Creativepreneur and Career

6 Tipe Visual Presentation Paling Menarik Sekaligus Efektif

visual presentation

Visual presentation merupakan cara untuk mengekspresikan suatu ide melalui multimedia visual. Media tersebut bisa berupa elektronik seperti layar TV dan website sampai platform fisik seperti papan banner iklan. Jadi, intinya komunikasi visual itu udah terjadi setiap saat di mana-mana.

Selain itu, kamu juga bisa pakai elemen-elemen seperti grafik, tabel, diagram, buat menyampaikan informasi secara lisan dan visual biar lebih gampang dimengerti. Presentasi visual ini juga biasa dipakai untuk acara seperti meeting, seminar dan masih banyak lagi, makanya tipe-tipenya memang berbeda. 

Nah, kenali tipe-tipe presentasi visual biar memudahkanmu memilih mana yang paling cocok buat kebutuhanmu, berikut tipenya: 

  1. ezTalks Meetings

Visual Presentation

Sumber Gambar : eztalks.com

ezTalks merupakan salah satu provider konferensi video terbaik, di mana kamu bisa mengadakan acara melalui video berkualitas HD dengan melibatkan lebih dari 100 peserta. 

Di sini tersedia gratis konferensi audio, kirim pesan instan, sharing file, kolaborasi whiteboard, dan aplikasi remote control buat presentasi. ezTalks juga menyediakan layanan customer support 24/7 di mana kamu bisa menghubungi manajernya buat meminta bantuan.

2. Whiteboards and Interactive Whiteboard

visual presentation

Sumber Gambar : platinumcopiers.com

Kalau kamu perlu menjelaskan banyak ide, whiteboard bisa menjadi pilihan tepat buat digunakan. Whiteboard ini bagus buat menampilkan diagram dan judul yang simpel, juga untuk mencatat interaksi dengan audience saat sesi berlangsung.

Tapi kamu harus membelakangi audience saat menulis di whiteboard. Jadi, pastikan tulisan tanganmu lurus dan cukup besar biar terbaca oleh audience. Jangan lupa juga pakai spidol non permanen biar bisa dihapus.

3. Flip Charts

visual Presentation

Sumber Gambar : jewellfacilitation.com

Flip chart cocok buat meeting karena murah, gampang dan udah sering dipakai, juga nggak perlu keahlian khusus di bidang teknologi. Makanya, flip chart bisa banget dipakai untuk presentasi. 

Buat membantu kamu rekap poin-poin yang udah disampaikan, bisa dibolak-balik aja lembarannya. Flip chart merupakan alat visual presentation yang portabel dan bisa dipersiapkan sebelum dipakai.

4. Paper Handouts

Perfect Presentation Handouts

Sumber Gambar : fearlesspresentations.com

Handout berfungsi buat menyimpulkan poin-poin utama dari materi presentasi. Jadi isinya harus padat, singkat, jelas, dan nyambung dengan isi presentasimu. Kalau isi dari kertas handout itu cukup rumit, seperti memuat grafik dan gambar, bagikanlah sebelum mulai presentasi biar bisa dipelajari.

Nanti, selama presentasi, audience juga bisa bikin catatan untuk mereka sendiri. Jadi, kuncinya, yang penting kamu tahu kapan waktunya membagikan handout, apakah di awal atau di tengah presentasi.

5. Video

Sumber Gambar : knovio.com

Video merupakan tipe presentasi yang memudahkan kamu buat memberikan informasi visual. Kamu bisa pakai video buat menampilkan elemen seperti gambar, gerakan, dan suara di presentasimu.

Hindari menunjukkan video yang berlebihan dan pastikan audience paham tentang materi yang harus mereka perhatikan. Kalau presentasinya online dan ada proyektor di tempat audiens, seperti smart TV misalnya, maka bisa digunakan buat menampilkan video agar semakin jelas dan nyaman.

6. Slides

Sumber Gambar : playplay.com

Slides yang bagus itu bisa untuk presentasi ke kelompok audience besar maupun kecil. Tapi, biar gambarnya kelihatan jelas dan kamu bisa melakukan eye contact dengan audience, lebih baik padamkan lampu ruangannya.

Kalau dibandingkan presentasi lainnya, di slides kamu nggak bisa menambahkan elemen apa-apa secara dadakan di slide tersebut. Jadi, persiapkan semua materi dengan baik sebelum presentasi.

Nah, itu tadi berbagai macam visual presentation yang bisa kamu pakai buat presentasi. Dengan bantuan media tersebut, bisa lebih mudah buat menyampaikan materi. Kamu pun tinggal pilih media presentasi visual yang sesuai dengan kebutuhanmu.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Membuat Portofolio Desain Interior yang Menarik

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis, Pahami Dulu Perbedaan Paten, Merek dan Hak Cipta

Creativepreneur and Career

6 Point Penentu Keberhasilan Bisnis Kuliner Yang Wajib Dioptimalkan!

Creativepreneur and Career

Manfaat Optimasi E-Commerce Buat Jangka Panjang Bisnis Online