kamu.

Apa Itu Visual Marketing?

VISUAL MARKETING

Sumber Gambar : theshelf.com

Visual marketing adalah branding dengan cara menggunakan konten visual seperti gambar, video, grafis, dan semacamnya. Dengan strategi ini, produk yang dijual akan dikomunikasikan dengan lebih interaktif. 

Makanya, calon konsumen bisa menangkap gambaran pesan dan nilai dari produk tersebut, karena mudah untuk dibayangkan. Karena calon pembeli lebih paham tentang produknya, penjualan juga akan lebih mudah.

Sementara, konten visual pada umumnya ada tiga macam, yaitu branded image, infografis, dan video. Image dan infografis lebih kecil ukuran file-nya, jadi mudah saat diunggah. Sementara, video bisa menyampaikan nilai produk dengan lebih interaktif.

Kenapa Visual Marketing Lebih Menarik?

VISUAL MARKETING

Sumber Gambar : theself.com

Berikut alasan kenapa visual marketing bisa lebih menarik konsumen:

  • Kesannya mudah ditangkap

Sifat dasar manusia adalah visual. Otak menyimpan informasi berupa visual 60.000 kali lebih cepat daripada teks. 65 persen dari informasi ini bisa bertahan sampai 3 hari. Jadi, produknya mudah dilihat dan diingat.

  • Kontennya mudah dinikmati

Konten visual itu unik, karena berisi informasi sekaligus hiburan bagi seluruh panca indra manusia. Makanya, otak lebih cepat memproses konten visual tersebut. Kontennya mudah dinikmati dan dipahami.

  • Nyaman bagi calon konsumen

Konsumen zaman modern selalu butuh solusi yang memudahkan hidupnya. Beli produk juga demikian. Konsumen bakal mencari info lebih dulu tentang produknya buat pertimbangan. Konten visual berisi informasi lengkap dan mempersingkat waktu karena nggak perlu baca teks deskripsi produk yang panjang.

Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Visual Marketing

Sumber Gambar : tweakyourbiz.com

Ketika akan menerapkan visual marketing, perhatikanlah hal berikut ini:

  • Menyesuaikan desain dengan produknya

Setiap komponen desain seperti font, warna, hingga tekstur yang dipakai harus sesuai dengan image produk. Semuanya harus menjadi kombinasi yang menyampaikan nilai dari produk tersebut.

  • Memilah informasi yang mau diberikan

Kamu perlu tahu tujuan kamu sehingga bisa memilih informasi dengan selektif, apa aja yang mau ditampilkan di konten visual. Jadi, informasinya bakal menarik konsumen.

  • Memantau strategi visual marketing

Istilahnya monitoring. Soalnya kamu tetap harus memonitor visual marketing tersebut, nggak bisa dilepaskan begitu aja, meskipun strategi ini bisa dibilang efektif. Selalu berpikir terbuka dan kreatif kalau strateginya masih belum bisa sesuai dengan harapan kamu. Coba lagi mencari cara baru.

Tips Menerapkan Visual Marketing

visual marketing

Sumber Gambar : inappstory.com

Tipsnya yaitu dengan pandai-pandai mengelola jenis konten visual, seperti berikut:

  • Gambar

Visual dasar yang paling sederhana, bagus untuk media sosial, bisa pakai desain dan jepretan foto sendiri.

  • Infografis

Menampilkan informasi dalam bentuk infografis, pakai data statistik, cocok buat cara efektif dan efisien buat menjelaskan suatu produk.

  • Video

Video menjangkau audiens yang luas banget di sosmed. Contohnya, video di Facebook mencapai 8 miliar tayangan per hari. Selain itu, menurut Wyzowl, 84% konsumen bakalan beli sehabis nonton video produk tersebut.

  • User-generated content

Juga disebut UCC di mana konsumen terlibat sebagai elemen yang nggak cuma membantu promosi, tapi sekaligus bikin komunitas sehingga menunjukkan kalau brand kamu selalu peduli terhadap kesukaan konsumen.

Nah, itu tadi sekilas ulasan tentang visual marketing. Tentu aja mempraktikkannya perlu komitmen dan konsistensi, nanti dapetin hasilnya sesuai dengan kerja keras kamu. Penjualan bisa naik dan brand kamu semakin dikenal. Good luck.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

3 Teknik Menyajikan Story Telling yang Apik Agar Audiens Tenggelam

Creativepreneur and Career

Strategi yang Wajib Kamu Tau, Supaya Bisnis Bisa Berkembang dan Eksis di Pasar Global!

Creativepreneur and Career

Freelance Website untuk Mahasiswa Jurusan Arsitek

Creativepreneur and Career

Rekomendasi Podcast untuk Belajar Public Speaking Biar Kamu Pede Saat Bicara